Brilio.net - Kabar duka tengah menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Aktor senior yang dikenal lewat perannya sebagai Wiro Sableng, Abi Cancer meninggal dunia pada Minggu (22/3) pukul 20.30 WIB. Kabar tersebut disampaikan sang istri, Rita Wibowo. Rita mengungkapkan jika sang suami meninggal karena serangan jantung.

"Suami saya kena serangan jantung tadi malam. Pas dibawa ke ICU jantungnya langsung berhenti," tutur Rita Wibowo, istri Abi Cancer saat dihubungi melalui sambungan telepon seperti dilansir brilio.net dari kapanlagi.com, Senin (23/3).

Rita menyebutkan kalau penyakit jantung yang diderita sang suami baru diketahui sekitar bulan Oktober 2019 lalu. Kondisinya pun semakin diperparah karena aktivitas syuting.

Abi Cancer meninggal dunia  istimewa

foto: istimewa



"Baru ketahuannya sih, mungkin karena kecapekan syuting. Ketahuan Oktober itu jantungnya detaknya sudah tidak beraturan. Pas Desember dicek ternyata ada pembengkakan jantung dan katupnya itu tidak normal. Makanya jantungnya itu bengkak," terang Rita.

Lebih rinci, Rita juga mengungkapkan jika Abi Cancer ternyata memiliki riwayat sakit asam lambung. Hal tersebut diyakini menjadi pemicu penyakit jantung Abi.

"Dia juga punya asam lambung. Makanya pas tiap kumat asam lambungnya, jantungnya tuh kayak apa ya, detaknya nggak teratur. Baru anfalnya kemarin. Dibawa ke ICU jantungnya langsung berhenti," imbuhnya.

Bulan Februari 2020 lalu, Abi Cancer sempat dirawat di rumah sakit akibat sakit jantung yang diderita. Kolesterol jadi penyebab Abi harus mendapatkan perawatan kala itu.

"Dia sempet dirawat juga Februari karena detak jantungnya itu sempet berhenti. Dia bisa merasakan sendiri kalau jantungnya dirasa aneh. Terus dia pergi ke klinik sendiri untuk dicek rekam jantungnya. Katanya gara-gara kolesterol. Suami saya kolesterolnya memang tinggi banget sampai 320," ujar Rita.

Abi Cancer diketahui menggantikan Ken Ken dalam serial Wiro Sableng musim kedua yang ditayangkan RCTI. Pada masanya, nama Abi Cancer sangat terkenal. Selain membintangi Wiro Sableng, ia juga bermain dalam sejumlah film seperti Roh Fasik dan juga The Raid.