Brilio.net - Dunia hiburan memang nggak ada habisnya untuk dikupas, termasuk dunia K-Pop . Kehidupan idol K-Pop juga nggak jauh-jauh dari skandal yang cukup kontroversial. Seperti baru-baru ini, salah satu member boyband Super Junior, Kangin, menjadi tersangka kasus kecelakaan karena mengendarai dalam keadaan mabuk.

Dari kasus-kasus yang dialami oleh K-Pop idol ini tak ayal bisa menghancurkan karir mereka di dunia hiburan. Mereka nggak hanya harus berurusan dengan polisi, tetapi juga kerap mendapat hujatan pedas dari netizen. Seperti apa sih kasus-kasusnya? Brilio.net udah ngumpulin dari berbagai sumber nih skandal yang menggemparkan jagad K-Pop idol sepanjang masa, check them out guys!

1. Kasus bullying T-ARA

skandal kpop © 2016 brilio.net

foto: tumblr.com


Kasus ini diawali dari keluarnya salah satu member T-ARA, Hwayoung dari grup tersebut pada tahun 2012. Netizen yang penasaran dengan alasan kepergiannya, mulai menelusuri twitter update member dan bagaimana perlakuan member yang lain terhadap Hwayoung. Diduga ada bullying di antara member T-ARA, membuat karir mereka berhenti di tahun tersebut, mereka bahkan diusir saat menjalani syuting di sebuah televisi. Wah sampai separah itu ya..


2. Kasus pelecehan seksual CEO pada trainee

skandal kpop © 2016 brilio.net foto: koreaboo


CEO dari Open World Entertainment, Jang Seok Woo dihukum karena terbukti melakukan pelecehan seksual terhadap trainee (sebutan untuk idol yang belum debut, red). Ia menyuruh korbannya untuk meminum minuman yang sudah dicampur dengan obat sebelum dilecehkan. Ia bahkan menyuruh trainee cowok untuk memperkosa trainee cewek melalui pesan teks. Sayangnya ia hanya dihukum selama 6 tahun atas perbuatan bejatnya itu.


3. G-Dragon ketahuan menghisap marijuana

skandal kpop © 2016 brilio.net foto: tumblr.com


Walaupun minum alkohol diterima secara terang-terangan di Korea Selatan, tapi kalau masalah narkoba, negeri ginseng ini cukup dikenal sebagai negara yang ketat dalam pelarangan penggunaan barang terlarang itu. G-Dragon, leader Big Bang ini sempat tersandung masalah. Dia mengaku bahwa saat itu ia sedang mabuk parah dan seseorang memberinya ganja yang dia kira adalah rokok biasa. Kasus ini sempat besar dan menghebohkan VIP (fandom Big Bang) lho.


4. Foto mesra Sulli ex member f(x)

skandal kpop © 2016 brilio.net

foto : Sulli's instagram


Mungkin kalau di Indonesia kita udah sering ya lihat selebriti yang bebas berpacaran, upload kemesraan di media sosial dan lain sebagainya. Tapi beda dengan di Korea Selatan. Mereka seringkali dapat hujatan netizen dan fans hanya karena mereka berpacaran yang tak jarang dari idol ini berusaha untuk tidak mempublish hubungan mereka. Namun berbeda dengan Sulli, mantan member girlband f(x) yang cuek mengupload foto-foto mesranya dengan sang kekasih, Choiza di akun instagram miliknya. Perbuatannya ini sering dapat hujatan dan berujung pada Sulli yang menutup akun instagramnya pada 18 Mei lalu.


5. Pecahnya DBSK

skandal kpop © 2016 brilio.net foto : db5kforever


Pada tahun 2009, tiga member DBSK, Jaejoong, Yoochun dan Junsu mempertanyakan kontrak mereka pada SM Entertainment. Mereka mempertanyakan tentang kontrak 13 tahun yang menurut mereka terlalu lama. Sidang berjalan dengan alot dan berlangsung hingga bertahun-tahun, dan membuat fandom terpecah belah. Saat ini grup tersebut terbagi dua, yaitu DBSK yang beranggotakan dua orang, Yunho dan Changmin dan JYJ.

6. Kasus Jay Park yang anti-Korea

skandal kpop © 2016 brilio.net foto: allkpop


Setelah mengeluarkan statement via online pada tahun 2009 berupa "Korea is gay....I hate Koreans", fans meminta JYP Entertainment untuk mengeluarkan leader 2PM saat itu, Jay Park. Setelah Jay Park keluar dari 2PM dan pergi ke Amerika, fans memintanya untuk kembali. Waduh agak membingungkan emang ya aksi fans disana... Hmm.. tapi saat ini Jay Park udah kembali menjadi solois  dari agensi yang ia dirikan sendiri.


7. Skandal sex-tape Ivy

skandal kpop © 2016 brilio.net

foto: iqivy


Pada tahun 2007, Ivy tersandung skandal yang merumorkan dirinya sedang berfoto mesum. Skandal tersebut diciptakan oleh mantan kekasinya yang mengirimkam ancaman akan menyebarkan foto telanjang Ivy dan video mesumnya. Mantan kekasihnya itupun akhirnya ditangkap atas tuduhan pencemaran nama baik.


8. Kasus penganiayaan Kim Hyun Joong

skandal kpop © 2016 brilio.net foto: tumblr.com


Kasus Kim Hyun Joong ini berjalan hampir 2 tahun sejak 2014 lalu hingga sekarang, awalnya dimulai dari kasus penganiayaan yang berakibat keguguran pada mantan kekasih bintang Boys Before Flowers tersebut.


9. Kasus prostitusi artis

skandal kpop © 2016 brilio.net foto : koreaboo


Kasus ini nggak jauh beda kok dengan kasus prostitusi artis di Indonesia. Pada 23 Februari lalu, artis 'X' mengaku bahwa ia memang ditawari untuk berhubungan seks dan ia mengaku bahwa ia menolak tawaran tersebut. Polisi yang tetap meneruskan penyelidikan menemukan bahwa pengakuan 'X' adalah palsu. Menurut kabar yang beredar, 'X' bahkan terlibat jaringan prostitusi dengan tarif 10 ribu dollar (sekitar Rp 130 juta), wow!


10. Kasus tabrakan member Suju  Kangin

skandal kpop © 2016 brilio.net foto : istimewa


Mungkin bagi K-Popers berita ini masih segar diingatan kalian yaa.. member Super Junior, Kangin mengalami kecelakaan karena mengemudikan mobil dalam keadaan mabuk. Hujatan pun nggak hanya datang dari haters atau netizen, tapi juga dari fans Suju sendiri, ELF. Kejadian ini memang bukan pertamakalinya dialami oleh Kangin, ia pernah terlibat tabrak lari pada tahun 2009 lalu. Hal ini yang membuat fans menuntut Kangin agar keluar dari Super Junior.

wah ternyata serem-serem ya skandalnya, menurut kalian skandal mana sih yang paling parah?