Brilio.net - Menjangkit Indonesia sejak 2020 lalu, virus Covid-19 menjadi wabah yang masih terus diwaspadai. Virus ini tak pandang bulu menyerang siapa pun, mulai dari orang tua, remaja, hingga anak-anak.

Kondisi ini juga dialami oleh sederet selebriti. Perasaan cemas dan panik sempat dirasakan oleh mereka saat mengetahui buah hatinya yang masih kecil harus terpapar virus corona. Seperti yang baru-baru ini dialami oleh pasangan Hengky Kurniawan dan Sonya Fatmala.

Melalui akun Instagram pribadi, Sonya Fatmala sempat tak menyangka putra sambungnya, Bintang, bisa terpapar Covid-19. Pasalnya, selama ini sang putra paling jarang keluar rumah dan tidak mengalami gejala apapun.

"Padahal Ka bintang adalah orang yang paling jarang keluar rumah dan tidak bergejala ( pdhl adek adeknya yang lagi batpil). Yah begitulah ya kehidupan, terkadang tidak sesuai dengan apa yang kita pikirkan dan perkirakan," terangnya.

Beberapa seleb Tanah Air pun juga pernah mengalami perasaan sama. Siapa saja? Simak ulasannya di bawah ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (25/6).

1. Fanny Fabriana

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@fannyfabriana

Pada 24 Desember 2020, Fanny Fabriana dinyatakan positif Covid-19. Lalu dua hari setelah itu, hasil swab test anak pertamanya, Kimora, juga menunjukkan positif. Begitu juga dengan satu pekerja di rumah Fanny yang juga terpapar corona.

"24 Desember: aku dinyatakan positif, 25 Desember: satu rumah swab PCR, 26 Desember: Kimora dan satu pekerja positif Covid-19, yang lain negatif. Karena mama, Zacky, Kaiza, Dylan demam, jadi 28 Desember diulang swab PCR, 29 Desember: semua positif Covid-19," kata Fanny dari laman Instagram.

Saat itu, Fanny sekeluarga memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka isolasi mandiri selama kurang lebih dua minggu.

2. Zaskia Adya Mecca

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@hanungbramantyo

Beberapa waktu yang lalu, Zaskia Adya Mecca sempat dilanda panik saat kedua buah hatinya, Kana Sybilla Bramantyo dan Kala Madali Bramantyo dinyatakan positif Covid-19.

Dari penuturannya lewat laman Instagram, hal ini bermula ketika Sybil menunjukkan gejala demam dan pusing. Sampai hari Minggu, rupanya demam yang dirasakan Sybil belum juga reda. Tanpa pikir panjang, Zaskia pun memutuskan untuk mengajak Sybil dan seluruh anggota keluarganya menjalani tes swab antigen.

"Sabtu subuh Sybil pindah kamar ku ngeluh demam dan pusing hebat.. ku kasi obat. Minggu Sybil masih demam jadi ku putuskan Swab antigen, dia positif langsung serumah di swab.. keluarlah hasil positif lain di Kala, Syifa dan mba Ina..," papar Zaskia.

3. Wendi Cagur

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@wendicagur

Di momen ulang tahun istri Wendy Cagur, Ayu Natasya, pasangan ini harus merasakan kesedihan karena harus terpisah dari sang putri yang dinyatakan positif Covid-19. Tak hanya sang putri, ibu mertua, dan juga tiga orang asisten rumah tangga juga mengalami hal yang sama.

"Di saat kamu bertambah usia, di saat yang sama pula kita harus menerima putri kita tercinta Audie, mamah kamu, dan ketiga mbak kita positif covid. Tanpa gejala Alhamdulillah," terangnya dari laman Instagram.

Perasaan sesak pun dirasakan Wendy lantaran harus terpisah dengan sang buah hati. Oleh karenanya, di hari ulang tahun sang istri, ia berharap doa-doa baik bisa dipanjatkan tak hanya untuk sang istri, tetapi juga putri dan ibunda mertuanya.

"Tapi tetap saja terasa berat dan sesak di dada ketika kita terpaksa harus merasa terpisah meski dalam satu rumah. Semoga di saat ini bukan hanya orang mendoakan buat kebaikanmu. Tapi semoga juga banyak yang mendoakan untuk kesembuhan orang-orang tercinta kita," sambungnya.

