Brilio.net - Setiap orang memiliki hak untuk menentukan agama apa yang akan diyakininya. Karena agama merupakan perkara spiritual masing-masing individu, tidak ada yang berhak untuk melarang atau memaksa orang lain untuk menganut salah satu agama tertentu.

Bahkan beberapa artis pun sempat mempelajari lebih dari satu agama yang berbeda, untuk mengenal dan mencari apa yang membuat mereka merasa lebih nyaman dan damai. Proses tersebut tentu saja membutuhkan waktu yang panjang, hingga akhirnya mereka bahagia memilih dan memeluk agamanya yang sekarang.

Berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber cerita seleb yang pernah belajar lebih dari satu agama, Senin (19/4).

1. Marcell Siahaan

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@marcellsiahaans

Dilansir dari merdeka.com Marcell Siahaan telah memutuskan menjadi seorang mualaf setelah sebelumnya pernah dua kali berganti agama yang berbeda. Marcell lahir sebagai seorang Kristiani, kemudian berpindah memeluk agama Buddha, baru setelahnya ia menjadi mualaf hingga sekarang. Menurut pengakuan Marcell dalam sebuah video yang diunggah pada akun YouTube Daniel Mananta Network, ia memeluk Islam atas dasar keyakinan dan ketenangan diri. Setelah tenang dan nyaman menjadi mualaf, ia merasakan hal yang lebih dinamis dalam dirinya.

2. Betrand Antolin

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@betrand1407

Meski sebagai seorang kristiani, Betrand Antolin memiliki jiwa toleransi yang tinggi. Hal ini terbukti dari dirinya yang mempelajari beberapa agama yang ada di Indonesia. Dilansir dari Liputan6.com saat memasuki bulan Ramadan ini Betrand mewakafkan Alquran bagi kaum dhuafa dan yatim. Selain itu Betrand pun beberapa kali merayakan Imlek, Waisak hingga Nyepi.

3. Ruben Onsu dan Sarwendah

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@ruben_onsu

Pasangan selebritis Ruben Onsu dan Sarwendah ini juga mempelajari agama selain yang dianutnya. Dilansir dari Liputan6.com Ruben dan Sarwendah saat ini telah membuka program sekolah gratis untuk penghafal Alquran yang berada di kawasan Sukabumi, Jawa Barat. Selain itu Ruben dan keluarganya juga seringkali membagikan takjil saat bulan puasa.

4. Celine Evangelista

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@celine_evangelista

Beberapa waktu lalu artis Celine Evangelista mengikuti sebuah pengajian. Dilansir dari Liputan6.com Celine dan sang suami Stefan William saat itu tengah mengikuti pengajian yang diadakan oleh ustaz Riza Muhammad. Saat mengikuti pengajian tersebut Celine terlihat menggunakan hijab. Meski demikian itu bukanlah kali pertama Celine menutup aurat dengan hijab meski dirinya bukan seorang muslim. Celine sendiri mengaku sudah sekolah muslim sejak kecil.

5. Nathalie Holscer

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@nathalieholscer

Sebelum menjadi mualaf, Nathalie Holscer memeluk agama Kristen. Meski terlahir sebagai seorang kristiani, keluarga Nathalie memang memeluk agama yang berbeda-beda. Ada yang Kristen, Katolik dan Islam. Dalam sebuah video yang bertajuk "Belajar Sholat Lagi Guys Semangat" di YouTube channel Sunnah Official menunjukkan Nathalie tengah mempelajari tata cara sholat setelah dirinya memeluk Islam. Saat belajar Nathalie mendapat bimbingan menghafalkan bacaan sholat bersama seorang guru.

6. Deddy Corbuzier

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@mastercorbuzier

Deddy Corbuzier telah memantapkan hatinya untuk memeluk agama Islam. Sebelumnya Deddy beragama Kristen yang kemudian tertarik untuk mempelajari agama Islam. Dilansir dari Liputan6.com Deddy sebelumnya mempelajari agama Islam bersama Gus Miftah, selain itu ia juga mengagumi sosok Cak Nun.

7. Dena Rachman

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@denarachman

Dena Rachman lahir dari keluarga muslim, dan dirinya pun mendapat panggilan untuk belajar dan mengenal agama Kristen. Berdasarkan ungkapannya dalam sebuah video pada akun YouTube Daniel Mananta Network, Dena mengaku sempat ateis hingga akhirnya percaya pada Tuhan. Dena Rachman mengaku merasakan kehadiran sang Khalik saat dirinya tengah liburan ke Los Angles, Amerika Serikat.

8. Rafael Tan

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instagram/@rafaell-16

Rafael lahir dari keluarga yang berbeda agama. Saat masih kecil Rafael mempelajari tiga agama sekaligus. Pagi pergi ke gereja, siang ke Vihara, dan sore ikut sholat maghrib di masjid. Meski demikian saat ini Rafael Tan beragama Kristen.

9. Reza Rahardian

Artis ini pernah belajar lebih dari satu agama © berbagai sumber

foto: Instaagram/@officiallpilarez

Sejak kecil Reza Rahardian mendapat pengetahuan agama Kristen sesuai yang dianut oleh ibunya. Saat kecil Reza juga rajin pergi sekolah minggu. Dari pengakuannya melalui video akun YouTube Daniel Mananta Network, ia saat ini telah memeluk Islam yang didasari kekuatan hati dan komunikasinya dengan Tuhan. Saat mengatakan keinginannya tersebut kepada ibunya, sang ibu pun merestui karena hal tersebut menjadi hak Reza.