Brilio.net - Presenter Deddy Corbuzier baru saja menjadi mualaf pada Jumat (21/6) lalu di Pesantren Ora Aji, Yogyakarta milik Gus Miftah. Seminggu menjadi mualaf, Deddy Corbuzier mulai buka-bukaan tentang perubahan yang terjadi dalam hidupnya usai memeluk islam.

Dalam video yang diunggahnya di akun YouTube-nya, Sabtu (29/6) Deddy membagikan momen ngobrol bersama Gus Miftah.

Banyak persoalan yang dibahas oleh Deddy bersama Gus Miftah. Obrolan kedua sahabat ini mengalir dan penuh dengan canda tawa.

"Sekarang bahasa persahabatan gua sama dia manggilnya kadang-kadang di WA itu Ahmad," kata Gus Miftah. Mendengar ini, Deddy langsung tersenyum.

Lewat video tersebut, ayah satu anak itu juga mengatakan bahwa dirinya sudah menemukan kenyamanan dalam hidup.

"Mungkin lebih terbuka tentang Islam yang indah. Lebih nyaman, hati lebih nyaman," ungkap Deddy.

Pria kelapa plontos ini juga sangat bersyukur bisa mengerti Islam yang mengajarkan kebaikan terhadap manusia.

Selain kesannya setelah menjadi mualaf selama seminggu, ada tiga hal yang dibuka oleh Deddy Corbuzier dalam video tersebut? Apa saja? Dilansir Brilio.net dari akun YouTube-nya, Minggu (30/6), yuk kita simak.

1. "Lo-nya mualaf, Azkanya gimana?"

deddy corbuzier sunat © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@azkacorbuzier

Pertanyaan yang sering muncul adalah nasib Azka setelah ayahnya menjadi Mualaf.

"Nah Azka, gua akan mencontohkan yang baik. Masalah dia nanti jadi muslim Alhamdulillah, tapi kalau nggak, gua nggak bisa apa-apa karena dia udah akil baliqh," jawab Deddy.

Gus Miftah sendiri tidak menyarankan untuk memaksa Azka masuk islam.

"Allah maha demokratis, nggak maksa, yang mau beriman silakan, yang nggak silakan. Maka konsepnya adalah tidak ada paksaan di dalam beragama, apalagi konteksnya si Azka sudah dewasa. Lo ajak, kasih contoh, kalau dia terima ya Alhamdulillah, nggak ya pilihan sendiri," kata Gus Miftah.

2. "Pecinya mana, sarungnya mana?"

deddy corbuzier sunat © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@deddycorbuzier

Setelah menunaikan salat Jumat, Deddy sempat mendapat pertanyaan tentang busana yang dia kenakan. "Sekali lagi, yang namanya peci itu budaya, sarung itu budaya," jawabnya.

Gus Miftah sendiri mengatakan bahwa yang penting aurat tertutup. Tapi Gus Miftah juga mengingatkan untuk mempertimbangkan nilai estetika.

"Begitu lo salat pakai sarung saja, nggak pakai baju, malaikatnya nanti teriak woow," candanya. Dia juga mengingatkan untuk tidak terbebani tentang pakaian saat beribadah.

3. "Si Deddy itu sudah sunat belum?"

deddy corbuzier sunat © 2019 brilio.net

foto: YouTube/@deddycorbuzier

Menjawab pertanyaan ini, Deddy sendiri mengatakan sudah sunat karena aspek kesehatan.

"Azka aja dari dulu udah dimintain (untuk sunat)," jawabnya.

Sempat terjadi momen lucu karena Gus Miftah menolak untuk melihat secara langsung jawaban dari pertanyaan itu. "Gua ngeri ngelihat kayak gitu," tegas Gus Miftah.