4. Joanna Alexandra

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@joannaalexandra

Joanna Alexandra pun harus ikut merasakan kesedihan lantaran sang suami, Raditya Oloan, dan putra sulungnya terdiagnosa positif Covid-19. Tak ingin keluarga di rumah tertular, mereka pun akhirnya menjalani isolasi mandiri terpisah dari rumah utama.

"Senin subuh kita berdua dipersatukan lagiii satu kamar karena turns out hasil PCR aku positif juga. Dan mas Zera. Dan mbak2ku dan supirkuu... (PUJI TUHAN kakak zoey cantik dan ziona cikidut dan kedua orangtuaku negatiffff). Langsung pisah rumah," ucapnya, dilansir dari laman Instagram.

Namun karena kondisi yang tak kunjung membaik, Joanna memutuskan untuk isolasi di Wisma Atlet. Hingga pada hari Sabtu, mama dan putri bungsunya, Ziona menyusul terdiagnosa positif Covid-19.

"Suatu sore di RSDC Wisma Atlet Kemayoran. Jdi hari sabtu kemarin, hasil PCR mamaku dan Ziona positif. Langsunglah berangkuut minggu subuh ke wisma atlet.. So in total, di rumahku dan rumah mama ada 10 orang yg positif... puji Tuhan papaku sehaaat dan Zoey juga negatif," imbuhnya.

Cobaan yang dirasakan oleh Joanna datang silih berganti. Setelah keluarga dan buah hatinya dinyatakan negatif, ia harus mengalami kesedihan mengetahui suami tercintanya berpulang ke pangkuan Tuhan pada 6 Mei 2020.

5. Aura Kasih

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@aurakasih

Anak Aura Kasih dengan Eryck Amaral, Arabella, juga sempat dinyatakan positif Covid-19. Mulanya, Aura Kasih yang lebih dulu dinyatakan positif Covid-19 karena tertular dari temannya. Hingga akhirnya, ia memutuska tes PCR untuk semua orang di rumahnya, termasuk putrinya.

" Ternyata Bella juga kena sama baby-sitter. Which is hari itu dia cium-cium anak gue saat batuk (gue aja kalau lagi flu batuk gak berani tidur bareng anak)," tulis Aura Kasih di akun Instagram.

Kesedihan begitu dirasakan oleh Aura mengetahui putrinya mengalami gejala demam yang cukup tinggi. Bersamaan dengan itu, ia juga haru berpisah sementara karena kondisinya yang semakin turun akibat virus corona.

"Demam bella sampai 40 dan akhirnya kita isolasi karena kondisi kita parah akhirnya pisah rumah dan Bella dijaga pembantu sama bapak gue. Alhamdulillah better dari hari ke hari, mulai bisa makan dan akhirnya bisa bareng anak lagi setelah satu mingguan lebih," imbuhnya.

6. Hengky Kurniawan

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@sonyafatmala

Dan baru-baru ini, terjadi pada putra sulung Hengky Kurniawan, Bintang Pratama. Hal tersebut diungkap oleh istri Hengky, Sonya Fatmala. Kendati harus menjaga jarak sementara waktu, namun ia bersyukur. Pasalnya, Bintang termasuk pasien tanpa gejala, sehingga cukup menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Allhamdulillah tanpa gejala, anaknya juga masih ceriaa dan makan nya bagus.. saat ini isoman dikamar nyaa. Bismillah segera negatif kembaliii yaa.. dan gak tambah kasus positif lagi untuk kita semuaaa," ungkapnya.

7. Juliana Moechtar

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@julianamoechtar

Kedua anak Juliana Moechtar, Hafuza Dhamiri Herman dan Hisyan Quraisy Herman sempat dinyatakan terpapar Covid-19 pada Januari 2021 lalu. Menurut Juliana, kedua anaknya terinfeksi Covid-19 diduga terpapar dari adik iparnya.

"Kaget juga pas lihat hasilnya. Jadi aku berpikirnya kena dari mana, ternyata adik ipar aku positif. Untungnya mereka tak mengalami gejala serius, hanya panas, tapi masih beraktivitas seperti biasa," tuturnya dilansir dari Kapanlagi.com.

Kini, kedua anaknya telah dinyatakan sembuh, setelah menjalani isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Ditambahkan, kesembuhan kedua anaknya tak lepas dari doa anak-anak yatim dan duafa.

