Brilio.net - Untuk mencapai kesuksesan, tentunya tidak secara instan. Tidak jarang saat memulai karier seseorang harus mengalami kesusahan terlebih dahulu.

Hal ini juga dialami oleh beberapa penyanyi dangdut Tanah Air. Sebelum menjadi penyanyi dangdut ternama, beberapa di antaranya harus jatuh bangun terlebih dulu untuk meniti kariernya. Banyak perjuangan dan lika-liku yang harus dihadapinya.

Inul Daratista, Dewi Persik, Nassar hingga Siti Badriah memiliki kisahnya sendiri-sendiri saat mengawali kariernya. Ada yang harus menyanyi dari satu panggung ke panggung lainnya dengan hanya memperoleh bayaran sedikit. Ada yang harus mengamen di jalanan Ibukota, hingga ada pula yang harus mengalami penipuan demi mendapatkan sebuah album.

Tidak putus asa, kini kegigihan para penyanyi dangdut tersebut membuahkan kesuksesan. Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber, Senin (21/6), kisah perjuangan awal karier penyanyi dangdut

1. Inul Daratista dibayar Rp 3.000.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: YouTube/Dapur Bincang Online

Inul Daratista memulai kariernya pada 2000 silam. Kini dikenal sebagai artis dengan kekayaan berlimpah, perjalanan seorang Inul ternyata tidak mudah.

Ia harus memulai karier dari bawah dengan bernyanyi dari panggung ke panggung dengan bayaran yang tak seberapa. Hal tersebut diceritakan Inul saat menjadi bintang tamu dalam kanal YouTube Venna Melllinda yang bernama Dapur Bincang Online.

Dalam video yang diunggah pada Kamis (17/6) tersebut, Inul menceritakan jika Ia sudah belajar menyanyi sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ia pun sudah bekerja sebagai penyanyi keliling ketika dirinya masih SMP.

"SD itu aku udah mulai nyanyi. Terus SMP kelas satu itu mulai nyanyi juga tapi mulai nyari duit. Dapat duit kadang-kadang dibayar Rp3.000 sampai Rp5.000 itu di tahun 1990-an," kenang Inul.

2. Ayu Ting Ting berawal dari figuran.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: Instagram/@ayutingtig92

Siapa yang tidak kenal lagu Alamat Palsu? Lagu ini membuat nama Ayu Ting Ting melejit. Awal karier Ayu Ting Ting sebenarnya bukan dimulai dari lagu Alamat Palsu ini.

Dari kanal YouTube BRIZ Entertainment saat itu Niatul Husna, Koordinator Penonton dan Figuran Besar di Indonesia hadir sebagai bintang tamu. Ia pun menceritakan kisah artis di balik layar yang jarang orang ketahui.

Salah satunya adalah Ayu Ting Ting yang ternyata penyanyi dangdut bukanlah pekerjaan pertamanya. Ayu Ting Ting termasuk sebagai artis yang mengawali kariernya sebagai figuran. "Iya figuran dari bang Maman," jawab Nia dikutip brilio.net dari kapanlagi.com.

3. Dewi Persik sempat mengamen di Jakarta.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: Instagram/@deiperssikreal

Dewi Perssik atau Depe telah menjadi salah satu pedangdut papan atas Tanah Air. Dikenal lewat Goyang Gergaji pada tahun 2005, wanita kelahiran Jember ini memiliki karier yang melesat naik.

Namun, siapa sangka awal karier Dewi Perssik cukup berliku. Awalnya Dewi Perssik tidak direstui jadi artis oleh sang ayah.

Dilansir dari KapanLagi.com, Senin (21/6), ketika sampai di Jakarta, Depe tidak diberi uang saku oleh orang tuanya. Sebagai modal, ia menggunakan uang dari hasil bisnis jual beli sepatu.

Bermodal Rp 750.000, Depe nekat merantau ke Jakarta. Di Jakarta ia tinggal di sebuah kost.

