Brilio.net - I Gede Ari Astina penggebuk drum Superman is Dead (SID) yang lebih dikenal dengan nama Jerinx, telah resmi menikahi model cantik, Nora Alexandra. Seperti diketahui, Jerinx SID dan Nora Alexandra melangsungkan pernikahan adat di Bali. Momen bahagia itu diunggah Jerinx SID di akun Instagram-nya, Sabtu (5/10).

Jerinx sontak mendapat ucapan selamat dari warganet dan para rekan seprofesinya. Kompak dengan sang suami, Nora pun membagikan potret pernikahannya. Ia menjelaskan sejumlah prosesi yang ia lalui sebelum akhirnya resmi menikah dengan Jerinx.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Kebudayaan Bali juga sangat beragam mulai dari rumah adatnya, tarian tradisionalnya hingga adat istiadat yang sering dilakukan oleh masyarakat, Masyarakat Bali dikenal sebagai penduduk yang ramah tamah (kecuali @jrxsid). Memegang prinsip hidup kebhinekaan yang tidak banyak aturan dan kecondongan pada suatu pemahaman. Masyarakat Bali juga berpegang teguh serta menjalankan adat istiadatnya pada kehidupan sehari-hari yang dipercaya berasal dari nenek moyang mereka sehingga bisa hidup dengan damai. Adat Istiadat Bali dalam acara pernikahan. Dalam hakikatnya manusia dianjurkan untuk menikah dan setiap daerah memiliki tahapannya sendiri. 1. Upacara Ngekeb 2. Mungkah Lawang 3. Upacara Mesegehagung 4. Madengen-Dengen 5. Mewidhi Widana. MUA @kadekbaliwedding @diktatphotography @kmgdiktat

Sebuah kiriman dibagikan oleh N.P.P Nora Astina Candra Dewi (@ncdpapl) pada

"Kebudayaan Bali juga sangat beragam mulai dari rumah adatnya, tarian tradisionalnya hingga adat istiadat yang sering dilakukan oleh masyarakat,

Masyarakat Bali dikenal sebagai penduduk yang ramah tamah (kecuali @jrxsid).

Loading...

Memegang prinsip hidup kebhinekaan yang tidak banyak aturan dan kecondongan pada suatu pemahaman.

Masyarakat Bali juga berpegang teguh serta menjalankan adat istiadatnya pada kehidupan sehari-hari yang dipercaya berasal dari nenek moyang mereka sehingga bisa hidup dengan damai.

Adat Istiadat Bali dalam acara pernikahan.

Dalam hakikatnya manusia dianjurkan untuk menikah dan setiap daerah memiliki tahapannya sendiri.

1. Upacara Ngekeb

2. Mungkah Lawang

3. Upacara Mesegehagung

4. Madengen-Dengen

5. Mewidhi Widana," tulis Nora di keterangan foto-foto upacara pernikahannya, seperti dikutip brilio.net pada Selasa (8/10).

Selain deretan prosesi tersebut, Nora Alexandra diketahui mendapat nama baru usai menikah dengan Jerinx. Nama baru tersebut adalah Ni Putu Pande Nora Astina Candra Dewi. Seperti diketahui, upacara mengganti nama setelah perkawinan atau pawiwahan adalah berkaitan dengan urip/neptu aksara dari huruf awal nama suami & istri.

Ini nama baru Nora Alexandra Instagram

foto: Instagram/@ncdpapl

Dikutip dari wikipedia, jumlah neptu/urip ini juga disebutkan dapat menentukan baik/buruknya suasana hidup rumah tangga setelah perkawinan. Hal tersebut diyakini berdasarkan Sapta Ongkara sebagai tujuh utaprota Sanghyang Widhi dalam bentuk Ongkara.

Menurut keyakinan beragama Hindu di Bali, prosedur upacara yadnya pergantian nama sebagai berikut:

1. Ada pendekatan dan pembicaraan dengan kedua orang tua si wanita. Mengapa nama si wanita yang diganti? Karena hukum desa adat di Bali menyebutkan bahwa purusha (patriarchaat) mengandung pengertian bahwa istri mengikuti suami.

2. Upacara diadakan di Sanggah Pamerajan atau Sanggah Kemulan pradana (pihak wanita) dengan banten pejati dan pamegat sot bertujuan ngaturang piuning dan pemamit kepada Bhatara Hyang Guru, dilanjutkan dengan upacara mebayuh otonan, mapetik, dan otonan bagi si wanita. Oleh karena itu hari pelaksanaan upacara agar dipilih hari pawetuan otonan si wanita.

Setelah mendapatkan nama tersebut, Nora juga mengubah nama di bio Instagramnya.

Ini nama baru Nora Alexandra Instagram

-foto: Instagram/@ncdpapl

Selamat, Nora dan Jerinx!

RECOMMENDED BY EDITOR