Brilio.net - Dunia hiburan menawarkan popularitas dan juga iming-iming uang yang melimpah. Gemerlap dunia hiburan memang tampak menyenangkan. Tetapi ingar bingar tersebut juga bisa menjerumuskan seseorang ke dalam perbuatan tercela.

Namun tidak semua pekerja seni mementingkan kehidupan dunia saja. Dari mereka ada yang memutuskan untuk berhijrah. Mereka memutuskan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan memperdalam ilmu agama.

Bahkan ada yang memutuskan meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan mamanya, termasuk personal grub band. Bahkan tak hanya memperdalam ilmu agama untuk pribadi saja, tapi juga berbagi dengan sesama melalui dakwah. Tak heran para musisi ini makin religius dan bahkan ada yang sampai memperdalam ilmu agama hingga ke Pakistan.

Lalu siapa saja deretan musisi yang sudah berhijrah kemudian perdalam agama di Pakistan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, pada Sabtu (28/9).

1. Yukie PAS Band.

Loading...

Deretan musisi hijrah lalu perdalam agama di Pakistan Instagram/@ajwatravel.id @salman_al_jugjawy

foto: Instagram/@ajwatravel.id

Yukie Arifin Martawidjaja alias Yukie belakangan dikabarkan hengkang dari Pas Band, grup musik yang telah membesarkan namanya. Namun, hal itu ternyata tidak benar karena ditahui Yukie tengah mengambil cuti selama 4 bulan dari PAS Band. Ia tengah belajar memperdalam ilmu agama ke Pakistan. Yukie mulai benar-benar berhijrah pada awal 2019.

Di konser terakhirnya Yukie juga menyampaikan permohonan meminta maaf jika ada salah kepada personel band dan penggemarnya. Permohonan maaf tersebut ia sampaikan karena akan bertolak ke Pakistan hingga bulan Januari 2020 nanti. Para personel PAS Band pun belum mengetahui apakah setelah kembali ke Indonesia nanti, Yukie akan cabut dari Band dan memilih fokus mendalami ilmu agama.

2. Sakti (Salman Al Jugjawy).

Deretan musisi hijrah lalu perdalam agama di Pakistan Instagram/@ajwatravel.id @salman_al_jugjawy

foto: Instagram/@salman_al_jugjawy

Gitaris Sheila On 7, Sakti memutuskan untuk hengkang pada tahun 2006. Ia memutuskan berhijrah lantaran merasa sudah terlalu dibutakan dengan hal-hal duniawi. Sakti pun memperdalam ilmu agama hingga berangkat ke Pakistan. Hampir dua bulan dia mempelajari ilmu dakwah di sana. Bahkan Sakti juga melanjutkan perjalanan spiritualnya ke India, dan Bangladesh sekitar empat bulan untuk memabah ilmunya.

Kini Sakti berganti nama menjadi Salman Al Jugjawy dan memutuskan pulang ke Tanah Air untuk memulai dakwahnya. Akan tetapi, jiwa Sakti sebagai seorang musisi tak hilang. Ia lalu memilih jalur musik sebagai salah satu cara berdakwahnya. Bersama Eross, rekannya di Sheila On 7 dulu, pria kelahiran 14 Juni 1980 itu pun menggarap lagu religi. Namun setelah itu ia tak terdengar lagi di dunia musik. Kini Sakti mengubah penampilannya menjadi lebih islami. Ia lalu memnumbuhkan janggut, mengenakan baju gamis dan lengkap dengan peci.

3. Cakka Nuraga.

Deretan musisi hijrah lalu perdalam agama di Pakistan Instagram/@ajwatravel.id @salman_al_jugjawy

foto: Instagram/@cakkanrg

Musisi muda Cakka Nuraga juga pernah memperdalam agama ke Pakistan 2018 lalu. Hal itu diketahui dari unggahan media sosial ayahnya Tunggul Dhewa Nuraga. Vokalis The Finest Tree ini diketahui pernah istirahat dari dunia musik dan memilih hijrah, untuk serius mempelajari ilmu agama Islam bersama rekan-rekannya di Jogja. Cakka bahkan sempat belajar ilmu agama di Pakistan selama empat bulan lamanya.

Sebelum keberangkatannya ke Pakistan Cakka juga pernah membuat karya terbarunya yeng berjudul "Rumah Kita". Menurut Tunggul, Cakka yang kini hijrah tetap mencintai musik dan tidak mengharamkan musik seperti kebanyakan musisi-musisi lainnya yang hijrah lalu stop bermusik.

"Intinya hingga sekarang belum berpaham mengharamkan musik," kata Tunggul kepada brilio.net.

Namun, kini Cakka aktif kembali ke dunia hiburan dan nge-band dengan The Finest Tree bersama sang kakak, Elang Nuraga.

RECOMMENDED BY EDITOR