Brilio.net - Sudah bukan rahasia lagi bahwa artis dengan nama besar pastilah memiliki honor yang cukup fantastis. Kendati demikian, harus diakui bahwa proses meniti karier sedari awal hingga akhirnya bisa dikenal luas oleh publik tidaklah mudah.

Selain masih dipandang sebagai 'pemain baru' dengan jam terbang yang tak seberapa, bayaran atau honor yang diterima pun tidak besar. Tak sedikit di antara para seleb ini yang bahkan diberi honor tak sampai Rp 100 ribu.

Hal tersebut pun turut dirasakan oleh sejumlah penyanyi dangdut top berikut ini. Tak seperti saat ini, di mana sekali manggung bisa mendapat honor puluhan hingga ratusan juta, sebelum tenar ternyata mereka pernah dibayar jauh dari kata layak.

Nah, lalu kira-kira berapa ya honor menyanyi yang pernah mereka terima di awal karier ini? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut selengkapnya, Rabu (30/9).

1. Inul Daratista.

Loading...

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto: Instagram/@inul.d

Istri Adam Suseno ini mengaku pernah mendapat bayaran tak lebih dari Rp 5 ribu di masa awal kariernya. Dikutip dari Fimela, ia menuturkan bahwa di era tahun 80-an, dirinya pernah dibayar dengan amplop berisi uang sebesar Rp 3.500. Inul juga mengaku jika dirinya pernah menyanyi keliling dan hanya diberi upah Rp 23 ribu.

2. Via Vallen.

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto: Instagram/@viavallen

Jauh sebelum ini, Via Vallen pernah mendapat honor manggung sebesar Rp 5 ribu. Hal itu dikatakannya lewat sebuah sesi live di Instagram pada April lalu.

"Dulu itu kalau nggak salah Rp 5 ribu, kalau nggak salah," ucap Via.

3. Wika Salim.

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto:Instagram/@wikasalim

Dilansir dari Fimela, sebelum namanya sebesar seperti saat ini, Wika mengaku bahwa ia pernah dibayar Rp 5 ribu saat tampil di sebuah hajatan. Meski terbilang kecil, Wika yang saat itu masih SD tetap merasa senang dan bangga atas uang yang didapatnya.

4. Siti Badriah.

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto: Instagram/@sitibadriahh

Saat masih menjadi penyanyi dari kampung ke kampung, pelantun lagu Lagi Syantik ini pernah mendapat honor sebesar Rp 20 ribu. Nominal tersebut tentu sangat tidak seberapa jika dibanding dengan penghasilannya saat ini yang mencapai puluhan juta untuk sekali manggung.

"Honor pertama yang aku terima itu Rp 20 ribu. Itu Rp 20 ribu waktu aku masih kecil banget. Sekarang honor sekitar Rp 40 juta. Nyanyinya lima sampai delapan lagu," ucapnya kepada Liputan6 pada tahun 2013 silam.

5. Dewi Perssik.

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto: Instagram/@dewiperssikreal

Dewi Perssik merintis karier bernyanyinya dari kampung ke kampung. Di masa-masa awal tersebut, ia pernah merasakan bayaran sebesar Rp 30 ribu.

"Pertama kali itu bayaran saya Rp 30 ribu mas, itu sekitar 10 tahun yang lalu. Aku manggung dari satu panggung ke panggung yang lain. Itu sebenarnya pas-pasan banget ya. Belum aku sewa baju. Itu aku masih tampil di Jember," ucap Dewi pada tahun 2014, dikutip dari Liputan6.

6. Ayu Ting Ting.

honor penyanyi dangdut awal karier berbagai sumber

foto: Instagram/@ayutingting92

Saat masih duduk di bangku sekolah, ibu satu anak pernah mendapat honor pertama sebesar Rp 250 ribu.

"Berapa ya, Rp 250 ribu. Dulu tampilnya di acara-acara organ tunggal, kawinan gitu. Ya buat jajan sama teman-teman ya. Maklum waktu itu masih SMP, hahaha," kata Ayu Ting Ting.

RECOMMENDED BY EDITOR