Brilio.net - Meski dirinya tidak menganut agama Islam, bulan Ramadhan kali ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Sarwendah. Kepada anak-anaknya, tak terkecuali Betrand Peto, istri Ruben Onsu tersebut mengajarkan apa itu makna toleransi antarumat beragama.

Dalam unggahan video terbarunya di YouTube yang bertajuk 'Coretan Sarwendah - Mengajarkan arti puasa PENTINGNYA SALING MENGHORMATI', Sarwendah pun memberi pesan penting untuk Betrand Peto.

"Di bulan Ramadan tahun ini menjadi tahun pertama menjelaskan ke Koko tentang apa itu puasa. Dan kenapa kita harus saling menghormati. Itu harus dijelaskan ke anak-anak bagaimana menghormati keyakinan orang lain. Karena Koko banyak yang dia tidak mengerti tentang arti puasa itu apa," tulis Sarwendah di unggahannya, seperti dikutip brilio.net pada Rabu (6/5).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29) on

 

Pada awalnya, Sarwendah meminta bantuan pada Betrand Peto dan Thalia Putri Onsu agar menyiapkan sendiri kebutuhannya. Kemudian, ia bersama Ruben Onsu juga mengajak mereka untuk memasak menu berbuka untuk ART-nya.

Lalu, pada saat itulah Betrand pun bertanya, "Kenapa nggak mereka kerjakan sendiri bun? Kan kita nggak tahu mereka mau makan apa?"

Mendengar apa yang disampaikan putranya, Sarwendah pun mulai mengajarkan makna puasa Ramadan. "Yang kita siapkan itu takjil ya Koko. Makanan manis untuk mereka makan awal untuk batalin puasanya."

Namun, Betrand rupanya belum paham apa maksud sang ibunda. Menyadari hal tersebut, Sarwendah pun kembali menjelaskan.

"Jadi batalin itu setelah puasa full (seharian), mereka makan takjil lalu salat dulu. Lalu baru makan besar," papar Sarwendah.

Tidak berhenti sampai di situ, Sarwendah juga mengajarkan agar Betrand selalu mengucapkan selamat berpuasa untuk semua umat muslim yang ditemuinya.

"Iya, itu tandanya kita menghormati mereka-mereka yang berpuasa," katanya lagi.

Di akhir videonya, Sarwendah pun menuliskan pesan untuk orang-orang yang suka kepo soal agama dan keyakinannya.

"Sebenarnya apapun yang kami lakukan tidak mengubah keyakinan kami. Jadi teman-teman seimanku, jangan ada pertanyaan lagi dan keraguan lagi," ucapnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sarwendah29 (@sarwendah29) on

 

"Karena kalau kata suamiku, 'Diemin aja, kalau ada yang bahas agama atau iman kita. Iman kita itu di hati kita dan di pikiran kita, tidak perlu menjelaskan apa keyakinan kita. Doakan yang terbaik saja untuk mereka, jangan dibales-bales'. Kami mengajarkan anak-anak kami bagaimana bisa menghormati, menyayangi, dan menghargai sesamamu di mana kalian berada nanti karena di mata Tuhan kita sama," pungkasnya.