Brilio.net - Shindong Super Junior merupakan idol yang cukup terkenal di kalangan pecinta K-Pop. Ia juga dikenal sebagai satu-satunya idol K-Pop yang bertubuh subur, sehingga cukup mudah orang mengenali dirinya. Hal itu pun menjadi ciri khas Shindong sejak pertama kali debut 13 tahun lalu.

Meski ia terkesan cuek dengan penampilannya, namun sebagai seorang terkenal ia tetap harus menjaga penampilannya. Pria berusia 34 tahun ini bertekad kuat untuk menguruskan tubuh dengan mengunjungi sebuah klinik. Dalam tiga bulan, Shindong sukses turun berat badan sampa 31 kg dan bersedia membagi kisahnya.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

# #

A post shared by SHIN DONG (@earlyboysd) on

 

Penampilannya itu pun membuat banyak orang kagum, bagaimna bisa ia melakukan hal itu. Seperti yang diketahui menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah, banyak yang harus dilakukan dan tak sedikit pula yang gagal melakukannya. Melihat perubahan Shindong Suju membuat banyak orang bertanya-tanya apa rahasia Shindong hingga bisa menurunkan berat badannya 31 tahun.

Berikut ini beberapa tips diet Shindong Suju yang bisa turunkan berat badan hingga 31 kg seperti yang dilansir brilio.net dari liputan6.com, Senin (17/2).

 

1. Makan porsi sama saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Instagram/@earlyboysd © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@earlyboysd

Dari wawancara radio, Shindong mengungkap metode diet ekstrem yang dijalaninya. Ia mengatakan selalu menimbang berat badan dua kali sehari yaitu pagi dan malam untuk memastikan programnya berjalan sesuai rencana. Shindong mengatakan bahwa dirinya selalu makan dengan porsi yang sama.

"Kamu harus makan jumlah makanan yang sama saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Aku turun berat badan ketika tidur. Turun berat badan di pagi hari sangat penting, mempertahankannya dan turun lagi besok hari, mempertahankannya, dan terus seperti itu," ungkap pemilik nama asli Shin Dong Hee itu, dilansir dari Kpopstarz, Minggu, 16 Februari 2020.

 

2. Atur pola tidur yang sehat. 

Instagram/@earlyboysd © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@earlyboysd

Tak hanya itu saja, mengatur pola tidur juga menjadi salah satu hal yang ia lakukan. Dengan pola tidur yang sehat, ia pun berhasil menurunkan berat badannya.

"Tapi aku tidur cepat dan bangun cepat. Aku tidur sekitar pukul 11 malam dan bangun pukul 7 pagi. Mereka bilang penting untuk tidur paling tidak delapan jam. Ada baiknya ada jeda lima jam di antara sarapan, makan siang, makan malam, dan tidur," lanjut Shindong.

 

3. Menghindari olahraga

Instagram/@earlyboysd © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@earlyboysd

Ada hal yang cukup menarik dari Shindong Suju, yakni menghindari olahraga. Jika biasanya banyak orang menganjurkan olahraga agar bisa menurunkan berat badan, maka berbeda halnya dengan Shindong Suju. Shindong mengaku tidak mau melakukannya dan justru menghindarinya.

"Aku memang sengaja menghindari olahraga, aku ingin menunjukkan pada orang-orang kalau kita juga bisa turun berat badan tanpa olahraga. Kita bisa turun lebih cepat jika kita olahraga tapi orang-orang curiga jika aku turun terlalu cepat," ungkapnya.

 

4. Tetap sibuk bekerja agar orang tahu kalau ia tidak mengambil jalan pintas untuk menurunkan berat badan. 

Instagram/@earlyboysd © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@earlyboysd

Agar dirinya tidak terlihat mengambil jalan pintas, Shindong menyibukkan diri dengan bekerja. Menurut pria yang sudah bergabung dengan Super Junior sejak 2005 ini, banyak orang di industri hiburan menjalani diet.

"Mereka akan istirahat sebentar dan kembali tampil setelah turun berat badan tapi orang akan curiga pada mereka. Aku sengaja tampil dalam acara siaran setiap hari. Aku ingin menunjukkan kepada mereka bahwa aku turun berat badan setiap hari dengan cara yang alami," jelas Shindong.