Brilio.net - Stand up comedy merupakan ajang pencarian bakat orang lucu yang sangat menghibur. Awal mulanya, stand up comedy ini muncul pada 2011 lalu di salah satu televisi swasta.

Acara ini melahirkan bakat melawak dari masyarakat Indonesia. Salah satunya sosok yang tak bisa dilupakan adalah Raditya Dika dan Pandji Pragiwaksono.

Setelah sukses, ajang pencarian bakat itu pun menjamur dan melahirkan banyak talenta di dunia melawak. Satu per satu komika berkualitas dari tiap-tiap daerah di Indonesia menunjukkan bakatnya dan mulai dikenal banyak orang.

Tak hanya dikenal sebagai komika, setelah sukses, beberapa komika melebarkan sayap di dunia akting. Tak sedikit dari mereka yang mendapat tawaran main di beberapa judul film, bahkan ada pula yang menjadi sutradara.

Berikut komika yang berhasil terjun di dunia akting seperti dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/8).

Loading...

1. Babe Cabita.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@Babecabiita

Bagi pencinta film Tanah Air, pasti sudah tidak asing dengan sosok Babe Cabita. Ya, pria berperawakan unik ini kerap mewarnai sejumlah film Tanah Air. Mulai dari film horor hingga film komedi. Logat bicaranya yang khas kerap membuat penonton tertawa. Lebih dari 20 film pernah ia mainkan, yang terbaru adalah film horor berjudul Janin.

2. Bintang Emon.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@bintangemon

Gusti Muhammad Abdurrahman Bintang Mahaputra atau yang lebih dikenal dengan Bintang Emon ini merupakan jebolan dari Stand Up Comedy Academy 3 sebagai pemenang.

Setelah sukses, pria 24 tahun itu mendapat tawaran bermain di sebuah film. Pertama kalinya ia mendapat tawaran main film berjudul Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga pada 2017, sebagai Somat. Pertama kalinya bermain film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa itu membuat Bintang Emon merasa ketagihan.

3. Arie Kriting.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@arie_kriting

Satriaddin Maharinga Djongki atau dikenal sebagai Arie Kriting merupakan juara tiga dari ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV season ketiga pada 2013 lalu.

Kemudian pria asli Wakatobi mencoba peruntungan di dunia akting dengan berperan di film Comic 8 tahun 2014. Hampir tujuh film yang ia mainkan sejauh ini.

4. Dodit Mulyanto.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dodit_mul

Nama Dodit Mulyanto dikenal secara luas setelah mengikuti stand up comedy. Ciri khas yang paling diingat dalam penampilan Dodit saat di panggung adalah pembawaannya yang kalem dan membawa biola.

Tak hanya sebagai finalis komika, Dodit juga sempat membintangi beberapa film. Terakhir, ia bermain di film Cinta Itu Buta sebagai pemeran utama. Dalam film itu, Dodit dipasangkan dengan artis cantik Shandy Aulia.

5. Indra Jegel.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@indrajegel

Indra Jegel mengawali karier dengan mengikuti ajang pencarian bakat Stand Up Comedy Season 6 pada 2016 lalu sebagai pemenang. Dalam setiap tampilannya, ia konsisten baik dengan gaya story telling serta pantun yang jadi ciri khas.

Pemilik nama lengkap Indra Gunawan itu juga terjun ke dunia film. Beberapa film ia mainkan, yang terbaru ada Miracle In Cell no.7 dan Keluarga Slamet.

6. Ardit Erwhanda.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@arditerwandha

Sama seperti Indra Jegel, Ardit juga jebolan dari Stand Up Comedy Season 6 sebagai runner up. Ia juga salah satu komika yang berhasil menunjukkan kemampuannya di dunia akting. Lebih dari delapan film ia mainkan, seperti Gila Lu Ndro! dan Milly & Mamet pada 2018.

7. Raditya Dika.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@raditya_dika

Nama Raditya Dika sudah tak asing di kalangan masyarakat Indonesia. Selain dikenal sebagai komika, bapak satu anak itu juga dikenal sebagai sutradara dan penulis buku. Bahkan hampir semua bukunya best seller di kalangan millenial.

Radit juga kerap bermain di film garapannya. Beberapa filmnya diadaptasi dari buku yang ia tulis. Salah satunya Manusia Setengah Salmon di tahun 2013 lalu.

8. Ge Pamungkas.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gepamungkas

Bagi kamu yang mengikuti karier Ge Pamungkas dari awal, pasti tahu betul bagaimana karakternya di atas panggung. Saat unjuk gigi di panggung, ia mampu memperagakan berbagai macam adegan atau karakter dengan menirukan berbagai macam suara dan berbagai ekspresi.

Lewat bakat itulah, Ge memiliki kemampuan dalam berakting. Tak heran bila belasan film telah ia mainkan. Salah satunya yang terbaru adalah film Pelukis Hantu yang akan tayang pada 2020 ini.

9. Yudha Keling.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@yudhakell

Salah satu komika yang memiliki karakter unik adalah Yudha Keling. Yudha mengawali karier sebagai finalis Stand Up Comedy Academy dan masuk dalam empat besar. Karier Yudha semakin melambung dengan terlibatnya ia dalam beberapa film. Pertama kalinya Yudha bermain di film Marmut Merah Jambu pada 2014 dan terakhir bermain di film Meet Me After Sunset pada 2018 lalu.

10. Mo Sidik.

Komika main film © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mosidik

Mohamad Ali Sidik Zamzami atau dikenal dengan Mo Sidik selalu tampil dengan gaya khasnya. Badannya yang besar membuat orang lebih mudah mengingatnya. Sama seperti komika lain, Mo Sidik juga berhasil bermain di beberapa judul film, seperti Manusia Setengah Salmon pada 2013 lalu dan Riki Rhino pada awal tahun 2020 ini.

RECOMMENDED BY EDITOR