Brilio.net - Kabar duka datang dari dunia seni peran Tanah Air. Aktor senior Wawan Wanisar meninggal dunia pada Senin (29/3). Kabar ini disampaikan oleh Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe melalui aplikasi WhatsApp kepada awak media, Senin (29/3).

"Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Telah berpulang aktor film kita Bang Wawan Wanisar," ujarnya dalam voice note.

Atas meninggalnya Wawan, seluruh anggota PARFI pun merasa kehilangan salah satu aktor senior Tanah Air ini. Tak lupa doa pun dipanjatkan untuk pemeran Pierre Tendean ini.

"Kami dari Persatuan Artis Film Indonesia berduka cita sedalam-dalamnya atas berpulangnya almarhum Bang Wawan Wanisar. Semoga amal ibadah beliau bisa diterima, dan karya-karya beliau jadi ladang amal bagi beliau, amin," kata Evry.

Aktor yang tutup usia di umur 71 tahun ini telah membintangi berbagai judul sinetron dan film. Ia juga telah banyak menorehkan prestasi di dunia perfilman Indonesia.

Loading...

Berikut 6 fakta perjalanan karier Wawan Wanisar, seperti dirangkum brilio.net dari liputan6.com pada Selasa (30/3).

1. Mengawali karier dengan membintangi film pada 1982.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@indrajp3-

Wawan mengawali kariernya di industri hiburan Tanah Air dengan membintangi film Pengkhianatan G30 S/PKI yang merupakan debut film pertama Wawan Wanisar pada tahun 1982.-"Tokoh yang pernah dilakoni antara lain sebagai Lettu Pierre Tendean dalam film G30S/PKI dan juga berperan sebagai Mayor Lukman di film Nagabonar...," tulis Deddy Mizwar pada laman Instagramnya (29/3).-Setelah berakting di film Pengkhianatan G30S/PKI di tahun 1982, Wawan tercatat membintangi sejumlah judul film hingga tahun 2021, seperti film Naga Bonar (1987), Cinta dan Noda di tahun 1991 hingga Pesantren & Rock n' Roll. -Dalam sinetron Pesantren & Rock n' Roll Wawan Wanisar berperan sebagai Kyai Abdullah dan beradu akting dengan sederet artis muda salah satunya Ali Syakieb.-

2. Menyabet banyak penghargaan.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com

Wawan Wanisar sudah menorehkan banyak penghargaan. Walaupun layar kaca dan layar lebar selalu dihiasi dengan pendatang baru setiap tahunnya, namun tak membuat nama Wawan Wanisar menghilang. -Humas PARFI yakni Evry Joe mengungkapkan bahwa selama hidupnya, Wawan Wanisar telah banyak meraih penghargaan dari dunia perfilman.-"Selama hidup beliau mengabdi di perfilman Indonesia, dan banyak penghargaan-penghargaan yang beliau dapatkan," kata Evry.-

3. Film BerhentiDiKamu jadi karya terakhirnya.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@dr.gia_story-

Wawan membuktikan eksistensinya di dunia seni peran dengan beradu akting dengan sejumlah aktor dan aktris muda. Salah satu karya terakhirnya yakni film BerhentiDiKamu yang tayang perdana pada 12 Februari 2021 di Disney plus Hotstar. -Dalam film tersebut, Wawan Wanisar memerankan tokoh Pak Broto dan beradu akting dengan sederet artis papan atas Indonesia seperti Roger Danuarta, Cut Meyriska sampai Salshabilla Adriani.

4. Dikenal sebagai aktor yang disiplin.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: kapanlagi.com-

Salah seorang aktor yang pernah beradu akting dengan Wawan yakni aktor senior Deddy Mizwar. Wawan dan Deddy Mizwar bermain di film Naga Bonar (1987). -Sebagai sosok yang dekat dengan Wawan, Deddy Mizwar merasa kehilangan sosok Wawan. Menurutnya, Wawan adalah sosok kawan yang memiliki kedisiplinan diri saat bekerja.-"Kawan yang sangat disiplin bekerja, tak ada kata letih, selalu siap di lapangan untuk shooting... selamat jalan kawan... semoga Allah menerima amal ibadah kawan, dan mengampuni segala kesalahannya... Aamiin...," tulis Deddy Mizwar lewat akun Instagramnya.-

5. PARFI berduka atas kepergian Wawan.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@berita_selebritis_upps-

Seluruh anggota Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) turut berduka atas meninggalnya Wawan Wanisar. Tak lupa doa pun dipanjatkan untuk sang aktor. Semua karya yang pernah diukir selama 39 tahun tentunya selalu terkenang di hati masyarakat.

"Kami dari Persatuan Artis Film Indonesia berduka cita sedalam-dalamnya atas berpulangnya almarhum Bang Wawan Wanisar. Semoga amal ibadah beliau bisa diterima, dan karya-karya beliau jadi ladang amal bagi beliau, amin," tutur Evry Joe selaku Humas PARFI.-

6. Banjir ucapan duka dari rekan artis.

fakta sosok dan karir Wawan Wanisar © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@deddy_mizwar-

Tak hanya anggota PARFI, sejumlah rekan artis pun mengucapkan bela sungkawa atas kepergian Wawan Wanisar. Kolom komentar Instagram Deddy Mizwar pun dibanjiri ucapan duka dari para artis, saat ia mengunggah foto almarhum.

"Turut berduka cita yang dalam ," tulis @lukmansrd.

"Innalillahi bang mayor, semoga khusnul khotimah ," tulis @syakirdaulay.

"Innalillahi WA Innalillahi rojiun... Turut berduka cita ," tulis @ibnujamilo.

RECOMMENDED BY EDITOR