Brilio.net - Meraih kesuksesan merupakan buah dari usaha dan kerja keras. Tak jarang, seseorang harus melalui rintangan yang tidak mudah hingga harus gagal berkali-kali sebelum akhirnya berhasil sukses.

Begitu pun halnya dengan para musisi Tanah Air. Sebelum tenar seperti sekarang, musisi-musisi Tanah Air berikut ini sudah merasakan jatuh bangun di industri musik Indonesia.

Perjuangan meraih kesuksesan pun mereka mulai dari nol. Ya, meski kini bayaran sekali manggung para musisi ternama ini bisa mencapai jutaan rupiah, siapa sangka jika dulu mereka mendapat bayaran yang tidak seberapa.

Lalu berapa besar honor tujuh band Indonesia saat pertama kali manggung? Yuk simak informasinya yang sudah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (7/6).

1. Ungu.

Loading...

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@ungu_band

Band yang beranggotakan Pasha, Makki, Enda, Onci, dan Rowman ini merupakan salah satu band yang disegani di industri musik Tanah Air. Setiap lagu yang mereka rilis selalu sukses jadi lagu hits. Band yang sudah berdiri sejak 1995 ini pun memiliki banyak penggemar di seluruh Indonesia.

Namun di awal kemunculannya Ungu ternyata sempat mendapat bayaran sebesar Rp 50 ribu untuk satu kali manggung pada tahun 1999 silam. Jumlah bayaran itu pun dibagi rata dan masing-masing personel mendapat bagian bersih sebesar Rp 5 ribu. Selain mendapat bayaran yang cukup rendah, Ungu juga pernah merasakan tampil tanpa dibayar, lho.

2. Shaggydog.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@shaggydogjogja

Grup band asal Yogyakarta satu ini merupakan salah satu band Tanah Air yang sudah berkiprah hingga Internasional. Band beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo ini kerap tampil di beberapa acara festival musik di berbagai negara termasuk Amerika Serikat.

Kesuksesan band bergenre ska dan reggae ini tidak didapatkan dengan mudah. Berawal dari keisengan Heru cs untuk tampil pada acara 17 Agustus di tahun 1997, Shaggydog pernah mendapat bayaran sebesar ratusan ribu saat pertama kali manggung.

"Ya sekita 200 sampai 250 ribuan. Dulu kita juga kan ada backing vokal, ada saksofon juga. Ya itu dibagi-bagi. Ya sisanya dua batang (rokok) lah, sama karet gelang," kenang Heru seperti dikutip brilio.net dari kapanlagi.com.

3. D'MASIV.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@dmasivbandofficial

Pertama kali dibentuk pada 2003, kini D'MASIV menjadi salah satu band papan atas Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan mereka memenangkan kompetisi musik A Mild Live Wanted pada tahun 2007.

Band yang namanya semakin melambung dengan lagu 'Cinta Ini Membunuhku' ini ternyata juga pernah mendapat bayaran berupa nasi bungkus di awal kemunculannya. Bayaran uang yang pertama kali mereka dapatkan saat tampil di sebuah pensi pun tidak seberapa.

"Bayaran pertama kita main di pensi, kebetulan di sekolah gua sendiri. Gua menawarkan, 'gua punya band nih, tapi minta bayaran'. Itu dibayar 150 ribu. Terus manggung yang kedua dibayar 500 ribu," ujar Rian yang dikutip dari kapanlagi.com.

4. Seventeen.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@seventeenbandid

Grup band ini sempat menjadi perhatian publik pasca turut menjadi korban tsunami yang menerjang kawasan Anyer, Banten pada akhir tahun 2018 lalu. Dari empat personel, tiga diantaranya harus meregang nyawa ketika manggung dan menyisakan satu personel yang berhasil selamat yaitu sang vokalis Riefan Fajarsyah atau Ifan.

Tentu banyak kenangan yang tertinggal dari grup band yang terbentuk di Yogyakarta pada tahun 1999 tersebut. Salah satunya adalah cerita menarik saat pertama kali manggung. Saat itu, mereka hanya dibayar sebesar Rp 75 ribu untuk tampil di sebuah acara ulang tahun.

5. Naif.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@naifband

Terbentuk pada 1995 di Jakarta, band beranggotakan David, Emil, Jarwo, dan Pepeng ini termasuk salah satu band yang juga merasakan jatuh bangun di industri musik Tanah Air. Kini band yang kerap tampil dengan gaya khas saat manggung ini sudah menjadi musisi papan atas Indonesia dengan 11 album.

Akan tetapi di awal perjalanan kariernya, Naif juga pernah merasakan masa ketika meraka hanya dibayar dengan nasi bungkus atau dengan bayaran yang tidak sesuai. Dari hanya dibayar dengan nasi bungkus kemudian naik dibayar beberapa ratus ribu rupiah hingga ditipu kini menjadi pembelajaran dan kenangan menarik bagi David cs.

6. RAN.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@ranforyourlife

Grup musik yang terdiri dari Rayi, Asta, dan Nino ini terbentuk pada tahun 2006. Namanya kian dikenal setelah merilis lagu 'Pandangan Pertama'. Kini RAN telah sukses menjadi musisi dan produser musik ternama di belantika musik Indonesia.

Meski begitu, RAN juga tidak luput dari masa-masa sulit di awal kemunculannya. Mereka mengaku pernah hanya mendapat bayaran berupa nasi kotak dan uang sebesar Rp 100 ribu untuk masing-masing personel.

7. Sheila On 7.

bayaran band pertama manggung © 2019 Instagram-foto: Instagram/@sheilaon7

Siapa sih yang nggak kenal sama band asal Yogyakarta ini? Terbentuk pada 1996, Sheila On 7 kini sudah menjadi salah satu band Indonesia paling terkenal dengan penggemar di seluruh Indonesia.

Lagu-lagu band yang beranggotakan Eross, Duta, Brian, dan Adam ini selalu sukses memanjakan telinga masyarakat Indonesia. Sebelum mencapai puncak ketenaran, Sheila On 7 juga pernah mengalami jatuh bangun. Bahkan mereka sempat dibayar hanya sebesar Rp 7 ribu. Saat itu Duta cs tampil di daerah Magelang untuk acara ulang tahun teman Anton (eks drumer). Mereka pun mendapat bayaran sebesar Rp 7 ribu untuk membayar ongkos taksi pulang ke Yogyakarta.

RECOMMENDED BY EDITOR