Brilio.net - Ayushita baru saja menyelesaikan film terbarunya garapan Hanung Bramantyo yang berjudul Kartini. Film yang didedikasikan untuk Raden Ajeng Kartini ini menceritakan tentang kisah hidup Kartini yang belum banyak orang tahu.

Di film ini, Ayu berperan sebagai adik dari Kartini, yaitu Kardinah. Sebagai seorang anak keturunan bangsawan yang cerdas ia harus menggunakan dialog Jawa dan juga Belanda. Dalam berbahasa Jawa menurutnya bukan hal yang sulit. "Kalau berbahasa Jawa tidak terlalu sulit karena dari kecil aku hobi nonton Srimulat. Apalagi ini Jawa kromo inggil," katanya kepada media saat konfrensi pers peluncuran film Kartini di Plaza Indonesia, Rabu (5/4).

Beradu akting dengan Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini memang hal yang sangat menyenangkan. Ayu melihat Dian sebagai sosok kakak di lokasi syuting karena selalu menyuruh Ayu untuk jangan banyak main dan latihan bahasa Belanda. "Ya mereka latihan bahasa Belanda gue mah liatin aja karena gue juga di script nggak ada dialog Belanda. Jadi mereka latihan gue seneng-seneng aja," tambahnya.

Namun, ketika ia sedang take, sutradara menyuruhnya untuk berdialog bahasa Belanda. Meski tidak masuk dalam script, rupanya sutradara menyuruhnya untuk bereksplorasi, padahal dirinya belum belajar bahasa Belanda sama sekali. "Eh taunya tiba-tiba Mas Hanung dateng bilang gue kedapetan dialog bahasa Belanda dan harus harus hari itu juga sampai ditunggu crew yang lain," lanjutnya.

Personil BBB itu juga mengaku hampir ingin menangis karena bingung untuk menghafalkan dialog bahasa Belanda. "Dikasih waktu 10-15 menit untuk belajar bahasa Belanda. Antara mau nangis dan harus selesai sekarang karena mereka nungguin gue," tutupnya.