Brilio.net - Jelang Idul Adha yang jatuh pada Jumat 31 Juli 2020, seluruh umat muslim menyambut Hari Raya Idul Adha dengan penuh kegembiraan. Beberapa ibadah pun dilakukan untuk menyambut Hari Raya Idul Adha seperti puasa sunnah, umrah, dan haji.

Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena adanya pandemi virus corona yang hingga saat ini masih menyerang beberapa negara di dunia, membuat umat Islam tidak dapat menjalankan ibadah umrah dan haji sama seperti biasanya.

Ibadah umrah atau pun haji sangat diawasi oleh pemerintah Arab Saudi guna menekan angka penyebaran virus corona, sehingga tak sembarang orang bisa melakukan ibadah tersebut saat pandemi.

Menanggapi hal tersebut, tentu menimbulkan kesedihan umat Islam yang tidak bisa melaksanakan ibadah haji karena pandemi. Perasaan yang sama juga dirasakan oleh beberapa selebriti Tanah Air yang bernostalgia saat sedang berada di Tanah Suci dengan mengunggah foto di media sosial instagramnya masing-masing.

Dalam unggahan tersebut, mereka berharap semoga pandemi segera reda agar umat Islam dapat menjalankan ibadah ke Tanah Suci dengan tenang. Nah, siapa saja seleb yang bernostalgia dengan mengunggah foto di Tanah Suci?

Berikut curahan hati 6 seleb yang merindukan Tanah Suci jelang Idul Adha, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (30/7).


1. Donita.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@donitabhubiy



Donita mengunggah momen bersama suaminya, Adi Nugroho yang sedang melakukan ibadah di Tanah Suci. Dirinya berharap semoga pandemi segera berakhir.

"Tahun ini adalah yang penuh dengan segala cobaan.. dimana kegiatan haji pun di batasi.. hikmah yang bisa diambil.. semua itu perihal panggilan..Semoga pandemi segera berakhir.. dan kita semua bisa di panggil untuk menunaikan ibadah disana ," tulis Donita.


2. Alyssa Soebandono.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@ichasoebandono



Jelang Idul Adha, Alyssa mengungkapkan kerinduannya menginjakkan kaki di Tanah Suci bersama sang suami, Dude Herlino. Dirinya berharap semoga ia dapat kembali mengunjungi Tanah Suci untuk beribadah.

"Semoga dapat segera kembali, suatu hari nanti.
Aku, kamu, kita, dan mereka. Aamiin," kata Alyssa dalam caption.


3. Dian Pelangi.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dianpelangi



Seorang fashion designer, Dian Pelangi pun bernostalgia dengan menceritakan perjalanannya di Tanah Suci melalui beberapa foto yang diunggahnya melalui instagram pribadi.

"Semoga pandemi segera berakhir jadi kita bisa tadabbur alam lagii.. Traveling dengan niat mensyukuri karunia-Nya Aamiin ♥," tulis Dian.


4. Gunawan Sudrajat.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gunawan_sudrajat_real



Pesinetron Gunawan Sudrajat juga mengunggah momen dirinya saat berada di Tanah Suci bersama anaknya.

"Ingin rasanya kembali lagi.. semoga ada rejeki dan umur untuk kembali ke tanah haram..," ungkap Gunawan.


5. Dimas Seto.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@dimasseto_1



Karena tahun ini tidak dapat menjalankan ibadah haji atau pun umrah seperti tahun-tahun sebelumnya, Dimas Seto mengajak warganet untuk menjalankan puasa sunnah arafah. Dalam curhatnya, Dimas sekaligus mengunggah fotonya bersama Ustaz Adi Hidayat, Arie Untung, beserta teman pengajian lainnya.

"Semoga kita mendapat kemuliaan puasa arafah, menghapuskan dosa setahun yang lalu dan menjaga kita dari dosa 1 tahun yg akan datang, selamat menjalankan ibadah puasa teman2, in syaa Allah banyak kebaikan yang bisa kita lakukan hari ini," tulisnya.


6. Teuku Wisnu.

nostalgia tanah suci © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@teukuwisnu



Teuku Wisnu mengungkapkan rencananya bersama istrinya, Shireen Sungkar untuk berangkat haji harus tertunda karena pandemi virus corona.

"In syaa Allah semoga tahun depan Allah mudahkan untuk kita semua bisa berangkat ," harap Wisnu.