Brilio.net - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan melanjutkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Kebijakan PPKM level 4 diperpanjang dari 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021.

Dari kebijakan itu, dibuat juga aturan tentang pelaksanaan kegiatan makan atau minum di tempat umum saat perpanjangan PPKM tersebut. Aturan makan dan minum di tempat umum tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 dan Level 3 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Kegiatan makan atau minum di tempat umum PPKM Level 4, yakni warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan di tempat tiga orang dan waktu makan maksimal 20 menit. Nantinya, dalam pengaturan teknisnya akan diatur Pemda setempat.

Kebijakan itu pun langsung mengundang reaksi dari berbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali chef sekaligus juri MasterChef, Arnold Poernomo.

Chef Arnold memberi tanggapan dengan menuliskan cuitan yang kocak di Twitter dan jadi viral. Menurut ayah satu anak ini, dengan aturan tersebut, para waiters akan belajar jadi juri Master Chef Indonesia.

cuitan chef arnold makan 20 menit © Twitter

foto: Twitter/@ArnoldPoernomo

"PPKM waktu makan 20 menit. Makanan keluar 15 menit, para waiters latihan jadi Juri MasterChef. 'Waktu makan kalian 5 menit dimulai dari sekarang'," cuit Chef Arnold pada Senin (26/7).

Di unggahan lainnya, pria kelahiran 18 Agustus 1988 ini juga menulis respons yang masih terkait MasterChef.

cuitan chef arnold makan 20 menit © Twitter

foto: Twitter/@ArnoldPoernomo

"Wkwkwkwk PPKM makan cuma boleh 20menit… yang masak pada latian jadi kontestan MCI. 'Waktu kalian 20menit di mulai dari sekarang!!!'," tulisnya.

Sampai berita ini ditulis, cuitan tersebut sudah disukai lebih dari 26 ribu kali dan dibagikan ulang lebih dari 7 ribu kali. Komentar warganet pun juga tak kalah curi perhatian.

 

"Untung saya didikan bantara smanda yang suruh abisin 2 pia basah+ 2 botol air merah putih dalam waktu 10 menit kurang," ujar @SefhanaNaufal.

"Chef juna be like 'jgn banyak becanda, saya liat dari sini. Waktu tinggal 30 detik, masukin mulut semua, keselekkk ya udah derita mu'," tulis @berdurihalus.

"nanti kalo lebih 20menit masuk presure test terus para waiters pada pake baju item," timpal @deysnovac.