Brilio.net - Belakangan artis cantik Tara Basro menyedot perhatian warganet. Hal ini lantaran dirinya mengunggah foto tanpa busana di media sosialnya. Foto ini diunggah Tara Basro bukan untuk menciptakan sensasi, namun, aktris cantik ini ingin mengampanyekan self love. Tara bermaksud mengajak orang untuk lebih mencintai tubuhnya sendiri.

Kendati demikian, unggahan Tara Basro ini dinilai melanggar UU ITE oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kini unggahan Tara Basro di Twitter tersebut telah dihapus.

Tindakan Kominfo menghapus foto Tara Basro inipun membuat sebagian besar warganet geram. Baik di Twitter maupun di Instagram, warganet beramai-ramai menyuarakan dukungannya untuk Tara Basro. Nggak terkecuali Damar Juniarto, Direktur Eksekutif SAFEnet, organisasi perlindungan kebebasan di internet.

Melalui utas di Twitter-nya, Damar Juniarto menilai Kominfo tidak paham konteks unggahan Tara Basro.

"Perempuan ini sedang mengkampanyekan agar para perempuan mencintai tubuhnya apa adanya, tapi justru dianggap melakukan pelanggaran UU ITE," tulis Damar Juniarto seperti dikutip brilio.net, Kamis (5/3).

alasan Tara Basro unggah foto terbuka © 2020 instagram.com

foto: Instagram/@tarabasro



Damar Juniarto juga mengunggah penjelasan Tara Basro atas postingannya tersebut. Melalui unggahannya, Tara Basro berniat untuk mendorong perempuan agar mencintai dirinya sendiri sebagaimana adanya.

"Ini penjelasan @TaraBasro sendiri. Ini adalah konteks yang mendorongnya memosting lewat medsos agar mendorong perempuan mencintai dirinya sendiri dengan sebagaimana adanya. A very positive campaign, right? Kampanye bagus kan?" lanjut Damar.

Ia juga mengunggah tangkapan layar penjelasan Tara Basro soal postingannya.

"Jadi memang awalnya aku mumet bgt liat dimana2 foto di social media polished bgt.. orang2 berlomba2 mengejar kesempurnaan, nah kmrn peak nya pas aku liat info soal cream pemutih yang bikin kulit pemakai nya stretch mark kayak macan, bener2 parah bgt.. dan selama ini kalau aku ngmg di social media soal self love banyak banget yg bilang 'ah lo mah enak artis dll'," tulis Tara Basro.

 


Untuk melawan stigma kalau artis selalu sempurna, Tara Basro pun akhirnya memutuskan untuk mengunggah foto dirinya yang sesungguhnya. Hal ini untuk meyakinkan setiap orang kalau masing-masing pasti punya kelebihan dan kekurangan.

"Karena mgkn mereka gak percaya karena keliatannya aku perfect trs dimata mereka, nah aku pikir yaudah aku pengen post foto bener2 the real me, yang nunjukin semua bagian2 yang potensi insecurities, contohnya celulities, big thighs big arms, lemak, stretch marks dll. Biar orang bisa liat kalau kita itu semua sama," ungkap Tara lagi.