Seorang publik figur tak melulu harus membeli sesuatu di mal, hal ini dilakukan oleh Ustaz Yusuf Mansur yang membeli sandal di pedagang keliling. Lewat video yang diunggah di IGTV, Yusuf Mansur tampak memberhentikan seorang pedagang sandal keliling. Ia lantas memilih dan mencoba sandal yang dijual oleh pedagang tersebut.

Seperti pembeli pada umumnya, Ustaz Yusuf Mansur mencoba satu persatu sandal yang dibawa pedagang untuk menentukan mana yang paling cocok di kakinya. Hal tersebut ia lakukan sambil menanyakan harga sandalnya.

Dilansir brilio.net dari Instagram @yusufmansurnew pada Jumat (26/2), setelah mengetahui harga sandal yang akan ia beli, Ustaz Yusuf Mansur pun menawar harga yang telah ditentukan oleh si pedagang. Alih-alih menawar dengan harga yang lebih rendah, ia justru menawar dengan harga yang lebih tinggi.

 

Yusuf Mansur tawar harga sandal © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@yusufmansurnew


"40 jadi 35? 50 aja...jadi 50 udah nih," kata ustaz pada pedagang sambil menyerahkan sandal pilihannya.

Sebelumnya, penjual sendal tersebut memberi harga Rp 40 ribu untuk sepasang sendalnya. Namun ditawar Rp 50 ribu oleh Ustaz Yusuf Mansur.

"jangan murah-murah, jual murah-murah kapan kayanya" ucap Yusuf Mansur kepada penjual.

Sang penjual pun menjawab, "Asal makan aja udah untung".

Menurut Ustaz Yusuf Mansur, jika membeli sesuatu di pedagang keliling dari kalangan orang kecil, sebagai pembeli yang memiliki uang lebih, justru harus menawar dengan harga yang lebih mahal agar pedagang tersebut merasa terbantu.

"nawar itu ke atas, jgn ke bawah. ke orang kecil, nawar itu hrs lbh mahal. jgn digencet," tulis Ustaz Yusuf Mansur dalam caption unggahan videonya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Yusuf Mansur (@yusufmansurnew)

 

Melihat Ustaz Yusuf Mansur menawar dengan cara yang tak biasa, warganet pun memuji aksi sang ustaz. Mulai dari publik figur hingga penggemar Ustaz Yusuf Mansur sendiri, mereka merasa kagum dengan aksinya saat menawar, karena dapat menginspirasi banyak orang untuk membantu pedagang kecil.

"Top Dah..! ," tulis @tungdesemwaringin.tdw

"Masya Allah Panutan ," sambung @adejigo

"MasyAllah bisa buat contoh, jangan gengsi beli djalanan, krn biarpun murah atau bukan branded tp ada rezeki yg mereka nantikan," timbal @anjanisofia1405

"Seandainya semua orang kaya berhati mulia seperti ustadz. Pasti bnyak pedagang kecil yang mulai naik tingkat. Kadang saya juga sedih, dagangan saya yang cuma untung seribu perak kadang ditawar lebih murah lima ribu perak oleh orang bermobil. Kan rugi," tulis @andreansaputra_real

"Vidio yg sederhana tapi penuh makna," tulis @dennyaprisani110490