Brilio.net - Industri hiburan Hollywood sedang digemparkan dengan pemecatan Harvey Weinstein, mantan bos Miramax, dari perusahaannya sendiri The Weinstein Company. Pasalnya Harvey dilaporkan telah melakukan banyak tindakan pelecehan terhadap para mantan artisnya.

Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

Harvey Weinstein

Kejadian ini dilaporkan The New York Times 8 Oktober 2017 lalu. Baru pada tanggal 10 Oktober kemarin, The New York Times mengeluarkan berita yang memuat nama-nama besar dunia hiburan Hollywood yang mengaku pernah diperlakukan tidak senonoh oleh mantan bos Miramax ini. Dari bintang Iron Man, Gwyneth Paltrow sampai bintang The Tourist, Angelina Jolie masuk dalam daftar kisah kelam Hollywood.

Berikut artis Hollywood yang mengaku pernah mengalami pelecehan seksual oleh mantan bos Miramax sebagaimana dikutip brilio.net dari The New York Times dan NBC News, Kamis (12/10).

1. Gwyneth Paltrow.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

Bintang Hollywood ini mengaku mengalami kejadian buruk ini pada saat umurnya baru berumur 22 tahun. Sebelum syuting dimulai, Gwyneth dipanggil ke ruangannya untuk maksud 'meeting'. Namun setelah beberapa saat berbicara, Harvey mulai menyentuhnya dan menyarankan untuk melanjutkan pembicaraan sambil melakukan pijatan.

Gwyneth menolak permintaan ini dan melapornya pada kekasihnya pada saat itu, Brad Pitt yang kemudian langsung menemui Harvey untuk menyelesaikan kasus ini.

2. Tomi-Ann Roberts.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

Saat berumur 20 tahun, Tomi-Ann Roberts tidak sengaja bertemu dengan Harvey yang saat itu sedang makan di restoran tempat Tomi-Ann bekerja. Dia kemudian meminta gadis muda ini untuk datang ke tempatnya untuk audisi.

Saat Tomi-Ann tiba di tempat Harvey tinggal saat itu, yang ditemukan Tomi-Ann malah tak terduga. Harvey sedang berada di dalam bathtub dalam keadaan telanjang. Dia kemudian meminta Tomi-Ann juga untuk telanjang dengan alasan peran yang akan dia mainkan akan melakukan adegan ini.

3. Rosanna Arquette.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

Kejadian ini bermula saat Harvey meminta Rosanna untuk mampir ke hotelnya untuk mengambil skrip sebuah peran. Namun yang ditemukannya adalah Harvey dalam balutan jubah mandi yang tengah mengeluhkan sakit leher.

Rosanna menyarankan untuk memanggil tukang pijat profesional namun tiba-tiba tangannya ditarik dan diletakkan di bagian privat Harvey.

Rosanna langsung menarik tangannya. Harvey lalu menyombongkan dirinya bahwa dia telah tidur dengan berbagai artis terkenal dan tindakan Rosanna tidak mau melayaninya ini adalah sebuah kesalahan besar.

4. Katherine Kendall.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

"Selamat datang di Miramax family", kira-kira begitu ucapan Harvey yang Katherine ingat. Katherine yang saat itu baru berumur 23 tahun ditawari screening. Katherine mengiyakan namun nyatanya yang terjadi adalah perjalanan berdua bersama Harvey menuju Lincoln Center. Harvey kemudian mengajaknya ke apartemennya. Katherine sempat ragu namun karena saat itu siang hari, maka ia tepiskan rasa ragu itu.

Tibanya di apartemen, Katherine makin tidak ragu karena Harvey bertindak sangat profesional. Ia menawarkan minum, berbicara soal pekerjaan hampir satu jam. Namun tiba-tiba ia menghilang dan muncul kembali hanya menggunakan jubah mandi lalu meminta Katherine untuk memijatnya. "Semua orang melakukan ini", kata Harvey disampaikan oleh Katherine pada The New York Times.

Katherine menolak, namun kemudian Harvey menghilang lagi namun kali ini dalam keadaan telanjang dan mencoba menangkap Katherine yang mau berlari ke arah pintu. Harvey memaksa Katherine paling tidak menunjukkan bagian dadanya jika tidak mau melakukan hal lebih dari itu. Katherine menolak semua permintaan Harvey.

5. Judith Godrèche.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

Judith seorang aktris asal Prancis juga pernah mengalami kejadian kelam ini. Saat itu ia diajak ke kamar suite-nya Harvey untuk melihat-lihat pemandangan. Namun setibanya di sana, Harvey malah minta dipijat dengan dalih ini merupakan budaya Amerika dan ia sendiri sering memberikan pijatan pada sekretarisnya.

Tahu-tahunya, Judith sudah digrepe-grepe sama Harvey. Sweaternya bahkan berusaha dilepaskan Harvey. Takut, Judith lalu lari keluar dari kamar itu.

6. Dawn Dunning.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: The New York Times

Menurut Dawn Dunning, Harvey Weinstein awalnya adalah seorang yang profesional dalam pekerjaannya. Namun semua berubah saat ia diajak makan bersama Harvey.

Setibanya Dawn di restoran di hotel tempat pertemuan, ia dikabarkan bahwa telah Harvey sedang sibuk sehingga Dawn disarankan naik langsung ke kamarnya.

Di sana, yang ia temukan bukan seperti yang Dawn bayangkan. Harvey dalam balutan jubah tidurnya duduk ngopi dengan kertas-kertas di depannya. Harvey kemudian mengatakan bahwa akan ada 3 film yang digarap dan Dawn bisa mendapatkan peran asalkan mau melakukan hubungan badan dengannya. Dan bukan hanya hubungan badan antara dua orang namun tiga orang atau threesome.

Dawn kemudian tertawa karena mengira ini sebuah lelucon ringan. Namun saat menyadari bahwa ini sungguhan, ia langsung lari dari tempat itu.

7. Cara Delevingne.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: vogue.com

Dikutip dari NBC News, Cara mengaku bahwa dalam sebuah pertemuan, Harvey Weinstein mencoba untuk menciumnya dan melakukan hal berbau seksual lainnya.

Model sekaligus aktris cantik ini mengaku mendapatkan telepon dari Harvey yang mengatakan padanya bahwa "Saya (Harvey) telah tidur dengan banyak wanita yang kamu (Cara) lihat di media".

8. Angelina Jolie.

 Artis pelecehan seksual Harvey © 2017 brilio.net

foto: people.com

Bintang Hollywood Angelina Jolie juga pernah mendapat perlakuan serupa dari Harvey Weinstein. Ia mengaku bahwa di akhir tahun 90-an, Harvey pernah melakukan pelecehan seksual padanya di sebuah kamar hotel.

Kini karena telah mendapat pengalaman buruk, Angelina sering memberikan peringatan pada aktris-aktris muda baru yang berada di bawah naungan perusahaannya Harvey Weinstein.