Brilio.net - Menjadi seorang selebriti memang harus selalu siap menanggapi berbagai komentar dari para pengguna media sosial, baik itu komentar yang positif maupun negatif. Seleb papan atas sekelas Anggun C. Sasmi pun nggak luput dari komentar nyinyir warganet lho.

Baru-baru ini Anggun C. Sasmi memberikan jawaban menohok untuk salah satu komentar warganet yang membahas keputusannya melepas status Warga Negara Indonesia (WNI). Seperti diketahui, Anggun C. Sasmi kini memang mengantongi status warga negara Prancis. Komentar warganet tersebut ditinggalkan pada unggahan Anggun saat pelantun Tua-Tua Keladi ini memberikan ucapan HUT RI.

Merasa gemas dengan warganat yang terus mempersoalkan keputusannya melepas statusnya sebagai WNI dan mempertanyakan nasionalismenya, Anggun C. Sasmi pun tak tinggal diam. Mengunggah tangkapan layar yang berisi komentarnya sendiri menanggapi sebuah akun di akun Instagram pribadinya.

anggun cipta soal WNI  © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@anggun_cipta

Loading...

"Untuk yang MASIH komentar tentang paspor," tulis Anggun pada keterangan fotonya seperti dikutip brilio.net, Senin (19/8).

Dalam unggahannya tersebut, Anggun menuliskan jika dirinya tak butuh pengakuan apapun. Bagi ibu satu anak ini, mereka yang kerap mempermasalahkan kewarganegaraan adalah orang-orang yang belum pergi ke mana-mana, tidak pernah merasakan menjadi minoritas.

"Ah saya nggak butuh pengakuan ini itu. Yang memasalahkan kewarganegaraan hanya mereka yang bermentalitas tertentu, yang kebanyakan belum pernah pergi kemana2, belum merasakan menjadi minoritas, yang nggak tau kalau warna paspor yang “salah” sering diberi masalah di banyak negara," tulis Anggun pada penggalan unggahannya.

Lebih lanjut, Anggun memberi contoh bahwa ia pernah gagal mendapat visa ke Portugal gara-gara warna paspornya. Anggun juga menambahkan, ada negara-negara yang diberi ranking kuat. Seperti Prancis di peringkat ke-4, sementara Indonesia di posisi ke-75.

"Ada rangking negara2 yang berpaspor “kuat” (Indonesia No 75, Prancis No 4). Dan banyak orang yang sukanya memberi prioritas dari “bungkusan” (paspor, pake batik, dll) tapi nggak paham makna. Banyak sekali WNI yang lahir dan tinggal di Indonesia tapi anaknya sendiri nggak bisa berbahasa Indonesia," tambah Anggun.

Di akhir ucapannya, Anggun C. Sasmi mengaku dibuat gemas dengan anak-anak blasteran yang harus memilih antara dua kewarganegaraan. Bagi Anggun, hal tersebut sangat disayangkan. Anggun menambahkan, jika sudah seharusnya Indonesia memikirkan untuk bisa memberi dwi kewarganegaraan.

"Kenapa harus milih? Kenapa nggak boleh dua2nya? Sudah banyak kok contohnya. Kita kan sekarang hidup di dunia yang setiap orang beradaptasi dgn kultur berbeda. Mungkin sudah saatnya Indonesia memikirkan utk bisa memberi dwi kewarganegaraan seperti negara2 lain," tutup Anggun.

Pernyataan seleb berusia 45 tersebut pun mendapat beragam respons dari para pengguna media sosial. Banyak yang mendukung pernyataan Anggun tentang pemberian dwi kewarganegaraan yang sudah seharusnya dipikirkan Indonesia.

"TWO PASSPORTS PLEASE!!!!!" tulis model ternama, Nadya Hutagalung.

"Impian sekali bisa memeluk dua-dua warga negara tanpa harus memilih. Kayak harus milih tangan kanan atau kiri, ikuta bapak atau ibu. Semoga ya, suatu hari. Makasih mbak Anggun untuk postingannya," ungkap akun @nina.addison.

"Setuju sekali dari pada sembunyi2 keeping 2 different passports kan," tambah akun @ineh_thert.

RECOMMENDED BY EDITOR