Brilio.net - Setiap daerah punya kebudayaannya masing-masing, termasuk dalam pelaksanaan upacara pernikahan. Rangkaian ritual adat ini biasanya dimulai sejak beberapa hari sebelum hingga setelah pernikahan. Kalau di Jawa biasa dilakukan prosesi siraman sebelum hari pernikahan. Sementara di Minangkabau, Sumatera Barat, ada ritual yang disebut malam bainai.

Malam bainai atau biasa disebut malam berinai ini dilaksanakan tepat malam hari sebelum hari pernikahan. Perihal menikahkan anak gadis di Minangkabau bukan saja dianggap sebagai suatu yang sangat sakral tetapi juga kesempatan bagi segenap keluarga dan kerabat untuk saling menunjukkan partisipasi dan kasih sayangnya kepada pihak yang punya hajat.

Karena itu jauh-jauh hari sebelum akad nikah dilangsungkan, semua keluarga dan tetangga terdekat akan berkumpul di rumah yang punya hajat dan ikut membantu menyelesaikan berbagai macam persiapan pernikahan. Pada kesempatan inilah acara malam bainai itu diselenggarakan, di mana seluruh keluarga dan kerabat menunjukkan kasih sayang dan memberikan doa restunya untuk melepas calon anak daro (sebutan untuk pengantin wanita) yang besok pagi akan dinikahkan.

Tradisi yang dinilai sakral tersebut juga dilakukan para selebriti Tanah Air. Banyak dari mereka yang juga melangsungkan malam bainai untuk melepas masa lajangnya. Penampilan mereka saat malam bainai pun diselenggarakan penuh dengan keceriaan.

Nah jika kamu penasaran dengan bagaimana potret seleb Tanah Air saat melangsungkan malam bainai, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber.

1. Tania Nadira.

Seleb di malam bainai © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@tanianadiraa

Menjelang hari pernikahannya, Tania Nadira menyelenggarakan prosesi bainai. Tania resmi dipersunting Abdulla Alwi pada 26 Juli 2019 lalu. Potret mewah prosesi malam bainai Tania pun mencuri perhatian publik. Tania pun tampak anggun dengan dua kostum yang berwarna merah. Tampil dengan suntiang (hiasan kepala) mewah dan elegan malam bainai Tania Nadira tambah meriah.

2. Cut Meyriska.

Seleb di malam bainai © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@dierabachier

Setelah menggelar acara pengajian dan siraman pada Jumat (16/8) lalu, Cut Meyriska menggelar malam bainai pada malam harinya. Cut Meyriska tampil anggun dan memesona dalam balutan busana adat Minangkabau. Kebahagiaan pun begitu jelas terpancar dari Cut Meyriska yang nggak berhenti mengembangkan senyumnya di sepanjang acara.

3. Chikita Meidy.

Seleb di malam bainai © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Chikita Meidy menikah pada Minggu, 8 Juli 2018 lalu. Mantan penyanyi cilik itu dipinang pujaan hatinya, Indra Adhitya. Serangkaian prosesi adat pun dilakukan Chikita Meidy, termasuk pengajian dan malam bainai. Chikita Meidy juga memanfaatkan momen malam bainai sebagai ajang untuk membahagiakan kedua orangtuanya.

4. Nirina Zubir.

Seleb di malam bainai © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Dalam menjalani malam bainai, Nirina harus dipingit dan tidak diizinkan bertemu dengan Ernest. Dalam acara ini, Ernest Cokelat dilarang bertemu langsung dengan Nirina. Pasalnya ini semacam acara pingitan, jadi dia ikut menyaksikan acara ini lewat TV LCD.

Jari tangan Nirina diwarnai merah oleh 10 orang tertua, termasuk kedua orangtuanya. Nirina mandi (dicipratin) semacam daun dan disemprot wewangian, di-makeup (simbolis), dicukur rambut di dahi, lalu meminta izin (doa restu) pada kedua orangtuanya.

5. Rachel Vennya.

Seleb di malam bainai © 2019 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Rachel Vennya, selebgram yang sudah dikaruniai seorang anak bernama Xabiru ini tahun lalu melangsungkan pernikahannya. Dalam pernikahannya, Rachel mengusung adat Minang yang terasa sehari sebelum pernikahannya, yakni malam bainai. Itu merupakan salah satu runtutan acara pernikahan dari adat Minang.