Brilio.net - Kecantikan dan kemolekan tubuh kerap dijadikan modal untuk terjun ke dunia hiburan. Namun, baru-baru ini Dewan Kedisiplinan dari Kementrian Kebudayaan dan Seni Rupa Kamboja mencekal seorang artis untuk main film selama satu tahun.

denny kwan © 2017 brilio.net

Denny Kwan, aktris yang kerap berpenampilan seksi ini mendapat sanksi setelah menolak peringatan dari kementerian untuk tidak berpakaian terlalu seksi. Dilansir brilio.net dari dailymail, Jumat (28/4) dewan kedisiplinan sendiri telah bekerja sama dengan perusahan industri hiburan untuk tak mengontrak gadis 24 tahun selama satu tahun.

"Dia (Kwan) tidak mengikuti kode etik seniman Kamboja. Ia telah kami undang untuk dididik dan diberi saran namun tetap melakukan hal yang sama," jelas penasihat kementerian dan kepala dewan disipliner, Chamroeun Vantha.

denny kwan © 2017 brilio.net

Kwan dianggap melanggar Pedoman Perilaku Etis Seniman yang mulai berlaku pada 23 Februari lalu. Dalam pasal 4 tertulis bahwa seorang seniman diharuskan berpakaian mengikuti harga diri dan identitas nasional mereka.

Nggak cuma main film, Kwan juga tidak dibolehkan muncul di stasiun televisi manapun baik syuting video clip, musik dan sebagainya. Meski aturan tersebut telah di keluarkan, Kwan mengaku belum menerima pemberitahuan resminya. Gadis ini justru memilih tak ambil pusing. "Berpakaian itu adalah hak saya mau seperti apa, namun jika orang dan budaya Kamboja tak menerimanya saya tak akan mengunggah foto saya yang terlalu seksi di Facebook," ungkap Kwan.

Di sisi lain pemerhati hak asasi perempuan, Thida Khus mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan kementerian adalah sesuatu yang "mengerikan" dan diskriminasi gender. "Ini merupakan pelanggaran kesetaraan gender. Wanita adalah orang-orang yang rentan terhadap ini," ungkapnya.