Brilio.net - Penyebaran virus Corona atau COVID-19 terus menjadi perhatian dunia. Berbagai cara diupayakan pemerintah untuk mengurangi tingkat penyebaran virus yang menjangkit banyak orang. Di Indonesia, jumlah pasien positif virus Corona semakin bertambah sejak awal Maret. Berdasarkan data yang dirilis pemerintah hingga Minggu (22/3) jumlah pasien yang positif COVID-19 mencapai 514 kasus.

Untuk mengurangi penyebaran virus Corona, pemerintah mengimbau masyarakat agar melakukan social distancing dengan memberlakukan Work From Home (WHF) dan menggunakan masker ketika harus bepergian dari rumah. Mengenai hal ini, kemudian masyarakat berbondong-bondong mendatangi apotek dan toko untuk membeli masker. Tetapi, permintaan yang terus meningkat membuat masker kian susah didapatkan.

Kondisi ini tentu saja mendapat perhatian dari berbagai masyarakat, tak terkecuali selebriti Tanah Air. Ibu dari Al, El, Dul ini kemudian berinisiatif untuk membuat masker sendiri di rumah. Hal itu diungkapkan Maia melalui akun Instagram pribadinya.

Loading...
2 dari 2 halaman


Maia mengaku jika keputusannya untuk membuat masker sendiri agar pasokan masker bisa disalurkan terlebih dahulu ke Rumah Sakit yang lebih membutuhkan. Ia pun membuat masker yang bisa dipakai berulang sehingga lebih praktis dalam penggunaannya.

Maia bikin masker sendiri
instagram/maiaestiantyreal


"Pusing cari masker? Bikin sendiri buat yg di rumah. Supaya pasokan masker yang ada bisa ke RS dulu... Gw bikin yg bisa cuci," tulis Maia Estianty.

Maia juga memberikan langkah-langkah sederhana dalam pembuat maskernya, yaitu menyiapkan kain cotton drill kemudian menumpuknya menjadi dua lapisan, dan disatukan dengan dijahit. Ia menyarankan untuk membuatnya dalam jumlah yang banyak agar bisa menjadi cadangan ketika masker yang lain sedang dicuci. Ketika masker kotor bisa langsung dicuci menggunakan deterjen ataupun cairan disinfektan.

"Caranya : dari kain cotton drill (karena seratnya rapet, jadi kalau dilihat di lampu nggak tembus pandang...) tumpuk dua, dijahit bolak balik. Bikin banyak aja sekalian...abis itu cuci ama disinfektan ato deterjen...Bersih, pakai," tulisnya.

Istri dari Iwan Mussry juga mengimbau masyarakat apabila tidak menemukan masker untuk perlindungan dari virus Corona ketika harus bepergian keluar rumah, bisa menggunakan sapu tangan yang tersedia di rumah. Tetapi, sapu tangan yang telah digunakan harus langsung dicuci setelahnya. Hal ini untuk mencegah penyebaran COVID-19.  

"Kalo kepepet nggak ada masker, bisa pake sapu tangan keluar di jalanan.... Abis pulang cuci lagi," tulisnya lebih lanjut.

Maia berharap agar masyarakat lebih kreatif dalam membuat masker sendiri di rumah sehingga tidak perlu lagi berebut untuk mendapatkan masker. Ia mengaku jika ide kreatifnya tersebut terinspirasi dari Olive Olivy.

"Moga2 pada kreatif bikin masker sendiri ya. Colek @olive_and_hers aku terinspirasi dari dia !!!!" pungkas Maia.

RECOMMENDED BY EDITOR