Brilio.net - Asal-usul keluarga selebriti tak henti-hentinya menarik untuk diperbincangkan. Terlebih lagi bagi mereka yang diketahui merupakan anak dari sosok ternama seperti pejabat penting.

Walau orang tuanya berkedudukan tinggi, beberapa seleb ini menunjukkan kemampuannya hingga sukses dengan jalannya sendiri di dunia hiburan.

Mulai dari terjun sebagai artis peran, desainer, hingga penyanyi, mereka mampu meniti karier hingga sukses dikenal banyak orang. Sebut saja Sherina Munaf, sejak kecil ia sudah terjun sebagai artis cilik dan berhasil mendulang kesuksesannya sebagai seorang pemain film sekaligus penyanyi.

Sherina merupakan putri dari Triawan Munaf, yang tak lain merupakan Kepala Badan Ekonomi Kreatif pertama yang menjabat sejak 2015 hingga 2019. Namun ternyata masih ada deretan seleb lain yang ternyata bukan orang sembarangan karena merupakan anak menteri.

Berikut tujuh seleb yang merupakan anak menteri atau setingkat menteri, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (15/7).


1. Ardi Bakrie.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@ardibakrie

 

Suami dari aktris Nia Ramadhani ini diketahui merupakan putra bungsu dari Aburizal Bakrie. Seperti diketahui, selain jadi pengusaha ternama, Aburizal juga punya kiprah luar biasa sebagai menteri.

Pada tahun 2004, ia ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyusun kembali kabinetnya pada tahun 2005, Aburizal diangkat menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia.


2. Didit Prabowo.

seleb anak menteri © Twitter

foto: Twitter/@rizkyberkarya

 

Rayoga Hediprasetyo Djojohadikusumo atau akrab disapa Didit Prabowo ini dikenal sebagai desainer kondang. Ia merupakan putra tunggal dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto.

Saat ini, karya-karyanya rutin diperagakan di panggung Pekan Mode Paris. Karya rancangannya antara lain pernah dipakai oleh penyanyi Kanada, Carly Rae Jepsen, saat menghadiri MTV Video Music Awards 2013.

Sejumlah aktris Indonesia pun pernah memakai gaun-gaun rancangan Didit, salah satunya Anggun. Gaun adibusana karya Didit juga pernah dipublikasikan oleh majalah mode ternama, Vogue Inggris, di situs resminya.


3. Tania Nadira.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@tanianadiraa

 

Nama Tania Nadira mulai mencuri perhatian publik berkat pernikahannya dengan Tommy Kurniawan pada 2011 silam. Namun pernikahan Tania dan Tommy berujung pada perceraian hingga akhirnya ia menikah lagi dengan pria bernama Abdullah Alwi pada 26 Juli 2019 lalu.

Wanita kelahiran 10 Agustus 1991 ini merupakan putri dari Fadel Muhammad. Fadel Muhammad menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009. Tak banyak yang tahu, Tania juga merupakan sepupu dari Tasya Farasya.


4. Sabian Tama.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@wishnutama

 

Sabian Tama kini menjadi sosok yang begitu diidolakan. Mantan kekasih selebgram hits Awkarin ini memang diketahui bukan dari keluarga sembarangan.

Sabian merupakan putra sulung dari Wishnutama yang merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju (2019–2024). Namun pada 22 Desember 2020, Wishnutama direshuffle oleh Presiden Jokowi dan posisinya diganti oleh Sandiaga Uno.


5. Ami Gumelar.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@ami_gumelar

 

Ami Gumelar dikenal sebagai istri dari sang legenda bulu tangkis Taufik Hidayat. Ami adalah putri dari Agum Gumelar.

Agum Gumelar pernah menjabat sebagai Menteri Perhubungan Kabinet Persatuan Nasional (1999–2000), Menteri Perhubungan dan Telekomunikasi Kabinet Persatuan Nasional (2000–2001), Menteri Koordinator Politik, Sosial dan Keamanan Kabinet Persatuan Nasional (2001) dan Menteri Perhubungan Kabinet Gotong Royong (2001–2004).


6. Aliya Rajasa.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@ruby_26

 

Sebagai istri dari Edhie Baskoro Yudhoyono sekaligus menantu SBY, Aliya Rajasa tak pernah lepas dari sorotan publik. Aliya merupakan putri dari Hatta Rajasa.

Hatta Rajasa pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi Kabinet Gotong Royong (2001-2004), Menteri Perhubungan Kabinet Indonesia Bersatu (2004-2007), Menteri Sekretaris Negara Kabinet Indonesia Bersatu (2007-2009) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu II (2009-2014).


7. Sherina Munaf.

seleb anak menteri © Instagram

foto: Instagram/@sherinasinna

 

Berkiprah sebagai artis sejak kecil, Sherina merupakan anak dari Triawan Munaf. Ayah Sherina menjabat sebagai Kepala Badan Ekonomi Kreatif setelah resmi dilantik oleh Presiden Jokowi pada 26 Januari 2015.

Ia menjadi pimpinan yang pertama pada lembaga setingkat kementerian tersebut. Badan Ekonomi Kreatif adalah sebuah lembaga negara baru yang dulunya merupakan bagian dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.