Brilio.net - Westny DJ merupakan pemain film Filosofi Kopi dan web series Yakin Nikah. Pada 20 April 2020 lalu dirinya telah melahirkan anak pertama dengan proses persalinan normal.

Lewat akun Instagram pribadinya, Westny menceritakan bagaimana perjuangannya melahirkan anak pertama yang harus ia lalui dengan proses panjang dan secara normal, yakni sampai lima hari proses.

Dilansir brilio.net dari akun Instagram @westnydj pada Sabtu (25/4), Westny mengalami pecah ketuban pada 19 April lalu, setelah ia memutuskan untuk menunggu pembukaan sampai 7 di rumah bidan kesayangannya, Emi Sulasmini. Bidan Emi lah yang memperkenalkan pada Westny seputar gentle birth.

Proses persalinan Westny DJ © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@westnydj



Memasuki hari ke-3 dan ke-4, Westny merasakan kontraksi yang semakin sakit sehingga membuatnya tidak bisa makan dan minum, serta terus menerus muntah.

Setelah air ketubannya pecah pada hari Minggu 18 April 2020, Westny langsung dilarikan ke rumah sakit untuk melakukan persalinan. Karena air ketuban sudah pecah selama 11 jam, dokter harus melakukan induksi guna mempercepat proses persalinannya. Tak hanya itu, karena masalah rahim Westny yang panjang, ia juga harus memposisikan diri dengan membungkuk seperti kepala ular.

Proses tersebut membuat Westny tidak memiliki energi yang tersisa karena kontraksi yang ia rasakan setiap 3 menit disertai dengan muntah.

Kepala bayi yang tiba-tiba masuk kembali saat pembukaan lengkap, membuat dokter dengan cepat memeriksa detak jantung Westny dan bayinya yang turun hingga 60 denyut per menit.

Karena saat itu situasinya dianggap berbahaya, dokter menyarankan untuk melakukan proses persalinan caesar. Namun, Westny tidak menyerah begitu saja. Ia terus menghirup oksigen yang diberikan oleh dokter kepadanya untuk dihirup sebanyak-banyaknya agar detak jantung mereka kembali stabil.

"AYO, buntel we promised each other we are team work untuk lahiran normal!" tegas Westny memberi semangat kepada bayi dan dirinya sendiri.

Sementara itu, suami Westny sudah memberikan persetujuan kepada tim dokter untuk melakukan caesar karena panik melihat kondisi istri dan bayinya. Namun, dalam 15 menit, jantung bayi mulai berdenyut stabil 128-146 per menit. Hal tersebut membuat Westny semakin yakin untuk melanjutkan proses persalinan secara normal.

Dalam hitungan ketiga, alat vacum masuk ke rahim Westny dan ia mulai mengejan 1x sekaligus mengalami kontraksi yang akhirnya membuat si bayi berhasil lahir dengan selamat.

Proses persalinan Westny DJ © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@westnydj



Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut diberinya nama I Gde Nyoman Sunkaimano Cokatansoe atau dipanggil 'Kai'. Bayi ganteng ini memiliki panjang badan 152 cm dengan berat 3,4 kilogram. Ia bersyukur akhirnya si bayi dapat lahir selamat dengan bantuan bidan, dokter dan suami yang selalu mendampingi Westny saat persalinan.