Brilio.net - Siapa yang tak kenal Inul Daratista? Penyanyi dangdut yang sempat menghebohkan dunia hiburan Tanah Air di awal kemunculannya ini sekarang telah menjadi salah satu pedangdut ternama di Indonesia.

Selain pintar bernyanyi, ibu satu orang anak ini dikenal sebagai pengusaha sukses. Tak hanya itu, wanita kelahiran Pasuruan, Jawa Timur ini juga kerap membagikan proses perjalanan hidup yang dilaluinya di akun Instagram.

Nah, baru-baru ini Inul kembali membagikan kisahnya yang harus melewati kesulitan untuk merintis karier sebagai penyanyi dangdut. Dalam unggahan yang memperlihatkan foto dirinya dalam balutan dress mewah warna merah itu, Inul menceritakan bahwa setelah sempat rekaman dan syuting video klip di Jakarta, sang produser dan pencipta lagu meminta 'bonus'.

"Waktu thn 2002 ku injak kaki ini ke jkt,sdh sangat berat !! Pernah mengadu nasib sblmnya,di ajak rekaman,sdh syut pula,sayangnya sang pencipta lagu dan produser mau minta bonus,ngajak bancaan alias diperawanin rame2 !! Aku telp mas adam dan ku tanya “ bgmn klo aku pulang dan sdh gak perawan,apakah kamu mau sm aku ?! (Terlalu lugu). Kumis cuma bilg smua kembali pdmu," kenang Inul seperti dikutip brilio.net, Senin (2/9).

Inul pernah diajak tidur © 2019 Instagram

Loading...

foto: Instagram/@inul.d

Meski Adam saat itu menyerahkan keputusan pada Inul, hal ini tidak membuat wanita 40 tahun itu langsung terlena. Inul teringat pesan sang ayah yang menentang kariernya sebagai penyanyi dangdut. Saat itu, pemilik nama asli Ainur Rokhimah ini ingin membuktikan kepada ayahnya bahwa ia akan menjadi pedangdut yang membanggakan. Setelah memikirkan segala risiko, akhirnya Inul memutuskan untuk pulang kampung dan memasrahkan kelanjutan albumnya.

"Aku ingat bahwa bpk gak setuju aku dangdutan,sdh janji aku akan tunjukkan sm bpk,dia suatu saat akan bangga pdku,tp tdk dgn cara gila ,naif ,murah !!! Aku takar imanku sampai dmn aku kuat apa tdk !! Punya album,perawan ilang,tp lagu gak meledak , yg rugi gue juga,Tuwas gak perawan. Kuputuskan aku pulang naik bis.

Minta uang saku,maksa krn ga punya duit,dan kubilg album dikeluarin/gak terserah anda !! Dan aku dikasih amplop smbil diusir dan aku pulkam," lanjut Inul.

Meski sempat diusir, siapa sangka nama Inul justru naik daun karena banyaknya VCD bajakan yang merekam aksinya saat di atas panggung. Namun perjalanan kariernya tidaklah mudah, kehadiran Inul sempat menjadi kontroversi. Walau demikian, Inul tidak pantang menyerah. Ia mendapat banyak pelajaran dan semakin belajar untuk menjadi wanita yang tegar.

"Disitu ketika aku jd populer VCD yg sampe keujung dunia itu,dgn sombong kutolak byk produser utk aku ada di naungannya...ngajakin rekaman,ku slalu bilg,klo mau rek di sby gak mau d jkt !!! Bahkan acara TV aja aku pulg balik jkt-sby

Mgkn sdh nasib akhirnya hrs d jkt dgn pwristiwa fenomena yg mgkn 100thn blm tentu ada cerita seperti yg kualami, senang iya !! Krn nasib ekonomiku tiba2 drastis naik,sedih ‘iya krn pro kontra yg membuat akhirnya bisa berpikir dgn logika dan nyata bahwa jika mau menjd hebat hrs penuh liku2,hrs mau susah,hrs mau kerja keras,hrs mau putar otak,hrs sombong depan org tua,dgn mengatakan AKU BAIK2saja,agar emak bpk gak mikir,mrk taunya si inul akeh duite,happy,dan mrk kupaksa utk jgn sering lihat TV,baca koran biar gak tau anaknya ternyata penuh berita airmata," cerita Inul.

Inul melanjutkan bahwa dari awal kariernya, Inul tidak pernah ditemani kedua orangtuanya. Bukan tanpa sebab, pasalnya Inul tidak yakin jika orangtuanya mampu melihat bagaimana sang anak melewati rintangan yang ada. Tak lupa Inul menceritakan bahwa keluarga adalah bahan bakar semangatnya saat berada di awal karier.

"Asal kalian tau,emak bpkku tak sekalipun pernah menemani langkahku saat aku susah,dr panggung ke panggung, krn aku yakin mrk tak mampu melihat anaknya sesusah itu, pernah suatu ketika aku ber3 sj, dan mendengar org tua cuma bilg, MAAF ya nak, kami bukan org kaya, klo sj kita kaya mgkn kamu gak hrs kerja sampe sebegitunya, aku cuma bilg ini pengabdian kecil seorg inul utk bisa bantu emak agar adik2 bs makan smua, sbb ongkos jahit tak sebanyak bs kasih makan sehari 3x ,suatu saat aku akan bikin bpk bangga sm aku dan aku akan baik2 saja

True story," sambung Inul.

Kisah perjalanan Inul di awal karier yang sudah disukai lebih dari 39 ribu orang itu sontak mendapat beragam respons warganet. Ada yang ikut terharu melihat perjuangan Inul mencapai kesuksesan. Ada juga yang menjadikannya sebagai pelajaran dan salut atas usaha yang dilakukan Inul sebelum akhirnya terkenal.

"Terbayang bgm didikan org tua nya mbak @inul.d Yg luar biasa... Makanya "benteng"ya tetep kokoh tak tergiur ...," tulis akun @diank4k4.

"Menetes airmata Ini baca strory mb inul.... trnyata mb inul brjuang dri bawah," komentar akun @sumi_diva.

"Satu pelajaran yg bs q ambil dr cerita bunda inul adalah keberhasilan di capai harus dengan pengorbanan n usaha," ujar akun @vivianggraini540.

"Salut buat mba Inul... Patut buat contoh calon artist yg lain yg maunya instan," tambah akun @shanashartadie.

RECOMMENDED BY EDITOR