Brilio
×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
BRILIO >> Selebritis
Muhammad Bimo Aprilianto (brl/gib)

05 Februari 2019 12:30

Erix Soekamti sarankan RUU Permusikan direvisi, bukan asal tolak

Bassis Endank Soekamti ini juga menganggap banyak musisi yang lebay soal wacana RUU Permusikan itu..

Erix Soekamti sarankan RUU Permusikan direvisi, bukan asal tolak

View Image



Brilio.net - Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan yang diusulkan Badan Legislasi (Baleg) DPR menimbulkan pro dan kontra. Buntut dari usulan ini adalah penolakan dari ratusan musisi terkait RUU ini. Anang Hermansyah, Anggota Komisi X DPR RI yang juga musisi ikut andil dalam rancangan ini pun kena batunya.

Ia menjadi sasaran kritik pedas yang dilontarkan oleh Jerinx, drummer band Superman Is Dead. Kemudian kritikan-kritikan ini diikuti oleh banyak musisi Tanah Air. Ada juga petisi penolakan yang diinisiasi dan ditandatangani oleh para musisi yang tergabung di Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

Namun tanggapan berbeda dinyatakan oleh Erix Soekamti. Bassis dari band Endank Soekamti ini menyebut cara penolakan RUU tersebut lebay. Dalam postingan Instagram miliknya, pria kelahiran Surabaya ini mengungkapkan, alih-alih menolak dengan cara yang gaduh, revisi dinilai lebih baik.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

RUU PERMUSIKAN. RUU itu Rancangan Undang Undang, belum final, belum kiamat jg. Justru memang disebar untuk tujuan sosialisasi yg menghasilkan DISKUSI. Kenapa mesti ribut? Siapa bilang kontroversi lha wong semua musisi gak setuju. Menjadi gaduh sampai lupa dengan tunjuannya itu karna cara penolakannya lebay. . Niat baik harus disambut baik, berikan masukan tidak hanya penolakan apa lagi hujatan & cacian. Musisi itu butuh Undang Undang yg disepakati & melindungi. jd dari pada triak MENOLAK sebaiknya diREVISI akan lebih baik. . Indonesia itu bisa maju karna contoh, bukan opini. . . Mandiri dalam bekerja, Merdeka dalam berkarya!! Salam Indonesia . #RevisiRUUpermusikan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Erix Soekamti (@erixsoekamti) pada

"RUU PERMUSIKAN.

Loading...

RUU itu Rancangan Undang Undang, belum final, belum kiamat jg.

Justru memang disebar untuk tujuan sosialisasi yg menghasilkan DISKUSI.

Kenapa mesti ribut?

Siapa bilang kontroversi lha wong semua musisi gak setuju.

Menjadi gaduh sampai lupa dengan tunjuannya itu karna cara penolakannya lebay," tulis Erix seperti dikutip brilio.net pada Selasa (5/2).

Masih menurut Erix, ada niat baik di balik usulan RUU ini. Memberikan masukan akan lebih baik ketimbang menolak dengan cara menghujat dan mencaci. Tentunya pernyataan Erix ini bertolak belakang dengan reaksi yang ditunjukkan Jerinx. Oleh karena itu, banyak pihak yang mengaitkan Erix dan Jerix di media sosial.

"Niat baik harus disambut baik, berikan masukan tidak hanya penolakan apa lagi hujatan & cacian.

Musisi itu butuh Undang Undang yg disepakati & melindungi. jd dari pada triak MENOLAK sebaiknya diREVISI akan lebih baik," lanjut Erix.

erix soekamti ruu permusikan © Instagram/@erixsoekamti

foto: Instagram/@erixsoekamti

Postingan Erix Soekamti terkait dengan RUU Permusikan ini pun menimbulkan pro dan kontra dari kalangan musisi sendiri. Beberapa ada yang setuju dengan tanggapan Erix Soekamti. Misalnya seperti Tantri vokalis Kotak, Igor Saykoji dan David vokalis Naif.

"Iki lho, ngeten!" tulis Tantri.

"begitulah (emoticon jempol)," ujar Igor Saykoji.

"Aku bersamamu," kata David Naif.

Tapi di sisi lain, banyak juga sesama musisi dan pengamat musik yang bereaksi keras atas tanggapan Erix. Bahkan Soleh Solihun yang tidak berkecimpung di dunia musik meninggalkan komentar sindiran di postingan Erix Soekamti ini.

erix soekamti ruu permusikan © Instagram/@erixsoekamti

foto: Instagram/@erixsoekamti

"gapapa sih gaduh dan lebay dulu. biar didenger. di negara ini, rakyat kadang butuh gaduh dulu supaya suaranya diperhatikan. hehehe. dulu waktu uu ite masih ruu, banyak yang nolak juga, tapi gak sampe gaduh. akhirnya ya liat aja sekarang: banyak orang yg kita liat gak bersalah, terjerat uu ite. semoga kegaduhan ini berujung baik dan menghasilkan uu yang bener," jelas Soleh Solihun.

Selain itu, Wendi Putranto jurnalis musik senior juga mempertanyakan reaksi Erix. Sebab bassis Endak Soekamti ini dinilai plin-plan. Menurutnya Erix sudah ikut menolak dan sepakat masuk di petisi penolakan RUU Permusikan.

"Lah, elo gak jadi menolak, rix? Kemaren bilang ama gue ikut menolak dan sepakat masuk di petisi nama elo nih. Jangan plin-plan. Ada bukti chatnya nih. Mau diupload, broh?" tulis Wendi yang kini menjadi manajer Seringai tersebut.

Selain itu, warganet terus membanjiri kolom komentar postingan Erix. Banyak di antara mereka yang malah membanding-bandingkan cara berpikir Erix dengan Jerinx SID, yang sejak awal sudah sangat keras menolak RUU Permusikan tersebut.

RECOMMENDED BY EDITOR

Pilih Reaksi Kamu



Tags

Kontroversi Artis Artis Indonesia Selebriti RUU Permusikan Erix Soekamti DPR Anang Hermansyah Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan
Loading...
Creator Banner

YUK GABUNG SEKARANG UNTUK DAPETIN
UANG TUNAI DARI HASIL KARYAMU!

Learn More Sign In
Tulis Komentar

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE