Brilio.net - Sepertinya tidak ada anak muda penyuka musik yang nggak kenal Kunto Aji. Penyanyi yang terkenal berkat lagu bernuansa jazz, Terlalu Lama Sendiri, ini sekarang punya aktivitas baru lho. Kini Kunto sering mengunjungi berbagai daerah di Jawa dan bermain lagu kreoncong kini. Mau jadi penyanyi keroncong nih?

Saat berkunjung ke sejumlah daerah, Kunto mengaku banyak menemui komunitas anak muda yang mencintai keroncong. Mereka tidak hanya menyanyikan, namun juga berusaha mengembangkan musik daerah tersebut. "Karena saya berasal dari Jawa, saya suka dengan lagu-lagu Jawa seperti keroncong," kata Kunto Aji, beberapa waktu lalu.

Kunto nescafe Istimewa

Menurut Kunto, kecintaan pada lagu daerah bukan hanya soal nasionalisme, namun juga banyak kelebihan, keunikan, dan kekayaan yang di lagu daerah yang tidak dimiliki lagu lain. Dia mencontohkan jenis lagunya, notasi dan lainnya. Keberadaan alat musik daerah juga menjadi kelebihan tersendiri yang memperkaya musik ini. sehingga perlu dikembangkan dengan baik.

Kunto mengaku sedang memikirkan akan berbuat sesuatu untuk mengembangkan musik daerah. Bukan hanya sekedar rekaman, namun juga bisa memberikan dampak yang lebih luas terhadap perkembangan musik daerah. "Ada di kepala saya, saya ingin melakukan apa, yang bisa memberikan impact, bukan hanya rekaman," tuturnya.

Untuk pengembangan musik daerah, Kunto juga mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan banyak pihak. Seperti Nescafe Music Nation yang mendekatkan lagi daerah kepada anak muda, terutama melalui media digital. "Program yang dilaksanakan melalui media digital seperti situs maupun YouTube ini nantinya memiliki potensi untuk memperkenalkan lagu nasional dan daerah kita tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia," ujar Kunto.