Brilio.net - Sosok BJ Habibie di mata Hanung Bramantyo merupakan sosok yang luar biasa. Suami dari Zaskia Mecca itu mengaku sangat kagum dengan karya dan juga cintanya kepada sang istri, Hasri Ainun Besari.

"Beliau adalah orang yang sharing cerita tentang istrinya, dirinya kepada Indonesia, dan lain-lain dan membuat saya membuka mata saya," ujarnya saat ditemui media di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Hanung bercerita, saat sedang mengobrol dengan BJ Habibie, ia sempat menanyakan alasan dirinya tak ingin kembali menjadi presiden. Dan jawaban Habibie pun buat Hanung tertegun.

"Saya sempat bilang, 'Eyang kenapa nggak jadi Presiden lagi?' Setelah film Habibie & Ainun meledak dipasaran. Apa yang ia katakan? Dia bilang, 'sudah tidak ada ibu (Ainun). Karena saya begini semua karena Ibu'. Jadi memang peran istri buat dia penting sekali itu yang membuat saya berpikir keluarga nomor 1," ucapnya.

Ia pun juga selalu mengingat sekali betapa perasaan cintanya BJ Habibie terhadap sang istri begitu besar.

Loading...

"Yang saya dengar dan melihat pertama kali itu adalah sikap, saya pernah bersama beliau di rumahnya. Beliau selalu menggunakan shal, saya tanya itu punya siapa dan dijawab beliau, 'ini punya Ainun'," terangnya.

Hal lain yang bikin Hanung menangis adalah ketika Hanung dan BJ Habibie tengah berbincang di Jerman untuk produksi film.

"Saat sarapan pagi di Jerman saya diundang sama beliau, di sampingnya itu ada piring dan kursi kosong. Beliau pun bilang, 'ini kursi dan piringnya Ibu Ainun'. Beliau itu selalu mentreat bahwa istrinya masih hidup atau ada," ucapnya penuh haru.

"Itu yang menurut saya menangis, karena saya bisa sadar bahwa seorang Presiden dan jenius berpikir hanya pekerjaan saja. Tetapi masih memikirkan istrinya walaupun sudah tidak ada," kata Hanung.

RECOMMENDED BY EDITOR