Brilio.net - Waode Sofia, remaja berusia 16 tahun asal Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara ini mengikuti audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) 2018 di Makassar. Remaja berambut panjang ini jauh-jauh ke Makassar untuk mengikuti ajang pencarian calon bintang dangdut. Namun demikian, ia harus mendapatkan pengalaman kurang menyenangkan saat audisi.

Waode Sofia datang ke audisi dengan pakaian kasual mirip remaja seusianya. Ia menggenakan kaus dan jaket jeans dengan rambut dikucir kuda. Waode memasuki ruang audisi, ia dihadapkan dengan ketiga juri yang terdiri atas Iis Dahlia, Benigno, dan Trie Utami.

waode sofia © 2018 brilio.net-foto: istimewa

Waode memperkenalkan diri dengan microfon di tangannya. Usai memperkenalkan diri, belum sempat menunjukkan suara emasnya. Ia harus mendapat komentar pedas dari salah satu juri, yakni Iis Dahlia.

waode sofia © 2018 brilio.net-foto: istimewa

Loading...

"Kamu tadi ketemu temen-temen kamu nggak di luar? Mereka kayak apa mau audisi. Pakai bedak nggak, pake lipstik nggak, pakai baju yang bener nggak?," komentar Iis Dahlia usai Waode mengenalkan diri.

Tak hanya Iis Dahlia, juri lainnya ikut memberikan komentar terhadap penampilan Sofia Waode yang dianggap tak seperti peserta audisi lainnya. Saat ditanya oleh Juri, pelajar berusia 16 tahun ini menjawab pertanyaan dari para juri. Waode menyebutkan bahwa pakaiannya tertinggal di kampung.

"Bajunya ketinggalan di kampung," kata Waode.

Jawaban tersebut ditanggapi oleh Trie Utami dengan melontarkan pertanyaan terkait keseriusan Waode mengikuti audisi. "Serius mau ikut KDI?" tanya Trie Utami.

"Sofi nanti aja audisinya. Kamu makeupan dulu, nanti bisa ke sini lagi," kata Benigno.

Ketiga juri pun memutuskan untuk tak mengizinkan Waode untuk mengikuti audisi karena penampilannya. Mereka menyarankan Waode Sofia untuk mencari pakaian dan riasan terlebih dahulu. Waode pun keluar dari ruangan audisi.

waode sofia © 2018 brilio.net-foto: istimewa

Selang beberapa saat, Waode Sofia kembali ke ruang audisi dengan penampilan berbeda dari sebelumnya. Penampilan terbaru Waode mengundang pujian dari para juri. Waode terlihat menggunakan gaun berwarna hitam lengkap dengan riasan.

waode sofia © 2018 brilio.net-foto: istimewa

Ketiga juri yang awalnya marah-marah akhirnya balik memuji penampilan Waode. Penampilan Waode Sofia di Audisi KDI Makassar menyita perhatian para juri. Sempat pendapat kritikan karena penampilannya, akhirnya Waode Sofia mendapat kesempatan untuk bernyanyi.

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Gammara Hotel (@gammarahotel) pada

Suara merdu Waode memikat hati para juri. Ia menyanyikan lagu Mata Hati milik Iis Dahlia. Remaja asal Kota Bau Bau, Sulawesi Tenggara ini berhasil lolos ke tahap selanjutnya. Waode mendapatkan Tiket Calon Bintang.

waode sofia © 2018 brilio.net-foto: Instagram/@infomakassarkekinian

Banyak orang menyoroti komentar dari para juri saat audisi KDI di Kota Makassar, khususnya Iis Dahlia. Pedangdut ini melontarkan komentar pedas yang tak berkaitan dengan musik dan suara. Iis Dahlia justru mengomentari penampilan dan pakaian yang Waode sebelum melakukan audisi.

"KDI : KONTES DANDAN INDONESIA," komentar akun @kucing_abu2.

"Astaghfirullah..ko gito si jurinya ? Orang udah jauh2 ikut audisi malah di suruh pulang. Yng penting mah suara pak bu, bulan penampilan. Penampilan no. 2. Buat apa penampilan bagus tpi suara pas2n ,jelek. Knpa orang2 seperti mereka di pilih sbagai jurii ? Tengok lah juri sebelah lebih mengutamakan suara banding penampilan," komentar dari akun @arnie_elf08.

Hal senada juga diungkapkan oleh akun @coraline1012, "keliatan kualitas diri jurinya ya, judging other people by their looks, yg lbh parah, ngebandingin sama peserta lainnya. Acara ini yg penilaian utamanya suara kan? Setelah suara oke penampilan kan bisa didsikusikan belakangan. Satu lagi, jurinya jg ga ada yang oke kok stylenya menurut saya. Smh."

Sementara itu, ada warganet yang membandingkan penjurian dan penampilan Waode dengan aktris jebolan ajang pencarian bakat lain.

"Pas audisi fatin itu malah masih pakai seragam sekolah,wajah juga masih lusuh,gk make up,gk ganti baju,lha ini dr BAU BAU,jauuuuuuuhhhhhh lho.....asli gregeten gw sm mulut2 mereka," jelas dari akun @maharanisuryaningsih.

Banyak warganet menganggap komentar Iis Dahlia dan juri lainnya sebagai cerminan sikap sombong.

"Tanpa dandan dn baju bagus pun itu anak lebih cantik dan manis dari kau @isdadahlia dn ii...sombong amat kalian berdua ini!!," ungkap akun @aamelia3110.

Selain itu banyak pula yang menilai komentar tersebut adalah bagian dari skenario atau settingan untuk menaikkan rating.

"Setingan doang paling," kata akun @nadya.syofie.

RECOMMENDED BY EDITOR