Brilio.net - Presiden Indonesia Joko Widodo memang dikenal kerap membagikan sepeda kepada siapapun yang mempunyai keberanian menjawab pertanyaannya. Tak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mendapat perhatian orang nomor satu di Indonesia ini agar diberi kesempatan mendapat sepeda.

Tradisi ini Jokowi lakukan dalam beberapa kegiatan, biasanya saat berkunjung ke sebuah daerah, kadang kala saat acara tertentu. Tentunya kegiatan ini membuat siapapun merasa dekat dan antusias terhadap acara tersebut.

Tak berbeda dengan para selebriti ini, bermula dari iseng mencoba, kelima selebriti ini bisa pulang membawa sepeda. Rasa senang itu bahkan mereka bagikan dalam media sosial masing-masing.

Tak sedikit dari selebriti ini yang merasa bangga dan terharu, terlebih dalam sepeda pemberian Pak Jokowi terdapat tulisan 'Hadiah Presiden Jokowi'. Penasaran dengan ceritanya?

Berikut lima seleb yang pernah mendapat sepeda dari Presiden Jokowi yang brilio.net rangkum dari beberapa sumber, Rabu (3/1).

1. Choky Sitohang

 

Terima kasih Bapak Presiden saya ngga di-pehape-in ?? @jokowi

A post shared by Choky Sitohang (@sitohangchoky) on

Pada bulan Februari 2017 yang lalu Choky dipercaya menjadi pembawa acara di sosialisasi tahap akhir amnesti pajak di JIEXPO. Bermodal iseng, Choky menyinggung Presiden Jokowi yang kerap membagikan sepeda kepada orang-orang.

Ternyata maksud hati Choky menyampaikan keinginan untuk dikasih sepeda oleh Pak Jokowi. Merespons guyon yang diberikan Choky, Presiden meminta Choky untuk menyebutkan lima nama ikan.

Awalnya Choky menjawab 'ikan salmon', namun Pak Jokowi meminta Choky mengganti jawabannya. Pasalnya ikan salmon bukan ikan khas Indonesia. Kemudian Choky menjawab 'ikan teri, ikan kembung, ikan mujair, ikan belida, dan lele'.

"Saya kira ikan terakhir ikan tongkol," jawab Jokowi bermaksud yang membuat acara tersebut penuh tawa. "Nanti ambil sepedanya di Istana," lanjut Pak Jokowi.

2. Raisa

sepeda dari Presiden Jokowi © 2018 brilio.net

foto: Twitter/@raisa6690

Pada perayaan Hari Musik Nasional 2017 yang banyak musisi yang di undang ke Istana Merdeka, tak terkecuali Raisa. Mulanya Jokowi mengundang Raisa untuk maju. Raisa diminta untuk memperkenalkan diri dan kemudian meminta Raisa menyanyikan sebuah lagu dan berjanji akan memberikan Raisa sebuah sepeda.

"Mungkin ini lagu Indonesia yang jadi favorit saya. Nggak nyanyi lagu galau kan Pak di sini," ujar Raisa. Kemudian Raisa menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dihadapan Presiden Jokowi. "Saya nggak dapat sepeda Pak?" sahut Raisa sambil tertawa.

3. Ita Purnamasari

sepeda dari Presiden Jokowi © 2018 brilio.net

foto: Instagram/@itadyahpurnamasari

Dalam acara yang sama, Presiden Jokowi melemparkan pertanyaan kepada musisi yang berada di Istana Negara untuk menyebut beberapa judul lagu daerah. Beberapa dari mereka memberanikan diri mengangkat tangan, salah satunya Ita Purnamasari. Kemudian Jokowi menunjuk Ita untuk maju dan menjawab.

"Bungong Jeumpa dari Aceh, Tak Tong Tong, Yamko Rambe Yamko, dan Rek Ayo Rek," jawab Ita sambil tersipu malu. Kemudian Jokowi meminta Ita menyanyikan satu lagu daerah. Atas keberaniannya, Ita membawa kartu nama Jokowi yang nanti dapat ditukarkan dengan sepeda.

4. Andre Hehanusa

sepeda dari Presiden Jokowi © 2018 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Tak kalah dari Raisa dan Ita, Andre juga mendapat kesempatan hadiah sepeda dari Jokowi. Andre diminta Jokowi untuk menyebutkan enam suku yang ada di Indonesia.

"Dayak, Batak Karo, Asmat, Haruku, Minahasa, dan Sunda," jawab Andre dengan tegas. Namun sebelum memberikan sepeda, Jokowi meminta Andre menyanyikan salah satu lagu kesukaannya berjudul Widuri.

5. Bimbo

sepeda dari Presiden Jokowi © 2018 brilio.net

foto: Istimewa

Dalam acara yang sama, Jokowi meminta tiga bersaudara Sam, Acil, dan Jaka 'Bimbo' untuk maju kedepan untuk menyanyikan lagu Sajadah Panjang. Bermodal iseng, Sam bergurau 'saya akan menyanyikan lagu Sajadah Panjang'.

"Berarti pulang dari sini kami bawa tiga sepeda ya, Pak," ucap Sam bergurau. Namun gurauan tersebut mendapat respons dari Presiden Jokowi yang memberikan ketiga sepeda.