Brilio.net - Tak sedikit artis Tanah Air yang memutuskan untuk meninggalkan hiruk pikuk Jakarta dan memilih untuk menetap di Bali. Salah satunya seperti, Ayudia Bing Slamet dan sang suami, Ditto Percussion. Setelah melahirkan Sekala di Bali, Ayudia dan Ditto merasa bahwa Bali merupakan salah satu tempat tinggal impian mereka. Maka, pada awal 2021 lalu Ayudia dan Ditto memutuskan untuk menetap di Bali.

Memutuskan pindah ke Bali, Ditto dan Ayu diketahui sudah membangun sebuah hunian yang nyaman. Rumah baru mereka tampak memukau dengan gaya industrial. Berbeda dengan rumah sebelumnya yang cenderung berukuran kecil dan minimalis, rumah barunya ini memiliki luas yang lebih besar dan sering dinilai Instagramable. Di balik semua itu, rumah ini terlihat sangat nyaman dan asri dengan banyak sentuhan tanaman.

Penasaran seperti apa cara Ayudia mendesain huniannya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Sabtu (18/9).

1. Usung konsep Industrial.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Instagram/@dittopercussion

Mengusung konsep industrial, rumah Ayudia Bing Slamet dan Ditto dibangun setinggi 7 meter dan terdiri dari beberapa tingkat. Seperti konsep industrial pada umumnya, pemilihan warnanya tidak jauh dari warna abu-abu dan dipercantik dengan material besi di beberapa sisinya. Ciri khas tersebut tampak jelas pada pemilihan pagar depan yang mana menggunakan pagar besi dengan jaring-jaring.

Rumah dengan konsep industrial memang sangat diminati karena tampilan yang apa adanya. Maksudnya adalah konsep dari desain ini sendiri biasanya tidak membutuhkan cat finishing pada bagian dinding, sehingga dinding akan tampil apa adanya.

2. Membuat kolam renang kecil.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Instagram/@dittopercussion

Salah satu bagian yang paling menarik dari rumah Ayudia dan Ditto di Bali adanya kolam renang mini yang memang khusus mereka bangun. Biasanya, kolam renang di rumah akan dibangun cukup besar untuk seluruh anggota keluarga. Namun, Ayudia dan Ditto memilih membuat kolam renang mini yang hanya bisa digunakan satu hingga dua orang sekaligus.

Ternyata, ada alasan tersendiri dari pembuatan kolam renang mini ini. Konsep dari kolam renang ini sengaja dibuat cross current atau seperti treadmill, tetapi dengan aktivitas berenang. Mereka berkata bahwa kolam renang di rumah tidak harus besar, namun hal terpenting yakni bisa mencakup fungsi yang dibutuhkan untuk olahraga. Selain untuk cross current, Sekala juga bisa bermain di kolam renang mini ini.

3. Kompor yang menyatu dengan meja makan.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: YouTube/#temantapimenikah

Bagian unik dari area dapur milik Ayudia dan Ditto adalah meja makan dengan konsep kitchen island yang tertanam kompor listrik di atasnya. Kompor tersebut dibuat menyatu supaya Ayudia lebih mudah memasak dan menyajikan hidangan sembari menonton televisi.

Belum lagi ada banyak rak penyimpanan bahan dan alat masakan. Dengan konsep ini, maka bisa menjadi tips tersendiri untuk menghemat ruangan.

4. Memilih warna senada untuk sofa dan karpet.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Youtube/Febby Rastanty

Tepat di depan area dapur terdapat ruang keluarga. Di sinilah tempat keluarga kecil Ayudia dan Ditto bersantai serta bermain bersama. Ada sebuah sofa besar yang terisi di sana dan TV untuk menonton. Sebagai tambahan, ada bean bag juga yang disediakan di ruangan ini.

Menariknya, warna dari karpet dan sofa yang dipilih senada, yaitu sama-sama berwarna krem. Dengan mengaplikasikan warna krem, ruang tamu bisa terkesan lebih luas. Supaya lebih maksimal, bisa gunakan aneka furnitur yang space saving dan multifungsi.

5. Ruang kerja yang menghadap langsung dengan pemandangan.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Youtube/Febby Rastanty

Ruang kerja milik Ayudia dan Ditto ini cukup luas dan biasanya digunakan untuk edit video. Para timnya juga menggunakan ruang kerja ini. Bila terasa penat saat kerja, meja kerjanya pun dibuat berhadapan langsung dengan pemandangan yang indah di depan.

6. Membuat ruang olahraga khusus.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Instagram/@dittopercussion

Memiliki hobi berolahraga membuat Ayudia dan Ditto punya ruangan khusus untuk gym. Ruangan ini merupakan area yang paling sering ditemukan di Instagram mereka berdua. Ruangan tersebut sangat lengkap dengan peralatan gym yang ada, seperti sepeda elektrik, treadmill, gym ball, dan sebagainya.

7. Membuat taman.

cara Ayudia Bing Slamet mendesain huniannya dari berbagai sumber

foto: Instagram/@ayudiac

Ayudia dan Ditto memanfaatkan lahan kosong samping rumah dan disulap menjadi taman yang sering digunakan nongkrong. Untuk alasnya, mereka memilih menggunakan rumput sintetis dan disediakan bean bag untuk bersantai. Selanjutnya, beberapa tanaman juga tampak menghiasi area taman tersebut sehingga terlihat teduh dan asri.