Brilio.net - Beberapa hari terakhir, sosok Salmafina Sunan tengah menjadi perbincangan publik. Kabar dirinya berpindah agama menjadi penyebab perempuan berusia 19 tahun itu menjadi sorotan. Kabar tersebut semakin rumit setelah ayah Salmafina, Sunan Kalijaga mengungkapkan penyesalannya telah menikahkan Salma dengan Taqy Malik.

Seperti diketahui, Salmafina menikah dengan hafiz yang juga pengusaha tersebut pada September 2017 silam. Pernikahan tersebut cukup mengejutkan publik, pasalnya Salma terbilang masih sangat muda, yakni 18 tahun. Namun, pada akhirnya pernikahan mereka tak bertahan lama, yakni hanya berlangsung kurang lebih tiga bulan.

Lantas apa sebenarnya yang membuat Taqy Malik memutuskan untuk berpisah dengan Salma? Dilansir brilio.net dari kapanlagi.com, Selasa (16/7), Taqy Malik membeberkan tiga inti permasalahan rumah tangganya dengan Salmafina yang berujung pada perceraian. 

Penjelasan tersebut ia sampaikan dalam sebuah acara talkshow di stasiun televisi swasta yang tayang pada Desember 2017 lalu. Menurutnya, Salmafina telah melanggar syariat.

"Waktu talak pertama, Taqy kasih kesempatan Alma untuk berubah kala itu. Tapi ke sini-sini, ternyata enggak ada niat untuk berubah. Malah tambah parah dari sebelumnya, sudah melanggar syariat," terang Taqy dalam talkshow yang diunggah ke YouTube.

Loading...

Awal mula perkenalan Taqy dengan Salma memang berlangsung sangat cepat. Pada saat itu, Taqy sudah mengetahui bahwa Salma telah berhijab sesuai dengan ajaran agama. Menurutnya, sebelum menikahi Salma, Taqy menanyakan kepada Salma apakah mau dibimbing atau tidak.

"Taqy tahu ini tantangan berat Taqy mengubah seseorang dari masa lalunya kurang baik menjadi lebih baik. Cuman di posisi Taqy menikahi Alma, ia sudah tiga bulan berhijrah. Taqy sebelum menikah, sudah berkumpul dengan keluarga dan menanyakan ingin dibimbing atau enggak. Kalau mau katakan iya, maka pernikahan akan kita lanjutkan, tapi kalau belum siap enggak usah. Alma mengatakan iya, dan Taqy sudah berusaha kala itu menasihati dengan cara yang halus, cara yang tegas. Dan itu sudah melalui proses yang panjang," papar Taqy Malik.

Lebih lanjut, Taqy semakin yakin untuk menceraikan Salmafina karena merasa sang mantan istri kerap mengumbar masalah rumah tangga ke publik. Hal ini jelas jauh berbeda dari komitmen awal saat Salma bersedia dibimbing oleh sang mantan suami.

"Kalau siap dibimbing, nurut lah. Ada orang yang dia enggak nurut, kalau dia enggak nurut tapi juga melawan. Kalau diingetin dia (bilang) apose (bahasa gaul untuk kata apa--red). Taqy sudah berusaha sabar, dan ia mengumbar aib rumah tangga. Enggak cuma sekali, tapi berpuluh-puluh kali. Bukan hanya aib, tapi juga kejelekan suami diumbar di hadapan publik," cerita Taqy Malik.

Kini, semenjak isu perpindahan agama Salmafina mencuat ke publik, Taqy Malik memilih untuk tak berkomentar apapun. Ia diketahui tengah fokus mengelola bisnisnya. Pria berusia 22 tahun itu telah memiliki berbagai lini usaha, mulai dari kuliner sampai travel.

RECOMMENDED BY EDITOR