"Hai semuanya, 2 tahun lebih beratus-ratus episode, Tuhan ngasih aku kesempatan buat meranin sosok perempuan protagonis yang tangguh tapi cengeng, yang sabar yang nggak gampang marah, yang iconic banget di serial ini, tentunya itu menjadi pengalaman yang gak mudah khususnya buat aku sendiri," ujar Amanda, sikutip brilio.net dari Instagram @ikatancinta.mncp, Sabtu (21/1).

Amanda Manopo hengkang dari Ikatan Cinta © 2022 Instagram

foto: Instagram/@amandamanopo

Amanda mengaku jika perjalanan di serial yang ia lakoni juga tak mudah. Banyak perjalanan yang naik turun, perlu mengatur waktu, hingga menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit. Hal ini dilakukan supaya ia tetap tampil sempurna di depan layar untuk menghibur penonton setia Ikatan Cinta.

"Itu semua jadi pengalaman yang nggak mudah buat aku sendiri, ternyata nggak gampang melakoni peran yang seluas ini, di alur kisah yang naik turun. Itu juga menjadi perjalanan yang panjang, melelahkan, capek. Karena dibalik itu aku harus jaga badan se-fit mungkin supaya tampil maksimal, harus bisa ngatur jam istirahat, itu semua jadi dedikasi yang aku terapin," ujarnya.  

Meski Amanda Manopo mendapatkan banyak pengalaman Ia mengaku jika dirinya akan merindukan Ikatan Cinta. Di sisi lain Amanda mengatakan jika sinetron tersebut merupakan rumah tempat berkeluh kesah. 

"Sekarang aku jadi paham kalau Ikatan Cinta bukan hanya sekedar tayangan, sinetron, tapi lebih dari itu Ikatan Cinta buat aku itu rumah, tempat aku berkeluh kesah, belajar banyak hal, Ikatan Cinta itu lautan yang bisa membawa aku sejauh ini," ungkapnya.

Amanda Manopo hengkang dari Ikatan Cinta © 2022 Instagram

foto: Instagram/@amandamanopo 

Amanda juga mengaku jika banyak kenangan baik dan buruk dalam sinetron Ikatan Cinta. Ia mengaku jika dirinya akan melupakan pengalaman buruknya. Wanita 23 tahun ini ingin mengingat hal yang baik saja ketika mendengar nama Ikatan Cinta. Ia pun berterima kasih kepada para penonton yang sudah mengikuti perjalannya di Ikatan Cinta.

"Untuk itu semua aku cuma bisa bilang terima kasih banyak, buat semua insan yang nggak bosen-bosen support aku terus. Aku tau ini bakal berat banget, tapi dengan segala kerendahan hati aku mohon pamit," tuturnya.  

"Dan sekarang misi aku selanjutnya adalah pengin buat perpisahan ini bukan menjadi hal yang buat aku sedih, tapi menjadi kenangan manis. Yang bisa aku simpan di tempat yang baik," sambungnya.  

Amanda Manopo hengkang dari Ikatan Cinta © 2022 Instagram

foto: Instagram/@amandamanopo

Lawan main Glenca Chysara ini juga mengaku akan selalu menjadi Andin para penonton Ikatan Cinta sampai kapan pun. "Sekali lagi terimakasih atas perjalanan mahal ini dan sampai kapan pun aku bakal tetep jadi Andin kalian, love you," tutur Amanda Manopo.  

Sontak dari video yang disampaikan oleh Amanda Manopo ini menuai beragam komentar dari warganet, termasuk fans setia Ikatan Cinta. Tak sedikit yang mengungkapkan kesedihannya saat Amanda Manopo hengkang dari sinetron ini.  

"Terimaksih untuk pemilik raga yang sudah berhasil memerankan sebuah tokoh sangat baik, we will miss you Andini Karisma Putri nama yg akan slalu dikenang sampai kapanpun..," tulis akun @dwiapriani26

"Lagi nangiiss ini ," komentar akun @_nadia.ameliaa

"Sedih bangeettt Tapi THANK YOU MANDA Sukses terus yak! Ditunggu project lain yang senada dengan ikatan cinta ah," ujar akun @ivieauliap

"Sakit hati banget ,nangis kejer , merinding,benar2 berasa nyataa sakit hatinya nyampe ke ulu hati," komentar akun @restisafitri99 

"Terimakasih manda sudah memerankan karakter andin sefenomenal ini. Sukses selalu yaa," kata akun @nddxxzzz