Brilio.net - Sosok Reden Ajeng Kartini memang membawa pengaruh besar terhadap wanita di Indonesia. Karena berkat dirinya lah, hadir kemajuan hak asasi perempuan pada saat itu. Dengan tekad yang kuat, ia memperjuangkan emansipasi wanita agar dapat mengenyam pendidikan setara pria.

Untuk mengenang sosok Raden Ajeng Kartini, setiap tanggal 21 April diperingati Hari Kartini oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Salah satu yang melekat adalah para wanita mengenakan baju kebaya atau baju adat.

Namun sayangnya, karena pandemi Covid-19, masyarakat tak bisa leluasa merayakan Hari Kartini di sekolah maupun di tempat kerja. Kendati demikian, masyarakat masih bisa merayakan Hari Kartini lewat media sosial.

Seperti halnya yang dilakukan oleh beberapa selebriti Tanah Air yang terlihat anggun menggunakan baju kebaya. Lewat unggahannya itu, mereka menunjukkan sosok Kartini masa kini. Berikut gaya seleb saat rayakan Hari Kartini dengan mengenakan kebaya seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (21/4).

1. Dewi Gita

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dewigita01

Dewi Gita terlihat begitu anggun dengan kebaya berwarna putih dan rok batik. Lewat unggahannya, istri Armand Maulana itu mengatakan bahwa hingga saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengenal sosok Kartini dan perjuangannya. Namun ia tak merasa khawatir karena mereka bisa mengenal Kartini lain lewat perjuangannya, kurang lebih sama untuk kesetaraan kaum wanita.

"Dan lewat viralnya tanggal ini semoga generasi pupus Kartini akan mengenal dengan mencari tahu siapa beliau dan perjuangannya. Selamat Hari Kartini, jadilah kita wanita mandiri yang tahu diri," ucap Dewi.

2. Margin Wieheerm

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@marginw

Tampil dalam balutan kebaya modern dalam sebuah pemotretan, Margin Wieheerm terlihat begitu memesona. "Selamat Hari Kartini untuk para perempuan hebat Indonesia," tulisnya dalam keterangan foto tersebut.

3. Tata Janeeta

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tatajaneetaofficial

Cantik dalam balutan kebaya kutu baru berwarna pink. Lewat foto tersebut, Tata berpesan kepada seluruh wanita di Indonesia untuk tetap berjalan meski banyak masalah dan cobaan dan jangan pantang menyerah.

"Karena menyerah bukanlah pilihan. Kamu lebih kuat dari yang kamu bayangkan," katanya.

4. Nadia Mulya

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@nadiamulya

Aura Nadia Mulya begitu terpancar dalam balutan kebaya berwaran merah. Nadia berharap perjuangan dari Raden Ajeng Kartini serta pejuang wanita lainnya bisa menjadi penyemangat masyarakat untuk berkarya.

5. Olivia Zalianty

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@oliviazallianty

Dalam balutan kebaya klasik, Olivia Zalianty juga menyemarakan Hari Kartini. "Membumikan bahasa Ibu, penyelamat generasi penerus bangsa," tulisnya.

6. Marcella Zalianty

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@marcella.zalianty

"Aku terlahir sebagai perempuan. #Kartinimasakini," tulis keterangan dalam fotonya yang berbalut kebaya klasik. Cantik banget.

7. Bunga Jelitha

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@bungajelitha66

Mengenakan kebaya khas Bali, Bunga Jelitha begitu memesona. Dalam unggahan itu, ia menuliskan yang diambil dari quote Raden Ajeng Kartini.

"Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, lahir pagi membawa keindahan kehidupan manusia serupa alam," tulisnya.

8. Aliya Rajasa

seleb ini unggah foto pakai kebaya © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ruby_26

Mengenakan kebaya berwarna silver, kecantikan Aliya Rajasa begitu terpancar. Untuk rambutnya sendiri disanggul dan diberi hiasan bunga melati. Makeupnya pun dibuat tebal dengan nuansa brown dan krem.

Lewat unggahannya itu, Aliya menuliskan harapan kepada para wanita di Indonesia agar semangat Kartini dan rasa cintanya terhadap kemajuan sesama perempuan dan pendidikan di Tanah Air dapat terus dilanjutkan demi generasi masa depan yang lebih baik.