Brilio.net - Berita duka datang dari pendakwah Tanah Air, Ustaz Abdul Somad atau kerap disapa UAS. Ibunda UAS yang bernama Rohana meninggal di usia 71 tahun pada Senin (18/3) di salah satu rumah sakit di Pekan Baru, Riau.

Jenazah Rohana rencana akan dimakamkan di Kampung Silau Laut, Asahan, Sumatera Utara. Sebelum meninggal, Rohana masih melakukan aktivitas seperti biasanya. Bahkan, ibadah rutin seperti salat tahajud, witir, membaca Al-Qur'an dan makan sahur juga masih dilakukan.

Yang menarik, kronologi meninggalnya Rohana ini sama seperti yang mendiang harapkan. Rohana pernah menyampaikan keinginannya untuk meninggal tanpa harus melalui sakit yang lama. Selain itu, mendiang juga berharap agar meninggal dalam keadaan sudah mandi dan akan menunaikan salat.

Keinginan Rohana ini diungkapkan langsung oleh UAS di sebuah postingan di akun Instagramnya, Senin (18/3).

kronologi meninggalnya ibu UAS instagram

Loading...

foto: Instagram/@ustadzabdulsomad

"KITA PUN AKAN KESANA JUA

Senin, 11 Rajab 1440 H / 18 Maret 2019

Seperti biasa, setelah tahajjud dan witir, Mak membaca Qur'an dan zikir yang biasa beliau baca, setelah itu makan sahur.

Selesai santap sahur, Mak masih menonton video taushiyah UAS di Youtube. Kemudian Mak mandi, terasa sakit kepala.

Beliau terus wudhu' persiapan sholat Shubuh. Lalu pingsan, dibawa ke Rumah Sakit, mengembuskan nafas terakhir.

Persis seperti ucapan Mak selama ini, "Aku kalau bisa, mati jangan pakai sakit lamo-lamo. Kalau bisa mandi dulu, jadi jasad awak bersih. Mandi, ambik aye sembayang, poneng, mati"

Jenazah akan dimakamkan di Kampung Silau Laut, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

71 tahun Allah berikan usia pada Mak. Terimakasih tak terhingga kepada seluruh masyarakat yang telah mendoakan Mak, mohon dimaafkan segala khilaf dan salah Mak kami Hajjah Rohana binti Nuruddin.," tulis Ustaz Abdul Somad yang brilio.net kutip pada Senin (18/3).

Unggahan tersebut seketika dibanjiri komentar dari warganet. Sebagian besar mengucapkan bela sungkawa dan mendoakan almarhumah Rohana. Meski begitu ada juga yang mengomentari tentang kisah Rohana yang meninggal dalam keadaan suci.

"Kami semua berterimakasih buat emak sudah melahirkan anak yg berguna bagi indonesia bagi umat islam terutama. khusnul khotimah mak .," ujar akun @tiaraameliafebrianti_.

"Betapa bahagia nya beliau punya anak berhasil dalam duniawi wall akhirat. ibu yg mengucapkan bgitu karna tdak mau nyusahin anak jikalau ibu tersebut sakit. semoga husnul khotimah bu dan dilapangkan kuburan nya dan di tabahkan keluarga yg ditinggalkan. Aammiinn... Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu’anhu

Alfatiha...," ungkap akun @imrnmdzn.

"Subhanallah... beliau dipanggil dalam keadaan yang baik... sedang berpuasa dan sudah bersuci... innalillahi wa inna ilaihi rojiun...," komentar akun @lia_dew23.

RECOMMENDED BY EDITOR