Brilio.net - Kebanyakan grup K-Pop pasti memiliki leader di setiap grup mereka. Seorang leader mempunyai peran yang sangat vital, dan tentu saja harus bisa menjaga kekompakkan para member. Oleh sebab itu memilih seorang leader dalam satu grup tidak sembarangan.

Meskipun tidak diwajibkan, umumnya seorang leader merupakan anggota tertua dalam grup tersebut. Sebab dinilai lebih bijak, terutama dalam memecahkan masalah dalam tim.

Walaupun begitu ada juga grup K-Pop yang memutuskan untuk tidak memiliki leader. Alasannya bisa beragam, mulai dari setiap anggota tim mempunyai jiwa kepemimpinan yang kuat sampai dengan ditinggal oleh leadernya sendiri. Penasaran? Berikut brilio.net rangkum dari koreaboo.com, pada Rabu (17/6).

1. BLACKPINK.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

Loading...

foto: Instagram/@blackpinkofficial

Kamu para BLINK tentu sudah tahu kalau idol grup yang satu ini nggak punya leader. Kalau selama ini kamu mungkin mengira Lisa adalah leader, tentu saja kamu salah. Keempat member BLACKPINK nyatanya punya daya tarik masing-masing. Keempatnya berhasil menampilkan sisi dominannya masing-masing.

Alasan mengapa BLACKPINK tidak memiliki leader adalah, karena mereka berempat dilatih dan merintis sejak awal hingga sehebat seperti sekarang. Mereka memutuskan tidak memiliki leader, karena menganggap semua teman dan seterusnya akan begitu.

2. Secret Number.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@secretnumber.official

Grup K-Pop yang dianggotai oleh Dita Karang, seorang perempuan asal Indonesia ini rupanya juga tidak memiliki leader. Grup yang debut pada tahun 2020 ini sedikit mengejutkan publik, karena mengungkapkan bahwa mereka tidak memiliki leader sama sekali.

3. 2PM.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: koreaboo.com

Kamu yang mengenal K-Pop sejak tahun 2000-an pasti udah nggak asing sama idol grup 2PM. Dahulu grup yang berisikan oppa-oppa ganteng ini diketuai oleh Jay Park. Namun karena ada kontroversi yang menimpa sang leader, akhirnya Jay Park keluar dari 2PM sehingga 2PM kini tidak memiliki seorang leader.

4. iKON.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@withikonic

Grup K-Pop yang debut pada tahun 2015 ini sebelumnya memiliki seorang leader, yaitu B.I. Namun sayangnya leader yang memiliki nama asli Kim Han-bin itu mundur dari grup yang sudah bersamanya kurang lebih 3 tahun. Setelah mundurnya B.I dari iKON, mereka secara resmi belum menunjukkan pengganti B.I. setelahnya.

5. Miss A.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: kstarlive.com

Kalau kamu penggemar sejati Bae Suzy, pasti kamu tahu bila dahulu dia debut sebagai seorang idol di Miss A. Grup yang sudah dibubarkan ini pada awal debutnya memutuskan untuk tidak menunjuk seorang leader. Mereka merasa setiap anggota memiliki kedekatan satu sama lain, sehingga secara resmi tidak memiliki leader.

6. K.A.R.D.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@_zziwooo0

Anggota K.A.R.D sejak awal debutnya sudah memutuskan untuk tidak memiliki leader. Hal itu dikarenakan dari masing-masing anggota memiliki jiwa kepemimpinan yang sama-sama kuat. Sehingga mereka tidak membutuhkan seorang leader lagi dalam grup.

7. AKMU.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@akmuchanhk

Duo grup yang terdiri dari Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun itu debut tahun 2014. Dua idol ini merupakan jebolan sekaligus pemenang dari ajang pencarian bakat K-Pop Star 2. Mayoritas duo grup pasti memiliki pemimpin resmi, namun AKMU muncul dengan gaya yang berbeda. Mereka tidak menetapkan secara resmi siapa diantara dua yang menjadi leader.

8. Wooseok X Kuanlin.

grup kpop tanpa leader Berbagai Sumber

foto: Instagram/@wooseokxkuanlin

Mengikuti jejak AKMU, Wooseok X Kuanlin juga tidak menunjuk leader resmi di grup mereka. Keduanya berjalan beriringan tanpa ada leader.

RECOMMENDED BY EDITOR