Brilio.net - Belum lama ini, penulis sekaligus komedian Raditya Dika mengaku bahwa dirinya mengidap penyakit autoimun. Hal tersebut diungkapnya secara langsung melalui channel Youtube pribadinya.

Bersama sang istri, Anissa Aziza, dan putri semata wayangnya, Alinea Ava Nasution, penulis Kambing Jantan itu pergi ke Singapura untuk melakukan pemeriksaan rutin.

"Hari ini kita akan berangkat ke Singapura karena gue mau check-up setahun sekali untuk penyakit autoimun gue," ucapnya, dikutip brilio.net pada Kamis (5/9).

"Tapi tahun kita, gue, selalu berangkat ke Singapura buat check-up di rumah sakit yang sama. Cuma kali ini karena punya Alea, kita bawa dia," tambah Radit.

Loading...

Meski begitu, Radit tak memaparkan lebih jauh tentang jenis autoimun yang dideritanya. Dalam video yang diunggahnya, ia hanya menyatakan bahwa penyakit tersebut harus dikontrol dengan melakukan check-up secara teratur.

Lepas dari itu, mengutip dari WebMD penyakit autoimun ini pada dasarnya merupakan kondisi si mana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sang pemilik itu sendiri. Berdasarkan American Autoimmune Related Diseases Association, ada lebih dari 100 jenis penyakit autoimun. Beberapa yang familiar, antara lain psoriasis, lupus, dan multiple sclerosis.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab penyakit yang satu ini. Siapa saja dapat terserang autoimun, terutama mereka yang memiliki keturunan genetik dan gemar mengonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan garam.

RECOMMENDED BY EDITOR