Brilio.net - Indonesia menjadi salah satu negara yang sering dikunjungi para artis Korea Selatan. Mulai dari menghadiri konser, fan meeting, photoshoot hingga sekadar berlibur.

Tidak hanya dilihat dari segi budaya dan tempat wisatanya, musik Indonesia nyatanya juga banyak dilirik artis Korea Selatan. Dengan suara yang khas namun berbahasa Indonesia yang fasih, beberapa artis asal Negeri Ginseng itu menunjukkan aksi kerennya dengan meng-cover lagu-lagu dari penyanyi Indonesia.

Baru-baru ini idol K-Pop Siwon menggelar acara virtual fan event. Artis di bawah naungan SM Entertainment ini juga menyanyikan lagu Indonesia.

Ternyata, Siwon bukanlah artis Korea pertama yang meng-cover lagu berbahasa Indonesia. Sebelumnya sudah ada artis lainnya yang pernah membawakan lagu artis Tanah Air dan diunggah di YouTube.

Berikut sejumlah artis Korea yang pernah cover lagu Indonesia, dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/4).

1. Doyoung & Haechan - Cinta Luar Biasa.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: YouTube/ NCT MUSIC

Doyoung dan Haechan pernah mengunggah video bernyanyi mereka di YouTube NCT pada 27 Oktober 2019. Artis di bawah naungan SM Entertainment ini menunjukkan aksi kerennya dengan menyanyikan lagu milik Andmesh berjudul Lagu Luar Biasa.

Video tersebut langsung menjadi trending. Suara merdu serta fasihnya berbahasa Indonesia membuat para penggemar NCT menjadi semakin jatuh hati.

2. Ryu Phillip - Asal Kau Bahagia.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: YouTube/Phillipkorea

Penyanyi muda asal Korea Selatan ini pernah menyanyikan beberapa lagu milik musisi Tanah Air, salah satunya Asal Kau Bahagia milik Armada, dan di-upload di YouTube pada 13 Maret 2020. Pada lagu Asal Kau Bahagia, suami Mina ini menyanyikannya dengan wajah sendu dan penuh penghayatan. Keren banget, ya!

3. BVNDIT Song Hee, Jung Woo & Yi Yeon - Rayu.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: Youtube/halo82

Tiga member girlgroup BVNDIT menyanyikan lagu Marion Jola. Song Hee, Jung Woo, dan Yi Yeon dengan apik meng-cover lagu 'Rayu' yang diunggah pada 24 Mei 2020 melalui channel YouTube hello82.

Ketiganya menyanyikan lagu 'Rayu' dengan sangat percaya diri. Suara lembut mereka beradu indah satu sama lain, seakan menyanyikan lagu milik sendiri.

4. Sohee - Untuk Apa.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: YouTube/KBS WORLD Indonesian

Sohee, member girl group K-Pop Nature, menyanyikan lagu 'Untuk Apa' milik Maudy Ayunda. Ia terdengar fasih berbicara kata-kata dalam Bahasa Indonesia pada lagu itu.

Dalam video yang diunggah KBS World Indonesia pada 20 Januari 2021, terlihat Sohee begitu menghayati setiap lirik lagunya seolah memahami makna liriknya.

5. Ryeowook - Terlanjur Mencinta.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: YouTube/

Ryeowook Super Junior belum lama menyanyikan lagu Terlanjur Mencinta. Ryeowook menyanyikan lagu dengan bahasa Indonesia yang fasih.

Bagi yang tidak mengenalnya mungkin akan sulit membedakan apakah dia orang Indonesia atau orang Korea Selatan. Video yang diunggah pada 1 Maret 2021 di kanal YouTube pribadinya itu mendapat tanggapan positif dari penggemarnya.

6. Siwon - Sempurna.

artis Korea cover lagu Indonesia dari berbagai sumber

foto: YouTube/karenE

Siwon sukses mencuri perhatian penggemar Indonesia dengan menyanyikan lagu Sempurna milik Andra & The Backbone. Dalam acara Virtual Fan Event 2021 yang diunggah channel karenE pada 7 April 2021 ini terlihat Siwon menyanyikan lagu dengan pelafalan bahasa Indonesia yang fasih.

"Akhir-akhir ini saya suka mendengarkan suatu band, Andra and The Backbone dan lagunya bagus banget. Saya ingin mencoba cover lagunya," kata Siwon dalam acara Virtual Fan Event Mie Sedaap X Siwon Choi, Rabu (7/4). Bahkan dirinya juga mengaku ingin berkolaborasi dengan band Andra & The Backbone.