Brilio.net -  Kejahatan kini nggak hanya terjadi di dunia nyata. Melalui pergerakan jari di dunia maya, seseorang pun bisa terluka dengan berbagai cara. Termasuk juga dengan pemberian komentar jahat yang dilakukan netizen. Pada awalnya mungkin bisa diabaikan, namun jika semakin keterlaluan tak dihindari bisa membuat pelaku terjerat hukum.

Tindakan tegas dengan melibatkan hukum, juga pernah dilakukan oleh para seleb Tanah Air. Berawal dari sebuah komentar, lalu berujung pada laporan polisi. Komentar yang diberikan tak hanya menyinggung perasaan namun juga dianggap memberikan kerugian besar.

Bahkan baru-baru ini Atta Halilintar pun ikut melaporkan netizen yang memberikan komentar atau ulasan yang dianggapnya sebagai fitnah. Merujuk pada KBBI, komentar tak hanya respons tapi juga ulasan. Untuk kasus Atta Halilintar ini, ia merasa difitnah dengan ulasan negatif dari netizen.

Nah seperti apa cerita  para seleb lain dalam kasus ini? Simak selengkapnya dalam ulasan brilio.net dari berbagai sumber, pada Sabtu (18/9) berikut ini.

1. Prilly Latuconsina.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@prillylatuconsina96

Pesinetron cantik Prilly Latuconsina pernah melaporkan netizen yang bertindak berlebihan pada dirinya. Hal ini terkait dengan kasus foto-foto bugil yang diedit oleh oknum tidak bertanggung jawab ke jalur hukum pada tahun 2015. Ditemani oleh kuasa hukumnya, M. Sidiq Latuconsina, Prilly melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya.

Meski pada awalnya memilih santai, namun Prilly pun geram dengan tindak bully yang dilakukan haters. Prilly juga menegaskan, bahwa sudah ada beberapa orang yang ia catat dan dilaporkan kepada pihak berwajib, karena sudah menghina dan menyebarkan kabar buruk tentang Prilly.

2. Bella Shopie.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@bellashofie_rigan

Bella Shopie diketahui sempat kerap mendapatkan komentar negatif dari warganet. Namun Bella Shopie pada akhirnya tak mau diam dan mengambil langkah untuk melaporkan pada polisi. Pada tahun 2016, ia sempat melaporkan seorang haters berinisial AM karena telah mengunggah sebuah video yang menghina dirinya. Dalam pengakuannya, Bella mengatakan jika dirinya merasa terhina karena video yang diunggah AM menjadikannya bahan lucu-lucuan.

3. Ayu Ting Ting.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@ayutingting92

Selanjutnya ada Ayu Ting Ting yang tak sekali melaporkan netizen yang menyerang dirinya. Di tahun 2015, Ayu Ting Ting sempat melaporkan sebuah akun penjualan bayi yang melibatkan nama anaknya. Ayu yang mengaku selalu mengutamakan keselamatan sang putri juga tak ambil diam ketika mendapat perlakuan yang sama.

Ia pun kembali melaporkan netizen yang melakukan penghinaan terhadap dirinya dan sang anak di media sosial pada September 2021 ini. Ayu merasa tidak nyaman dan geram terhadap netizen yang sudah menghina dirinya serta anaknya.

4. Ussy Sulistiawaty.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@ussypratama

Sikap tegas melindungi anak juga ditunjukkan Ussy Sulistiawaty. Penyanyi itu pernah melaporkan beberapa akun Instagram yang telah mem-bully putrinya, Nur Amalia, atau yang akrab disapa Amel. Bersama kuasa hukumnya, Sandi Arifin, Ussy menyambangi Polda Metro jaya, Jakarta Selatan, pada 2018 lalu. Saat itu, ada belasan akun Instagram yang dilaporkan oleh Ussy Sulistiawaty karena sudah mem-bully anaknya di media sosial.

5. Shandy Aulia.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@shandyaulia

Mendapat ujaran bernada kebencian, Shandy Aulia akhirnya melaporkan netizen. Tepatnya pada Februari 2019 lalu, Shandy Aulia mendapatkan pesan dari salah satu netizen dengan kata-kata yang kasar. Ibu satu anak itu sempat tidak terlalu mempedulikan komentar para haters. Namun keputusan itu diambil ketika pada akhirnya ia merasa sakit hati dengan perkataan kasar di dunia maya itu.

6. Dian Nitami.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@bu_deedee

Aktris senior Dian Nitami pun tak luput dari serangan jahat netizen. Dalam salah satu unggahannya, terdapat komentar negatif yang diberikan netizen terkait fisiknya. Bahkan sang suami, Anjasmara ikut terseret menjadi sasaran kebencian. Melihat hal ini, Anjasmara pun mengambil tindakan untuk melaporkan pihak itu ke polisi.

7. Atta Halilintar.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@attahalilintar

Dan ada juga Atta Halilintar yang tak tinggal diam melihat sang ibu mendapatkan fitnah. Atta melaporkan seorang YouTuber bernama Savas ke Polres Metro Jakarta Selatan, atas dugaan pencemaran nama baik. Rupanya laporan Atta membuahkan hasil.

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Azis Andriansyah, mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan Savas pada Minggu (12/9). Diketahui, laporan dibuat karena Atta Halilintar tidak terima dengan salah satu konten Savas. Kreator itu mengatakan bahwa ibunda Atta Halilintar memiliki utang sebesar Rp 400 juta kepada Ummi Aviv, tapi belum juga dikembalikan.

8. Ruben Onsu.

Cerita seleb laporkan komentar netizen © Instagram

foto: Instagram/@ruben_onsu

Ruben Onsu mengambil langkah tegas untuk komentar yang diberikan netizen. Seorang anak perempuan yang menjelek-jelekkan Betrand Peto akhirnya dilaporkan untuk diproses secara hukum. Sebagai manusia, Ruben mengaku memaafkan tindakan anak itu. Namun sebagai orangtua ia mengingkan proses hukum tetap berjalan. Hal ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran bagi dirinya dan juga orangtua anak itu.

"Udah ada permohonan (supaya tidak dilaporkan), tapi saya juga sudah sampaikan permohonan maaf banget karena ini akan menjadi pembelajaran untuk kita berdua sebagai orangtua," kata Ruben dilansir brilio.net dari Kapanlagi.com.

-

INFOGRAFIS SELEB POLISIKAN NETIZEN © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS SELEB POLISIKAN NETIZEN
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan