Brilio.net - Skandal yang menimpa Kim Seon-ho belakangan mengingatkan warganet dengan kejadian yang dialami oleh Kim Hyun-joong. Forum penggemar ramai membahas keduanya, setelah Dispatch merilis bukti-bukti bahwa tidak semua rumor yang dituduhkan pada Kim Seon-ho adalah kebenaran.

Persis seperti saat Dispatch merilis kronologi asmara Kim Hyun-joong dengan sang mantan pacar. Tentu saja selain itu, masih ada beberapa kemiripan lain yang membuat Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong kini dibanding-bandingkan.

Nah, berikut beberapa kemiripan kasus Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (3/11).

1. Tersandung skandal di puncak karier.

kemiripan skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@seonho__kim; @hyunjoong860606

Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong sama-sama terseret skandal saat tengah berada di puncak karier. Kala itu, Kim Hyun-joong populer berkat drama Boys Before Flower.

Ia kemudian mendapat tawaran sebagai peran utama dalam beberapa drama. Playfull Kiss juga menjadi drama Kim Hyun-joong yang ditayangkan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Sementara Kim Seon-ho kian eksis menjadi aktor usai membintangi drama Start Up dan Hometown Cha Cha Cha.

2. Pengakuan mantan pacar.

kemiripan skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@seonho__kim; @hyunjoong860606

Skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong ini sama-sama terjadi akibat pengakuan dari sang mantan pacar. Mantan pacar Kim Hyun-joong hanya disebut nona Choi. Sementara mantan pacar Kim Seon-ho sudah terkuak yakni bernama Choi Young-ah (CYA).

3. Dituduh memaksa pacar aborsi.

kemiripan skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@seonho__kim; @hyunjoong860606

Baik Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong juga mendapat tuduhan memaksa pacar aborsi. Tahun 2014, Kim Hyun-joong dituduh melakukan penganiayaan kepada kekasihnya. Ia juga dituduh memaksa pacarnya untuk aborsi, karena tidak mau diminta bertanggung jawab menikahi nona Choi.

Sementara pada kasus Kim Seon-ho, ia dituduh memaksa pacarnya aborsi dan meninggalkan CYA setelah menuruti keinginannya itu. CYA juga mengatakan bahwa Kim Seon-ho hanya memberinya 2 juta won untuk biaya operasi dan rumah sakit.

4. Dispatch rilis kronologi dan luruskan rumor.

kemiripan skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@seonho__kim; @hyunjoong860606

Pada 25 Februari 2015, Dispatch seakan curiga dan mempertanyakan mengapa Choi bisa kembali kepada Hyun-joong bahkan sampai hamil jika ia memang benar mendapatkan penganiayaan.

Dispatch pun menunjukkan pesan sms Hyun-joong yang justru terlihat begitu manis. Misalnya saja berisi sms dimana Hyun-joong teringat Choi saat melihat produk kecantikan, mengungkap kerinduannya, sampai memohon untuk tetap menjaga komunikasi meski sedang sibuk.

Kasus Kim Hyun-joong dan Choi ini pun sampai ke pengadilan. Ia rupanya menuntut sejumlah ganti rugi yakni 1,6 miliar won atau senilai Rp 20 miliar. Kim Hyun-joong bahkan membayar denda 5 juta won atau setara Rp 63 juta untuk tuduhan penganiayaan.

Namun selang beberapa tahun kemudian, Kim Hyun-joong baru dinyatakan tidak bersalah dan mantan pacarnya telah menipu publik Korea. Choi bahkan terbukti tidak hamil apalagi keguguran.

"Tidak ada bukti bahwa A mengalami keguguran karena pelecehan Kim Hyun Joong, atau bahwa dia telah memaksanya untuk melakukan aborsi. Sebagai seorang selebriti, citra publik Kim Hyun Joong sangat menderita dan reputasinya telah rusak," demikian pernyataan dari Mahkamah Agung Korea.

Sementara dalam kasus Kim Seon-ho, Dispatch juga merilis pesan chat antara Kim Seon-ho dan CYA. Disitu terlihat bahwa Kim Seon-ho justru meminta CYA mempertimbangkan kembali keputusannya untuk aborsi. Selain itu, Kim Seon-ho juga dengan bangga memperkenalkan CYA pada orang tuanya, tanpa menyebut statusnya sebagai janda.

Selain itu, Dispatch menghadirkan kesasian dari teman terdekat CYA dan sang aktor. Disitu terungkap bahwa tidak semua rumor yang dituduhkan adalah kebenaran.

Ada asumsi yang mengatakan bahwa CYA sengaja memanfaatkan skandal ini untuk mendapatkan uang serta dugaan bahwa CYA sering merekam foto serta video Kim Seon-ho secara diam-diam seperti sasaeng (fans yang terobsesi pada kehidupan pribadi idola).

5. Kembali berkarier usai terkena skandal.

kemiripan skandal Kim Seon-ho dan Kim Hyun-joong © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@seonho__kim; @hyunjoong860606

Saat skandal tersebut ramai disorot, Kim Hyun-joong mendapatkan banyak kerugian. Warganet Korea bahkan sempat marah dan memboikot nama Kim Hyun-joong agar tak lagi muncul di TV.

Meski demikian, Kim Hyun-joong tetap bisa sukses berkarier di luar negeri. Bukan menjadi aktor, Kim Hyun-joong justru menjadi musisi ternama di Jepang dan Taiwan. Tahun 2019, ia menggelar tur konser di berbagai negara. Ia juga memiliki basis penggemar yang besar di Amerika.

Kemudian pada tahun 2020, video dimana Kim Hyun-joong menyelamatkan seorang chef yang jatuh pingsan di restoran viral di media sosial. Forum penggemar di Korea pun dipenuhi dengan pujian atas aksi heroik tersebut. Hal ini seperti menyiratkan kesan bahwa citra Kim Hyun-joong di Korea mulai membaik dari sebelumnya.

Sementara untuk Kim Seon-ho, beberapa iklan yang menampilkan Kim Seon-ho mendadak hilang tak lama setelah skandal tersebut beredar. Namun tidak seperti Kim Hyun-joong yang baru terbukti tidak bersalah beberapa tahun setelahnya, Kim Seon-ho sepertinya bisa membalikan opini publik dengan cepat lewat pernyataan Dispatch. Agensi juga telah mengkonfirmasi bahwa Kim Seon-ho sudah mulai kembali syuting mempersiapkan proyek film terbaru berjudul "Sad Tropics".