Brilio.net - Mewabahnya pandemi virus Corona atau Covid-19 di Indonesia, membuat pemerintah menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) dan mengajak masyarakat untuk turut memutus rantai penularannya dengan tetap tinggal di rumah.

Kebijakan isolasi diri tidak serta merta ditanggapi masyarakat dengan baik. Ada sebagian masyarakat yang justru tidak mempedulikan kebijakan tersebut. Sebagian orang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman.

Tentu keputusan mudik semakin memperburuk keadaan karena virus dapat berkembang dengan cepat. Lewat Instagram-nya, Soimah geram melihat kelakuan masyarakat yang masih bersikeras atau ngeyel untuk tidak bepergian keluar rumah. Ia mengajak masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah agar virus Corona segera berlalu dan tidak memakan korban lebih banyak lagi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Mung dho kon #nengomahwae #dirumahaja kok dho ngeyel, • abote sepiro to, nek nengomah wae, nek ra kerjo paribasan 2 minggu, ora ora nek mati kelaparan, • rasah dho kakean alasan, rasah dho pengen di mesakke, kudu dho mikir dewe2, • neng sekitar omah akeh sik iso di pangan, kates, onthel, dll sik iso nggo lawuh, untunge mbiyen aku wis kulino mangan lawuh brambang, mental kerene di buang wae, • rasah njagakke negoro, kudu seko awake dewe sik, iso ora, gelem ora, iki ora mung siji loro, tp sak donya ngkrasakke rugi kabeh, • ora wong sugih ora wong kere kabeh rugi, rasah nggagas sugih kere, kabeh podho2 menungso, • sik penting opo sik paling gampang di lakoni, yo di lakoni sik, kudu iso mikir, rasah dho ribut rono rene sik ra penting, mulai seko awake dewe yen pengen kabeh rampung, • nek wong di kandani karo wong dho angel, iki wis di kandani karo corona, kok yo isih ngeyel, • mpun ngaten mawon, mugi2 sedoyo di paringi sehat, sik wis keno corona ndang mari, sik odp dho negatif, kabeh mbalik koyo awal, ayem tentrem, kudu seko awakke dewe sik mulai, maturnuwun

A post shared by Soimah Pancawati (@showimah) on

"Bapak-bapak, ibu-ibu, kakak-kakak yang ada di perantauan, sekali lagi tidak usah pulang kampung terlebih dahulu. Kasihan bapak ibu kalian yang sudah tua nanti malah kena. Anak-anak, tetangga nanti kena semua ini malah enggak selesai-selesai. Enggak bisa lebaran nanti enggak dapat THR," ungkap Soimah dengan bahasa Jawa.

Loading...

Ibu dua orang anak ini juga memberikan tips untuk masyarakat yang tidak punya masker karena langkanya di apotek dan toko-toko terdekat, Soimah menyarankan menggunakan kaos yang bersih untuk menutupi wajah dari virus Corona. Ia pun juga menambahkan untuk tidak lupa memakai kacamata demi melindungi mata.

"Bapak-bapak,ibu-ibu yang dikampung tidak memiliki masker di rumah karena susahnya didapat dengan harga yang mahal, bisa menggunakan kaos yang bersih ketika harus keluar rumah untuk membeli sayur. Seperti tukang-tukang, ini udah aman untuk menutupi hidung dan mulut. Tapi jangan lupa untuk memakai kaca mata," terangnya.

Ia juga mengatakan tidak perlu mengandalkan pemerintah untuk menangani virus Corona. Kita semua mesti sadar diri untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas.

"Tidak perlu mengandalkan negara, harus dari kesadaran kita sendiri. Bisa enggak bisa, mau enggak mau, ini bukan hanya satu dua saja yang sakit tetapi seluruh dunia yang merasakan kerugiannya. Tidak orang kaya tidak orang miskin saja yang rugi. Tidak perlu memperhatikan kaya atau miskin karena semua sama-sama manusia," ujarnya lebih lanjut.

Salah satunya dengan tetap di rumah hingga situasi kembali kondusif. Ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan demi menjaga kesehatan. Jika masyarakat mematuhi kebijakan ini tentu virus Corona akan segera mereda.

"Yang penting apa yang paling gampang dilakukan dulu, harus bisa memikirkan. Tidak perlu ribut. Mulai dari diri sendiri. Cuma dibilangin suruh di rumah saja kok pada ngeyel," terang Soimah.

Istri dari Herwan Prandoko ini berharap agar semua masyarakat diberikan kesehatan. Baik yang Orang Dalam Pengawasan (ODP) maupun yang positif Covid-19 segera sembuh. Agar keadaan lekas membaik dan semua bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa khawatir.

"Udah gini aja, semoga kita semua diberikan sehat. Orang yang positif Covid-19 bisa lekas sembuh, yang Orang Dalam Pengawasan (ODP) hasilnya negatif semua. Semua membaik seperti sedia kala, nyaman dan tentram. Ini semua harus dari kita yang mulai dulu," ucapnya.

Unggahan Soimah ini pun langsung dibanjiri respons positif dari masyarakat, tak terkecuali para seleb Tanah Air yang menyetujui pesan dari Soimah untuk tetap di rumah hingga virus Corona mereda.

"Nggiih maaakkkkk e ay loph yuuuuu," tulis  akun @tika_zeins_bintangpantura3

"OS GANDOS IKIII MAKKKK," ucap akun @titiradjopadmaja

"MATUR NUWUN WEJANGAN NIPUN MAE. NIKU MASKER MALAH METAL. APIK YO MAE. JOSSSS," terang akun @posantobing

"Huahhahahahahahhahahaha @showimah njaluk wa," ungkap akun @ayutingting92

"Bahasane jan gamblang tenan makk," kata akun @ratnaantikamonata_rafcreal_new

RECOMMENDED BY EDITOR