Brilio.net - Beberapa waktu yang lalu, Zaskia Adya Mecca memberikan kabar mengejutkan mengenai kondisi keluarganya. Lewat akun Instagram-nya, pemeran Aya di sinetron Para Pencari Tuhan ini mengungkapkan jika dua dari lima buah hatinya terpapar virus corona. Diawali dengan demam, kondisi ini membuat Zaskia dan Hanung Bramantyo sempat panik.

Namun, belum genap seminggu dua buah hatinya menjalani isolasi mandiri, rupanya Hanung Bramantyo, sang suami juga turut terpapar Covid-19. Sutradara film Bumi Manusia ini sebenarnya sudah memiliki firasat terpapar Covid-19. Pasalnya sebelum putrinya dinyatakan positif, ia melakukan kontak fisik langsung dengan tidur bareng.

cerita hanung positif covid-19 © instagram

foto: Instagram/@hanungbramantyo

"Sejak @kana.sybilla dan @kalamadali dinyatakan positif, saya sudah merasa akan ikutan mereka, oleh sebab saya tidur bareng mereka di sofa depan TV," cerita Hanung, dilansir brilio.net pada Jumat (18/6).

Kendati pada awalnya ia sempat dinyatakan negatif, namun setelah ia melakukan tes swab beberapa hari kemudian, hasil yang ditunjukkan pun sesuai firasat Hanung.

"Meski dinyatakan negative sebelumnya, saya masih merasa, pasti suatu saat saya akan terpapar. Benar saja. Kemaren badan saya meriang, setelah di swab saya dinyatakan positif," tambahnya.

Mengetahui kondisi tersebut, Hanung turut menyampaikan pesan untuk tidak terburu-buru menjalani swab setelah berkontak langsung dengan pasien yang terpapar Covid-19. Dari penuturannya, ia mengungkapkan perlu menunggu beberapa hari hingga terjadi gejala.

cerita hanung positif covid-19 © instagram

foto: Instagram/@zaskiadyamecca

"Buat temen2 yang pernah berhubungan dengan teman/saudara yang positif, sebaiknya jangan langsung swab. Hasilnya akan negative seperti saya. Tunggu beberapa hari, jika tidak ada reaksi dalam tubuh, biarkan saja. Setelah terjadi gejala, baru ambil swab," ucapnya.

Kondisi yang berbeda justru dialami oleh buah hati keempatnya, Bhre Kata. Setelah sempat meriang setelah putrinya dinyatakan positif Covid-19, sang istri sempat khawatir dan langsung membawa putranya untuk swab. Setelah diberikan obat, rupanya Bhre sudah sehat lagi.

"Hal yg berbeda terjadi dengan @bhrekata. Sehari setelah Sybil positif, badan bhre meriang. @zaskiadyamecca langsung memaksa Bhre swab. Hasilnya Negative. Setelah diminumi obat penurun panas, besoknya Bhre sudah pecicilan," terangnya.

Meski bukan kondisi yang diinginkan, namun Hanung tidak ingin menyalahkan siapapun dalam hal ini. Ia menyelipkan pesan agar tidak takut menghadapi situasi tersebut. Selain menjalani isolasi dan berjemur, penting untuk mengabarkan kepada tetangga.

cerita hanung positif covid-19 © instagram

foto: Instagram/@hanungbramantyo

"Tidak bisa kita menyalahkan orang2 yang kontak dengan anak2 kita atau istri/suami kita yang menyebabkan keluarga kita terpapar. Ketika terpapar, segera isolasi, tiap pagi berjemur. Kabarkan kepada tetangga, tak perlu takut," paparnya.

Cerita Hanung kemudian dikomentari oleh sang istri. Bia, sapaannya, mengungkapkan kejadian yang dialami oleh sang suami memberikan hikmah untuknya. Sebagai ibu, ia lebih tenang karena dua putrinya kini dalam penjagaan sang suami.

"Kadang pisah ranjang ada hikmahnya, km jd urus cewe2, ia ama cowo2, bagi tugas yaa," komentar Zaskia Adya Mecca.

Rekan sesama pekerja seni juga turut memberikan semangat untuk Hanung Bramantyo. Mereka juga memberikan doa untuk kesembuhan Hanung dan dua putrinya, agar bisa lekas kembali berkumpul dengan keluarga.

"Get well soon Mas Hanung," ungkap @ginasnoer.

"Get well soon mas @hanungbramantyo stay healthy, dan paling penting stay Happy...!!!!" imbuh @tantaginting.

"selalu monitor oksigen darah. yg penting happy. enggal dangan mas," tutur @purbodiningrat.