"Alhamdulillah berkat doa dari para anak yatim diberikan kemudahan, keringanan menghadapi masalah yang terjadi. Beberapa minggu lalu anak-anak dinyatakan Covid dan isolasi mandiri hampir 14 hari dan alhamdulillah sudah dinyatakan sembuh," kata Juliana Moechtar.

8. Inul Daratista

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@inul.d

Pedangdut Inul Daratista mengaku sempat terpapar Covid-19. Tak hanya dirinya, suami dan anaknya juga sempat mengalami positif Covid-19 pada Januari lalu.

"Iya kemarin saya bersama suami dan anak pernah kena Covid-19," ujar Inul Daratista, dilansir dari Liputan6.com.

Perasaan khawatir dan takut sempat dirasakan Inul kala itu. Ia pun memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah. Untungnya, virus tersebut tidak bertahan lama di keluarga Inul.

"Baru selesai kena dua mingguan lalu lah. Jadinya ya saya sendiri masih belum berani dekat-dekat orang banyak. Termasuk orangtua sendiri," ujar Inul Daratista.

9. Imam Darto

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@imamdarto

Presenter Imam Darto juga turut membawa kabar mengejutkan mengenai kondisi dirinya dan putra pertamanya, Zafa Alano Hendarto yang terpapar Covid-19.

Di tengah masa isolasi, anaknya yang akrab disapa Zafa ini memberikan pertanyaan yang tak terduga kepada Imam Darto perihal virus Covid-19. Dalam obrolan tersebut, Zafa dengan polosnya mengira jika Tuhan menyakiti umatnya lewat virus Covid-19.

"Kita kan tidak boleh nyakitin orang, tapi Allah kok nyakitin kita? Corona kan ciptaan Allah," ucap anak berusia 10 tahun itu.

Mendengar pertanyaan sang anak, Darto pun lantas memberikan jawaban yang mudah dipahami oleh anaknya. Dikatakan Darto, virus Covid-19 merupakan ujian dan tantangan kepada seluruh manusia yang ada di dunia.

"Corona ciptaan Allah, tapi tujuannya bukan untuk nyakitin. Sebagai ujian. Kamu tahu ujian? Kamu, dengan corona ini kuat atau nggak? Sabar atau nggak. Apakah dengan corona ini kamu malah jadi orang yang suka marah-marah, salahin orang, Allah, atau kamu jadi orang yang sabar?" terangnya.

10. Nirina Zubir

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@nirinazubir_

Meski hanya gejala ringan, keluarga Nirina Zubir harus melakukan isolasi mandiri karena terpapar Covid-19. Termasuk dua buah hatinya, Zivara dan Elzo

"Kami satu keluarga ini, kami positif Covid-19. Kami isolasi mandiri di rumah, dengan sudah melapor ke RT, kelurahan, dan kami dipantau oleh dokter dari Jakarta Barat. Dan setiap harinya keadaan kami sih makin membaik," ujar Ernest dalam video yang diunggah di akun Instagram milik Nirina.

Dalam unggahan terbarunya, Nirina juga menjelaskan mengenai kondisi dan gejala yang ia alami. Jika Nirina mengalami demam dan pusing di hari ketiga, berbeda dengan buah hatinya yang hanya mengalami panas.

"Tapi kalau anak-anak Alhamdulillah-nya, sempat cuma panas satu hari, habis itu dikasih paracetamol, turun sudah normal kembali," tambahnya.

11. Ashanty

cerita seleb anak terpapar covid-19 © Instagram

foto: Instagram/@ashanty_ash

Istri dari Anang Hermansyah bersama tiga anaknya, Aurel Hermansyah, Azriel Hermansyah, dan Arsy juga sempat dinyatakan positif Covid-19.

"(Ashanty) tadi malam di PCR dan subuh tadi hasilnya positif Covid-19. Akhirnya semua di rumah check juga. Yang positif kaka Loly, Arsy dan Jiel," terang sang manajer.

Menyadari ketiga kakaknya dan sang Bunda menjalani isolasi mandiri, putra bungsu Ashanty dan Anang, Arsya, merasa sangat kesepian. Arsya bahkan mengatakan bahwa ia ingin ikut sakit agar bisa bersama dengan sang Bunda dan kakak tercinta.

"Sabar ya dek @arsya.hermansyah kasihan gak ada teman main sampai bilang adek juga mau sakit biar bisa sama bunda dan kakak," tulis akun sang asisten rumah tangganya, Suwarsiha.