Brilio.net - Deva Mahenra terlibat dalam film 99 Nama Cinta. Meski bukan termasuk film religi, kisah 99 Nama Cinta yang disutradarai oleh Danial Rifki ini menampilkan karakter ustaz. Sosok ustaz bernama Gus Kiblat diperankan Deva Mahenra.

Film 99 Nama Cinta berkisah tentang seorang perempuan mandiri yang ambisius bernama Talia (Acha Septriasa). Talia digambarkan sebagai orang yang selalu menghalalkan segala cara agar bisa menjadi orang terpandang. Ia hanya mementingkan kepentingan pribadinya saja. Ia berprofesi sebagai profesional di dunia pertelevisian dengan menjadi presenter infotainment sekaligus produsernya.

Talia menggambarkan sosok kebanyakan perempuan mandiri saat ini. Talia sosok yang ambisius mengejar kariernya tanpa memedulikan hal lain. Kehadiran Kiblat (Deva Mahenra) yang digambarkan sebagai ustaz gaul, seakan ingin mempresentasikan jika kehidupan ini butuh sosok yang bisa melebur dengan berbagai lingkungan untuk mengajarkan kebaikan demi kebaikan yang sebenarnya merupakan dasar hidup seorang manusia yang memiliki akal pikiran.

Berperan sebagai ustaz, Deva mengaku merasa canggung lantaran dirinya yang tidak mengetahui banyak pengetahuan tentang agama.

"Kalau canggung, ya pasti lah. Karena bagaimanapun saya tahu banget untuk pengetahuan agama saya masih kurang banget, saya masih belajar," kata Deva Mahenra saat dijumpai di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (10/10).

Loading...

Ia membandingkan dengan para santri yang ikut ambil bagian dalam film tersebut. Menurutnya, ia masih jauh dari para santri tersebut.

"Bahkan di level saya sama santri pun mereka mungkin lebih paham. Itu yang akhirnya saya diminta secara dadakan on the spot mengaji. Itu menjadi sebuah tantangan yang nggak main-main karena di depan saya ini saya anggap adalah orang yang benar-benar paham. Cukup deg-degan, kalau adegan yang lain suruh lompat, salto okelah tapi kalau pengetahuan agama saya masih belajar," ujarnya saat ditemui media di Jakarta.

Deva mengatakan untuk mendalami peran ia banyak belajar dengan para santri dan ustaz.

"Ngobrolnya mungkin setelahnya ke para santri dan ustaz yang ada di situ, bagaimana tadi bacanya apa ada yang keliru. Takutnya pembacaan berbeda, makna juga berubah. Sejauh ini sih responnya baik. Kita ingin makna yang disampaikan dalam bacaan itu sesuai. Kalau ada yang keliru pasti akan diulang dan kemarin sih nggak ada yang ulang," bebernya.

Deva mengakui bahwa proses syuting dengan para santri berjalan menyenangkan. Bahkan dia tak mengira bahwa para santri mampu beradegan dengan baik.

"Para santri ini meskipun pengalaman pertama mereka syuting ternyata pendalaman karakter mereka tidak perlu diajari lagi karena mereka itu dengan sendirinya," imbuhnya.

Sementara itu, film 99 Nama Cinta produksi MNC Picture ini dibintangi juga oleh Acha Septriasa, Ira Wibowo, Donny Damara, Chiki Fawzi, Adinda Thomas, Susan Sameh, dan Robby Purba.

RECOMMENDED BY EDITOR