Brilio.net - Menyaksikan suatu lawakan memang cukup menghibur dan tidak membosankan. Ada banyak candaan dari para pelawak yang bisa membuat penontonnya terpingkal-pingkal. Di Indonesia sendiri, ada banyak pelawak, bahkan mereka sudah berkarya sejak puluhan tahun lalu. Bahkan wajah mereka menjadi ikonik di dunia lawak.

Banyak orang terkadang menyaksikan ulang lawakan mereka di YouTube, karena merasa rindu akan kehadiran mereka lagi di layar kaca. Sayangnya, mereka telah pergi untuk selama-lamanya di tahun 2020 ini.

Kepergian para pelawak ini tentunya menyisakan luka mendalam bagi para penggemar. Tak hanya itu, Indonesia kehilangan orang-orang berbakat seperti mereka.

Siapa saja pelawak ternama yang meninggal di 2020? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/9).

1. Allan Wangsa.

Loading...

Sederet pelawak yang meninggal di 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@allanwangsa

Allan Wangsa merupakan komedian, presenter dan juga YouTuber. Aksinya selalu berhasil membuat orang tertawa. Kini tak ada lagi tawa dari dirinya, Allan Wangsa berpulang pada 4 Februari 2020 karena penyakit gagal ginjal.

Kabar duka tersebut pertama kali dikibarkan oleh mantan manajer almarhum Olga Syahputra, Fahmi Aditian. Melalui unggahannya di Instagram Stories-nya, Fahmi mengabarkan kabar duka meninggalnya Alan.

"Innalilahiwainailalahirajiun. Tenang di sana ya bunda, bunda udah nggak sakit lagi sekarang. Kirim Al-Fatihah ya temen-temen buat bunda @allanwangsa," tulis Fahmi Aditian kala itu.

Allan Wangsa sendiri sudah berkiprah di dunia hiburan 2011 silam. Namanya tak hanya dikenal sebagai presenter namun juga YouTuber. Sebagai presenter, Allan identik dengan gayanya yang kocak. Seleb berusia 31 tahun ini juga bersahabat baik dengan banyak selebriti ternama.

2. Omas.

Sederet pelawak yang meninggal di 2020 © 2020 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Siapa yang tak kenal Omas? Kini sudah tak ada candaan dari dirinya lagi. Komedian ini meninggal dunia pada 16 Juli 2020 karena penyakit diabetes yang dideritanya.

Pemilik nama lengkap Omaswati ini lahir di keluarga komedian Betawi. Ia merupakan adiknya Mandra dan kakaknya Mastur. Omas mengawali karierny sebagai sebagai pemain kesenian tradisional, yakni Lenong Betawi. Dari lenong inilah, ia masuk ke layar kaca hingga bermain dalam berbagai judul sinetron.

3. Idan Separo.

Sederet pelawak yang meninggal di 2020 © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@idanseparow

Komedian Achmad Sahidan atau yang akrab disapa Idan Separo meninggal dunia, pada 2 September 2020 di Rumah Sakit Mekarsari Bekasi.

Dilansir dari liputan6.com, menurut pengetahuan Daus Mini, Idan Separo kerap keluar masuk rumah sakit karena penyakit diabetes yang sudah lama diidapnya.

"Yang saya tahu, sudah sering mondar-mandir rumah sakit. Tiga kali sama ini kalau nggak salah," ujar Daus Mini.

Idan Separo mengawali kariernya di dunia hiburan sebagai badut yang beroperasi di sekitar Ancol. dia kerap diundang ke berbagai perhelatan mulai dari ulang tahun anak-anak hingga peluncuran produk. Profesi tersebut digelutinya dari tahun 1997 hingga awal tahun 2000.

Bersama Daus Mini, Idan Separo membuat grup lawak Separo. Grup lawak itu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat. Selain melawak Idan Separo juga bermain di beberapa judul sinetron dan juga menjadi presenter.

RECOMMENDED BY EDITOR