Brilio.net - Beberapa artis Indonesia memulai kariernya di dunia hiburan melalui ajang pencarian bakat stand up comedy. Sukses menjadi komika, banyak dari mereka yang mengembangkan kariernya dengan mencoba hal-hal baru seperti akting, bernyanyi, presenter bahkan menjadi sutradara film.

Komika yang telah sukses membuat karya di dunia perfilman, di antaranya Raditya Dika, Ernest Prakarsa, dan Pandji Pragiwaksono. Dikenal sebagai pelawak yang tampil menghibur audiens, gaya mereka saat menjadi sutradara pun menjadi sorotan warganet.

Penasaran gimana sih gaya lima komika Tanah Air ini saat jadi sutradara? Yuk, simak artikel dibawah ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (14/4).

1. Raditya Dika.

Gaya 5 komika Tanah Air saat jadi sutradara © berbagai sumber

foto: Instagram/@raditya_dika

Kreator 'Malam Minggu Miko', Raditya Dika kembali berkarya melalui webseries terbarunya. Webseries terbarunya berjudul 'Webseriesnya Radit' ini akan publish di kanal YouTube miliknya, Raditya Dika.

Sampai saat ini dai masih merahasiakan kapan webseries tersebut tayang. Banyak penggemarnya yang menantikan karya terbarunya ini.

Sebagai sutradara webseriesnya, Raditya Dika terlihat sangat menikmatinya. Pasalnya, ini bukan kali pertama dirinya terjun langsung sebagai sutradara. Beberapa film yang pernah ia sutradarai, yaitu Malam Minggu Miko The Movie, Marmut Merah Jambu dan terakhir Single Part 2. Sepak terjangnya di balik layar sudah tidak bisa diragukan lagi, terbukti karya-karyanya diminati publik.

2. Ernest Prakasa.

Gaya 5 komika Tanah Air saat jadi sutradara © berbagai sumber

foto: Instagram/@ernestprakasa

Ernest Prakasa merupakan salah satu komika terkenal di Indonesia. Namanya mulai dikenal luas sejak mengikuti ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia pada 2011 yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi swasta.

Berawal sebagai aktor, saat ini Ernest telah sukses menjadi sutradara, di antaranya film Cek Toko Sebelah dan Imperfect. Berdasarkan potret unggahan di Instagramnya, gaya Ernest saat menjadi sutradara terlihat akrab dengan para kru dan fokus ketika mengarahkan timnya.

3. Pandji Pragiwaksono.

Gaya 5 komika Tanah Air saat jadi sutradara © berbagai sumber

foto: Instagram/@pandji.pragiwaksono

Pria berusia 41 tahun ini merupakan aktor, penyiar radio, presenter televisi, penulis buku, penyanyi rap, dan pelawak tunggal Tanah Air.

Komika senior yang satu ini juga pernah menjadi sutradara dalam filmya yang berjudul Partikelir pada 2018. Gaya Pandji ini mencuri perhatian warganet, sebab tampak berkarisma dan family friendly.

4. Kemal Palevi.

Gaya 5 komika Tanah Air saat jadi sutradara © berbagai sumber

foto: Instagram/@kemalpalevi

Komika Kemal Palevi memulai debut pertamanya sebagai sutradara pada 2016. Dia merangkap sebagai pemeran utama dan penulis dalam film Abdullah Takeshi. Saat menjadi sutradara, Kemal terlihat serius namun tetap tampil santai.

5. Arie Keriting.

Gaya 5 komika Tanah Air saat jadi sutradara © berbagai sumber

foto: Instagram/@arie_keriting

Komika Arie Keriting memutuskan untuk mencoba debut menjadi sutradara film layar lebar. Film tersebut berjudul Pelukis Hantu, sebuah film bergenre horor komedi.

Film ini dibintangi Ge Pamungkas, Michelle Ziudith, dan Jenny Zhang. Arie mengakui bahwa ternyata tidak mudah untuk membuat sebuah film. Film Pelukis Hantu ini tayanng pada 16 Oktober 2020.