Brilio.net - Sama seperti kebanyakan pekerjaan, menjadi seorang pesinetron juga butuh perjuangan dan jenjang karier. Seseorang yang terjun di dunia hiburan nggak lantas jadi kaya raya dalam sekejap. Kadang banyak orang yang nggak melihat bahwa para pesinetron ini juga pernah melewati perjuangan yang berat.

Deretan pesinetron ini membuktikan bahwa memulai sesuatu dari nol pun bisa meraih kesuksesan yang bersinar. Dari mulai bukan siapa-siapa, seiring perjalanan waktu mereka pun merangkak naik. Kini mereka pun dikenal banyak orang hingga memiliki fans setia.

Kesuksesan yang diraih deretan pesinetron Indonesia ini tentu diwarnai dengan suka dan duka. Tak menyerah dengan keadaan saat awal karier, mereka pun bisa melewatinya. Dalam dunia hiburan, honor yang didapatkan para pesinetron tergantung pada jam terbang dan skill yang dimiliki.

Nah beberapa artis pernah membocorkan honor pertama mereka di industri hiburan. Kira-kira berapa honor para pesinetron ini saat debut akting? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/12).

1. Titi Kamal

Loading...

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Sebelum terkenal, tahun 1995 Titi Kamal merintis karier menjadi model gadis sampul dengan bayaran Rp 75.000. Ke mana uang itu dibelanjakan?

"Waktu itu habis foto cover majalah Rp 75.000 langsung belanja fast food sama teman-teman. Dan langsung habis," dikutip dari KapanLagi.com.

Saking senangnya belanja, 4 tahun berkarir Titi sama sekali tak memiliki tabungan. Niat bersenang-senang mengalahkan segalanya.

"Sampai tahun 99 selalu habis untuk beli baju, aksesori, dan traktir temen-temen. Akhirnya terpikir gak boleh begini terus. Habis itu aku pasang patokan 20 persen untuk happy-happy, 80 persen ditabung," paparnya.

Tabungan yang terkumpul akhirnya bisa jadi modal untuk memulai usaha dan berinvestasi. Titi bersyukur bertemu dengan suami yang memiliki pandangan sama soal investasi.

2. Prilly Latuconsina

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Saat Prilly Latuconsina menjadi bintang tamu dalam podcast Sandiaga Uno, ia mengungkap betapa beratnya ia saat merintis karier. Sandiaga Uno lantas penasaran tentang honor pertama yang didapat Prilly Latuconsina.

"Masih inget enggak, job pertama dan uang hasil syuting berapa. Dan dipakai untuk apa," tanya Sandiaga Uno di Podcast yang diunggah di kanal YouTube Podcast Ruang Sandi.

Honor pertama yang Prilly Latuconsina dapat ternyata cukup kecil. Mantan kekasih Maxime Bouttier ini hanya menerima Rp 500 ribu.

3. Aliando Syarief.

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Sebelum populer seperti sekarang, pesinetron Aliando Syarief memulai kariernya dari bawah. Ali mengungkapkan dulu honor yang ia terima tak sebanyak sekarang.

"Kalau diinget, dulu pertama kali main sinetron dapet Rp 800 ribu. Yah, lumayanlah," dikutip dari laman KapanLagi.com.

Meski begitu, Ali mengaku puas dengan honor yang ia terima. Dari situ ia bisa membeli barang yang ia inginkan sejak lama.

4. Raffi Ahmad

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@raffinagita1717

Raffi Ahmad pertama kali terjun ke dunia hiburan bareng dengan Baim Wong. "Pertama kali gue main sinetron tu sama Baim Wong, pertama Baim main sinetron itu sama aku," jelas Raffi pada kanal YouTube RANS Entertaiment. Saat membintangi sinetron berjudul Tunjuk Satu Bintang itu, Raffi masih duduk di bangku SMP.

Raffi memulai kariernya dari bawah. Naik bus, angkot, dan menginap di hotel bertarif Rp 30 ribu pernah dia jalani.

"Rp 500 ribu aku dibayar, dia (Baim Wong) Rp 600 ribu hahaha. Rp 700 apa Rp 600 dia. Tapi dia dipotong manajemen, kalau gue nggak dipotong," lanjut Raffi.

5. Indra L Bruggman.

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: KapanLagi.com

Melalui Instagramnya, Indra mengunggah sebuah video dirinya saat membintangi sebuah sinetron dahulu kala. Indra pun kemudian menceritakan mengenai bayaran dirinya ketika membintangi sinetron tersebut. Indra menuliskan, kala itu ia hanya membintangi 2 episode saja, namun bayaran yang diterimanya adalah Rp 175 juta.

Indra mengatakan dirinya tidak semata-mata pemer, melainkan mengapresiasi dirinya sendiri karena bisa mendapatkan bayaran sebanyak itu.

"Terimakasi @ilb_fansbase saya sebenernya sudah lupa pernah main dalam sinetron ini. Dalam sinetron (lupa judulnya) ini saya cuma ada di 2 episode awal dan saya dapet honor yg cukup fantastic...Sekitar 175jt untuk 2 episode dengan waktu syuting sekitar 5jam (bukan bermaksud riya hmmm dikit riya si hehe ga papa ya)

Tapi point utamanya adalah saya cukup berbangga diri karena pernah penjadi pemain sinetron dengan bayaran yang mungkin sekarang ini agak mustahil didapat oleh pemain sinetron manapun mengingat kondisinya berbeda dengan waktu saya masih aktif di dunia persinetronan.

Dan ingin berterimakasi kepada Allah yg telah memberikan moment luar biasa itu #waktuitu #waktumasiaktif," tulis Indra Bruggman.

6. Arya Saloka.

Honor pesinetron di awal karier © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@arya.saloka

Arya Saloka menceritakan awal mula ia syuting malam. Sat itu ia mengambil take di sebuah Puskesmas. Dia sempat disuruh temannya makan di bagian belakang lokasi syuting. Saat sedang makan itu, dia dipanggil asisten sutradara skrip untuk menjadi figuran. Itulah pengalaman pertama dia menjadi figuran di sebuah sinetron dan mengenalkannya pada seorang agency artis.

"Saat itu gue dibayar Rp 75 ribu," dikutip dari kanal YouTube Room43 Podcast.