Pada awalnya Depe dibantu oleh manajer yang bernama Pak Yogi. Pak Yogi inilah yang mengusulkan pergantian nama panggung dari Dewi Murya Agung menjadi Dewi Perssik.

Untuk memenuhi kebutuhan, bahkan saat itu ia sempat mengamen di jalan protokol Jakarta. Walaupun hasilnya hanya sedikit, tapi menurutnya hanya dengan cara itulah ia bisa makan.

4. Siti Badriah tertipu Rp 100 juta.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: Instagram/@sitibadriah

Siti Badriah menjadi penyanyi sejak kecil. Setelah sering tampil dari panggung ke panggung di kampung, Siti Badriah ingin menjadi penyanyi profesional.

Dilansir dari Fimela.com Siti Badriah saat ingin mengeluarkan album malah kena tipu. Dengan dalih pembuatan album, sang ayah harus mengeluarkan uang Rp 50 juta di awal. Kemudian diminta lagi Rp 50 juta, sehingga totalnya Rp 100 juta. "Dan ternyata enggak ada album, lagu dan segala macem," jelas dia.

Ayah Siti Badriah pun kemudian sakit. Bahkan, karena sudah tidak punya harta lagi Siti dan keluarga makan hanya dengan garam. Atas kejadian itu Siti pasrah nyanyi dari panggung ke panggung di kampung, sampai akhirnya bertemu dengan Didit Pri yang menawarkan mini album tanpa mengeluarkan apapun.

Dari situlah Siti dilirik oleh label rekaman, dan kemudian pada 2013 lagu 'Berondong Tua' meledak yang membuat karier Siti Badriah sukses sebagai penyanyi dangdut.

5. Zaskia Gotik dibayar Rp 80.000.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: Instagram/@zaskia_gotix

Kesuksesan pedangdut Zaskia Gotik di dunia tarik suara memang tidak perlu diragukan lagi. Dilansir dari Merdeka.com, Zaskia melewati lika-liku dalam meniti kariernya. Pemilik Goyang Itik itu pernah menjadi penyanyi dangdut panggilan dengan honor Rp 80.000.

"Pastinya proses untuk mencapai sekarang ini. Nggak mudah banyak sekali lika-liku dan kalau orang yang sukses nggak segampang itu ada prosesnya. Bersyukur aja kalau kita mau sukses kerja keras pastinya, doa orangtua dan semangat. Alhamdulillah diberikan kesehatan, karir bagus, bisa membahagiakan orangtua, haji juga sudah, apa semuanya sudah jadi tinggal bersyukur saja," kata Zaskia.

6. Nassar mengikuti lomba dari panggung ke panggung.

Cerita awal karier 6 penyanyi dangdut © berbagai sumber

foto: Instagram/@kingnassar88

Popularitas yang kini dimiliki oleh Nassar tidak diraih dalam waktu singkat. Sebuah perjalanan panjang harus dilalui pedangdut kelahiran 5 Januari 1988 ini.

Dilansir dari KapanLagi.com kecintaan pemilik nama lengkap Nassar Fahad Ahmad Sungkar ini kepada dunia dangdut sudah terjadi sejak ia kecil. Mengikuti lomba dari panggung ke panggung sudah dijalani Nassar sejak kecil.

"Dari awal ikut lomba. Ikut festival dari panggung ke panggung. Semuanya aku jalanin untuk menjadi seorang penyanyi dangdut yang baik gitu," ujar Nassar kepada Storibriti 2016 silam.

Pada akhirnya ia memberanikan diri ikut audisi Kontes Dangdut Indonesia (KDI) pada 2004. Kala itu, dia berusia 16 tahun dan belum lulus dari SMK 10 Bandung, Jawa Barat.

Namun, Nassar berhasil menyisihkan ribuan kontestan lainnya. Dan dari sinilah, perjalanan baru Nassar di dunia dangdut dimulai.