Brilio.net - Hingga saat ini sepertinya pandemi Covid-19 belum juga mereda. Masih banyak masyarakat yang terpapar virus tersebut. Mereka yang terinfeksi pun memiliki gejala yang berbeda tergantung kondisi tubuh masing-masing.

Penyanyi Tika Ramlan menceritakan pengalamannya terpapar Covid-19 pada Februari 2021 lalu. Dalam unggahannya di media sosial pribadinya, Sabtu (8/5) Tika memutuskan bercerita karena bercermin dari Joanna Alexandra yang kehilangan suami tercintanya, Raditya Oloan. Rupanya, Tika Ramlan juga hampir mengalami hal yang sama saat sang ibu juga dinyatakan terpapar Covid-19.

"Our covid experience. Aku pikir bakal kehilangan sosok satu ini, yes my mom. Jadi sekitar bulan Februari lalu gue dan satu keluarga kena juga sama Covid-19. Kenapa ko baru cerita sekarang?? Ngeliat temen kita @joannaalexandra yang kehilangan suaminya. Gue tau banget rasanya gimana in this situation, karena gue hampir mengalami hal yang sama," tuturnya mengawali cerita.

Lantas seperti apa cerita Tika saat terpapar Covid-19 hingga nyaris kehilangan ibunya? Berikut rangkuman brilio.net dari akun Instagram @tika_ramlan, Minggu (9/5). 

1. Sampai saat ini, Tika masih bingung bisa terinfeksi di mana karena selama ini di masa pandemi masih bolak balik keluar kota, Alhamdulillah bisa jaga dan aman.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

2. Namun ia mengatakan dua hari setelah makan di salah satu restoran di darerah Kemang, ia mulai merasa sakit seperti orang masuk angin.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Next day bertambah parah sampe rasanya kaya orang ditusuk perutnya sampe tembus belakang. Sadis deh pokoknya rasanya," ucapnya.

3. Pemilik nama lengkap Kartika Yudia Ramlan ini juga sempat mengalami demam, batuk, hilang penciuman hingga sesak napas.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Ada satu momen gue lagi solat terus nangis karena dada ini sakit. Setiap sujud dan ruku dada kaya diinjek-injek," tuturnya.

4. Akhirnya ia pun memutuskan untuk dokter. Dokter mendiagnosa kalau ia menderita tifus. Namun ia merasa ada yang beda. Karena dari gejalanya berbeda, bahkan di hari ke-7 kondisinya makin parah.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Dua kali diagnosis tifus tapi waktu itu gue udah yakin ini sesuatu yang beda bukan tifus," katanya.

5. Akhirnya ia pun memutuskan untuk meminta ke sang suami untuk melakukan isolasi mandiri. Sayangnya sudah telat, virus sudah menyebar bahkan ke satu rumah.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

6. Menurutnya hal tersulit dalam hidupnya adalah saat mengetahui sang ibu juga terpapar Covid-19. Pasalnya ibunya memiliki komorbid diabetes dan asma.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Mama udah hampir giveup katanya udah nggak kuat , tapi kita berusaha 1 rumah untuk kuatin. Akhirnya dengan berat hati kita bawa mama ke rumah sakit," tanbahnya.

7. Namun di saat bersamaan ia harus mengurus suami dan ketiga anaknya dengan kondisi demam dan muntah. Namun disisi lain, kondisi dirinya pun tidak stabil.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Kalau ingetnya sekarang suka ketawa sendiri, inget orang sakit bawa orang sakit ke rumah sakit," katanya.

8. Setelah di bawa ke rumah sakit, jebolan AFI 2005 itu memutuskan untuk merawat ibunya sendiri di rumah dengan peralatan seperti di rumah sakit, mulai dari alat oksigen, alat saturasi hingga alat deteksi gula darah.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Bukan masalah nggak percaya sama rumah sakit tapi feeling bilang bawa aja mama pulang. Yakin Insya Allah bisa ngerawat mama dirumah meskipun rasanya babak belur banget karena gue sendiri pun lagi sakit banget. Gue sampe belajar ambil darah mama untuk ukur gula," tuturnya.

9. Meskipun sempat merasa bersalah karena menyebabkan ibunya terpapar Covid-19 dengan kondisi yang menurun, namun ia bersyukur dua minggu setelahnya kondisi ibunya membaik. Ia pun dan keluarga melakukan swab tes dan hasilnya negatif.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

10. Wanita 35 tahun itu menceritakan meskipun kondisinya sudah negatif Covid-19, ia merasa ada perubahan dalam tubuhnya, seperti rambut rontok, lemas, gampang capek.

Cerita Tika Ramlan positif Covid-19 sekeluarga © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@tika_ramlan

"Dan itu kita jalani selama sebulan sampai akhirnya bener-bener bersih kita baru bisa keluar rumah," pungkasnya.

(brl/lea)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/lea)