Brilio.net - Gelaran malam final Puteri Indonesia 2020 sudah usai pada Jumat (6/3) malam. Kontes tahun ini menghasilkan peserta asal Jawa Timur, Raden Roro Ayu Maulida Putri sebagai juaranya. Bukan hanya Maulida Putri yang jadi sorotan, nama finalis asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar juga menyedot perhatian publik.

Nama Kalista Iskandar mendadak viral gara-gara momen babak 6 besar Puteri Indonesia 2020. Sama seperti finalis yang yang lain, ia diharuskan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para juri.

Kebetulan ia mendapat pertanyaan dari Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Bambang Soesatyo. Di luar dugaan, Bambang justru meminta Kalista untuk menyebutkan Pancasila secara lengkap.

"Kalista, sebagaimana kita pahami bersama, Indonesia adalah bangsa yang besar, yang memiliki 17.500 pulau, 733 bahasa. Kita beruntung memiliki Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. Pertanyaan saya adalah, apakah Kalista hafal lima sila yang terkandung dalam Pancasila?" tanya Bambang Soesatyo.

Sempat terdiam sejenak karena tak menduga pertanyaan tersebut, wanita cantik berusia 21 tahun ini pun mengucapkan terima kasihnya pada Bambang. Diharuskan menjawab pertanyaan selama 30 detik ia pun menyebutkan sila pertama hingga ketiga dengan lancar. Sayangnya, Kalista tiba-tiba gelagapan saat menyebutkan sila ke-4

Loading...

"Nomor empat, kemanusiaan yang... Kemasyarakatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan, dalam permusyawaratan per... masyarakat, perwakilan."

Penonton yang menyadari kesalahan Kalista pun langsung bersorak hingga membuat Kalista semakin tegang. Ia pun menyebutkan sila terakhir dengan jawaban yang kurang tepat, "Kemanusiaan sosial yang adil dan beradab."

Padahal seharusnya sila ke-4 berbunyi, 'Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat/kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.' Sementara sila ke-5 dalam Pancasila adalah 'Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia'.

 Lantaran viral, banyak yang penasaran dengan Kalista Iskandar. Lantas seperti apa sosok dari Kalista Iskandar yang lolos enam besar namun kepleset baca Pancasila. Nah ini dia 10 potret dari Kalista Iskandar, finalis Puteri Indonesia perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) seperti dirangkum brilio.net dari akun Instagram @kalistaikandar

1. Kontestan pemilik nama asli Louise Kalista Wilson-Iskandar ini berasal dari Bukittinggi, Sumatera Barat.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

2. Ia merupakan blasteran Tionghoa-Indonesia dan Amerika Serikat yang didapat dari sang ibunda, Deborah Iskandar.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

3. Ini potret saat akan mewakili Sumatera Barat di Puteri Indonesia.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

4. Nama Kalista Iskandar mendadak viral karena sempat gelagapan saat diminta menyebutkan Pancasila oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

5. Kalista Iskandar kepleset saat membacakan sila ke-4 dan sila ke-5. 

foto: Instagram/@kalistaiskandar

6. Gara-gara kesalahannya itu, Kalista sempat menuliskan rasa terima kasihnya atas dukungan banyak pihak via Instagram Story. Ia juga sempat menyampaikan pesan tentang self-love.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

7. "Pelajaran terbesar yang bisa diambil malam ini adalah gugup bukanlah masalah besar selama kamu tetap bisa menegakkan kepala dan bangga pada dirimu sendiri. Apapun yang terjadi, aku masih bangga pada diriku dan sejauh apa pencapaianku. Ini akan menjadi pelajaran buatku," tulis Kalista.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

8. Ia pertama kali mengikuti kontes kecantikan di tahun 2018 lalu dan berhasil masuk 5 besar Puteri Batik Nusantara 2018. Saat itu Kalista menjadi perwakilan DKI Jakarta. Wanita cantik berusia 21 tahun ini juga merupakan mahasiswi Universitas Hukum di Universitas Pelita Harapan, Jakarta.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

9. Sayang meski sudah melakukan yang terbaik untuk mendorong isu pendidikan dan ekonomi kreatif, Kalista tidak lolos ke babak final Puteri Indonesia 2020 semalam.

foto: Instagram/@kalistaiskandar

RECOMMENDED BY EDITOR